Games

Cara Download dan Main Game PS2 Terbaru 2022

Home / Games / Cara Download dan Main Game PS2 Terbaru 2022

Cara Download Game PS2

Sebagai salah satu platform game konsol paling populer pada masanya, PlayStation 2 mampu memberikan kesan bermain game terbaik bagi para penggunanya.

Beragam variasi game dan memiliki grafis yang cukup bagus menjadi kelebihan tersendiri untuk PS2. Tidak hanya itu, beberapa game yang ada di PS2 juga ada yang dibuatkan film.

Nah, untuk bisa bermain game-game PS2 di Android, Laptop, ataupun PC, tentunya kamu harus mengetahui cara download game PS2 itu sendiri. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menikmati keseruan bermain game yang ada di PS2.

Buat kamu yang penasaran dan ingin mengetahui cara download sekaligus bermain game PS2 di Android, Laptop, atau PC, langsung saja simak ulasan berikut ini sampai habis!

Kumpulan Cara Download Game PS2

1. Cara Download dan Main Game PS2 di Laptop/PC

Cara Download dan Main Game PS2 di Laptop dan PC

Cara Download dan Main Game PS2 di Laptop/PC

Bermain game PS2 di laptop/PC memang memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah dari segi rasio layar yang tentunya lebih besar dibanding di Android.

Hal tersebut membuat pengalaman bermain game PS2 petulangan, perang, dan lain sebagainya akan lebih baik dan juga kamu bisa main game-nya dengan lebih maksimal.

Namun, sebelum dapat bermain game PS2 di laptop/PC, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Mulai dari download PCSX2, mengetahui cara agar bisa bermain game PS2 di laptop/PC  menggunakan PCSX2, hingga mengoptimalkan main game PS2 di laptop/PCS menggunakan PCSX2.

Cara Download, Install, dan Setting PCSX2 di Laptop/PC

Berikut langkah-langkah download PCSX2 yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah pertama, download Emulator PCSX2 ke laptop/PC.
PCSX2

PCSX2

  • Lalu install PCSX2 > pilih yang Normal Installation > Kemudian tekan tombol Next.
Normal Installation

Normal Installation

  • Setelah itu, pada bagian Configuration, kamu bisa klik yang PAD, dan pilih Controller yang ingin kamu gunakan, baik itu Keyboard ataupun Joystick > Klik tombol Next untuk pindah ke halaman Configuration BIOS.
Configuration BIOS PAD

Configuration BIOS PAD

  • Sebelum dapat bermain game PS2, dibutuhkan BIOS untuk memulainya. Jadi, langkah selanjutnya adalah dengan mengunduh BIOS PCSX2 terlebih dahulu.
Donwload BIOS PCSX2

Donwload BIOS PCSX2

  • Jika sudah, kamu bisa pindahkan file-file BIOS-nya ke dalam folder C:\Documents\PCSX2\bios seperti gambar yang ada di bawah ini.
BIOS PCSX2

BIOS PCSX2

  • Kemudian, kamu bisa kembali ke halaman Configuration BIOS dan klik tombol Refresh list. Nantinya secara otomatis PCSX2 akan mendeteksi BIOS yang telah kamu cantumkan ke dalam folder PCSX2 tersebut. Jika sudah datanya sudah masuk, kamu bisa langsung pilih BIOS yang USA > Klik tombol OK.
Refresh List Configuration

Refresh List Configuration

Cara Main Game PS2 di Laptop/PC

Setelah itu, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini agar bisa main game PS2 di laptop/PC:

  • Jika sudah berhasil melewati tahap Configuration BIOS, maka akan muncul tampilan PCSX2 seperti yang ada di bawah ini. Namun, sebelum dapat memainkan game PS2 di laptop/PC, kamu bisa download file ISO terlebih dahulu melalui situs seperti CoolRom.
Boot ISO

File Game ISO

  • Setelah file ISO game PS2-nya sudah di download, kamu bisa kunjungi menu CDVD > ISO Selector > Browse > Pilih ISO yang sudah kamu download sebelumnya.
Browse File ISO

Browse File ISO

  • Selanjutnya, kamu klik menu System > Boot ISO (full). Setelah itu, maka nanti PCSX2 akan otomatis menginput game kamu dan kamu bisa langsung mainkan game tersebut.
Boot ISO

Boot ISO Game PS2

Cara Main PS2 di Laptop/PC Menggunakan PCSX2 dengan Lebih Maksimal

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti agar permainan lebih Smooth dan bisa akan membuatmu merasa nyaman:

  • Pertama, kamu bisa klik menu Config > Emulation Setting.
Config Emulation Settings

Config Emulation Settings

  • Selanjutnya, kunjungi menu GS Window. Pada bagian ini, kamu bisa memilih rasio layar yang ingin digunakan. Jika kamu ingin lebih maksimal lagi dalam bermain game PS2 di laptop/PC, di bagian Aspect Ratio:, kamu bisa langsung pilih yang Widescreen (16:9) sesuai dengan Window Size dari laptop/PC kamu. Apabila memungkinkan, kamu bisa Setting Custom Window Size nya sebesar 1350 x 720. Setelah selesai, kamu bisa langsung klik tombol Apply.
GS Window

GS Window

  • Jika sudah, kamu bisa tekan menu Config > Video (GS) > Plugin Settings.
Config Video (GS)

Config Video (GS)

  • Pada bagian ini, kamu bisa memaksimalkan kemampuan yang dimiliki laptop/PC kamu, atau bisa juga mengikuti Settingan di bawah ini. Apabila tidak ada Direct3D11(Hardware), kamu bisa menggunakan Direct3D9(Hardware) atau bisa juga DirectD10(Hardware) untuk bisa mengoptimalkan performa dari game yang akan kamu mainkan. Jika sudah selesai, kamu bisa klik tombol OK.
Direct3D11

Direct3D11

 

2. Cara Download dan Main Game PS2 di Android

Cara Download dan Main Game PS2 di Android

Cara Download dan Main Game PS2 di Android

Meskipun rasio layarnya tidak bisa sebesar seperti bermain game PS2 di laptop/PC, namun bermain game PS2 di Android juga tidak kalah seru.

Keseruan serta sensasi memainkan game-game PS2 tentunya berbeda dibanding dengan bermain game modern yang ada saat ini.

Ada beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk bisa bermain game PS2 di Android, mulai dari download Emulator hingga download file game PS2.

Cara Download Emulator PS2 di Android:

Instal AetherXS2

Instal AetherXS2

  • Jika Emulator sudah terpasang, kamu bisa cari dan download game PS2 yang ingin dimainkan. Kamu bisa menemukannya pada situs download game PS2, seperti CoolRom, PortalRoms, RomsFun, dan lain sebagainya.
Download Game PS2 Android

Download Game PS2 Android

  • Setelah selesai, kamu bisa exsktrak file game PS2 yang sudah terinstal menggunakan File Manager atau aplikasi tambahan seperti ZArchiver hingga formatnya menjadi ISO seperti ini.
Ekstrak File Game PS2

Ekstrak File Game PS2

Cara Download dan Pasang BIOS AetherSX2 di Android:

Download BIOS untuk Android

Download BIOS untuk Android

  • Lalu ekstrak file BIOS AetherSX2 yang sudah kamu download melalui File Manager atau aplikasi tambahan seperti ZArchiver.
Ekstrak BIOS Android

Ekstrak BIOS Android

  • Kemudian buka aplikasi AetherSX2 dan tekan pada bagian tulisan Muat Bios > Cari file BIOS yang sudah kamu Ekstrak sebelumnya.
Input BIOS ke AetherSX2

Input BIOS ke AetherSX2

  • Setelah selesai, maka akan muncul tampilan BIOS akan seperti ini.
Tampilan BIOS di AetherSX2

Tampilan BIOS di AetherSX2

Cara Main Game PS2 Menggunakan AetherSX2 di Android:

  • Sebelum ingin memainkan game PS2, pastikan kamu sudah mengaktifkan mode rotasi (Horizontal). Setelah itu, buka aplikasi AetherSX2 > Lalu kamu bisa atur Settingan Emulator AetherSX2 dengan klik icon garis tiga.
Buka Aplikasi AetherSX2 di Android

Buka Aplikasi AetherSX2 di Android

  • Kemudian, klik menu Pengaturan Aplikasi.
Klik Pengaturan Aplikasi AetherSX2

Klik Pengaturan Aplikasi AetherSX2

  • Setelah itu, pada bagian Grafis kamu bisa scroll ke bawah dan edit bagian Aspek Rasio dengan memilih Rentangkan (Penuhi Layar) supaya tampilan permainannya nanti bisa lebih maksimal.
Grafis Aspek Rasio AetherSX2

Grafis Aspek Rasio AetherSX2

  • Selanjutnya kembali ke halaman utama, kunjungi menu Pengaturan Kontroler.
Menu Pengaturan Kontroler AetherSX2

Menu Pengaturan Kontroler AetherSX2

  • Maka akan muncul tampilan seperti ini yang mana pada bagian Tampilan Pengontrol Layar Sentuh bisa kamu edit menjadi Satu Tombol Analog.
Layar Sentu AetherSX2

Layar Sentuh AetherSX2

  • Lalu kembali ke halaman utama, klik icon folder.
Klik Icon Folder AetherSX2

Klik Icon Folder AetherSX2

  • Pilih file game PS2 yang sudah kamu ekstrak sebelumnya menjadi file ISO.
Klik File ISO Game PS2 AetherSX2

Klik File ISO Game PS2 AetherSX2

  • Tunggu beberapa saat, maka akan muncul tampilan isi permainannya dan kamu bisa memainkan game tersebut serta mengendalikan karakternya menggunakan konsol virtual dari AetherSX2.
Tampilan Game PS2 di AetherSX2

Tampilan Game PS2 di AetherSX2

3. Cara Download Game PS2 Melalui Situs PortalRoms

Cara Download Game PS2 Melalui Situs PortalRoms

Cara Download Game PS2 Melalui Situs PortalRoms

Cara lain untuk download game PS2 di laptop/PC adalah melalui situs PortalRoms. Selain game PS2, di dalam situs ini juga tersedia berbagai jenis Emulator dan ROM dari setiap konsol.

Situs PortalRoms sendiri memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk bisa melakukan download game PS2.

Nah, berikut cara download game PS2 melalui situs PortalRoms yang bisa kamu ikuti:

  • Pada langkah pertama, kamu cukup kunjungi situs PortalRoms > Selanjutnya di bagian Popular consoles of Portal Roms, kamu bisa pilih PlayStation 2.
  • Lalu cari game PS2 yang ingin di-download dan kamu mainkan, misalnya game balap mobil Burnout 3: Takedown.
  • Kemudian, tekan tombol Download untuk mengunduh file game-nya.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses download-nya selesai. Jika sudah selesai, kamu bisa ekstrak file tersebut menjadi folder dan berikan nama folder yang mudah untuk ditemukan.

4. Cara Download Game PS2 Melalui Situs RomsFun

Cara Download Game PS2 Melalui Situs RomsFun

Cara Download Game PS2 Melalui Situs RomsFun

Situs berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk download game PS2 adalah RomsFun. Di situs ini terdapat game-game PS2 paling populer pada masanya, seperti PES, Mortal Kombat, GTA, dan lain sebagainya.

Tidak hanya mengoleksi game PS2 saja, di situs ini kamu juga bisa download game dari konsol lainnya, seperti Nintendo 64, Game Boy (GB), Sega Genesis, XBOX dan masih banyak lagi.

Untuk cara download game PS2 melalui situs RomsFun bisa kamu lihat melalui penjelasan berikut ini:

  • Cara pertama adalah dengan mengunjungi situs RomsFun.
  • Lalu klik Menu Roms untuk mencari platform game konsol seperti PS2.
  • Kemudian, scroll ke bawah dan pilih yang PS2.
  • Selanjutnya cari game PS2 yang ingin kamu mainkan dan klik tombol Download Now.
  • Maka akan muncul halaman baru yang mana pada bagian Filename, kamu bisa pilih yang Downhill Domination (USA).
  • Lalu klik tombol Download dan tunggu beberapa saat hingga proses download file game PS2-nya selesai.
  • Jika sudah selesai, kamu dapat mengekstraknya file menjadi folder dan ubah nama folder-nya agar mudah diingat dan ditemukan.

Emulator PS2 Terbaik di Android

Emulator PS2 Terbaik di Android

Emulator PS2 Terbaik di Android

Sebelum bisa bermain game PS2 di Android, tentu nantinya kamu akan membutuhkan aplikasi tambahan Emulator.

Hal tersebut dikarenakan kamu tidak akan bisa menggunakan stik PS untuk bermain game PS2 di Android, melainkan langsung pada layar HP dengan tombol kontrol virtual seperti aplikasi Emulator.

Dengan menggunakan Emulator, kamu bisa memainkan game-game yang ada di PS2, seperti Mortal Kombat: Shaolin Monks, Grand Theft Auto: San Andreas, Downhill Domination, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini TipsPintar juga akan memberikan Emulator PS2 terbaik di Android yang bisa kamu gunakan. Mau tau apa saja Emulator-nya? Yuk, langsung simak ulasan berikut ini!

1. AetherSX2

AetherSX2

AetherSX2

Emulator game PS2 yang terbaik pertama adalah AetherSX2. Emulator yang dirilis pada Desember 2021 ini termasuk salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta game konsol.

Hal tersebut dikarenakan, Emulator buatan developer Tahlreth ini sendiri bisa digunakan untuk memainkan berbagai macam game yang ada di PS2.

Diantaranya adalah FIFA Street 2, Tekken 5, Gran Turismo 4, Bloody Roar 3, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Emulator lainnya, AetherSX2 memiliki banyak kelebihan, mulai dari ukurannya yang kecil, tidak ada iklan, dan gratis.

Tidak hanya itu, di dalam Emulator ini juga terdapat fitur Controller Configuration yang membuat pengguna bisa menyesuaikan kontrol ponsel dengan yang ada di stik PS2.

AetherSX2 sudah mendukung game yang memiliki jenis file, seperti ISO, CHD, dan CSO.

2. Dolphin Emulator

Dolphin Emulator

Dolphin Emulator

Penggemar game konsol pastinya sudah mengetahui Emulator yang satu ini. Yap, Emulator yang dikembangkan oleh Doplhin Emulator ini lebih dahulu hadir di perangkat PC, baik itu menggunakan Windows, Linux, maupun MacOS.

Dengan menggunakan Dolphin Emulator, kamu bisa bermain game-game PS2 untuk bernostalgia. Emulator ini dapat digunakan dengan maksimal dan bisa di download secara gratis melalui layanan Google Play.

3. Play!

Play!

Play!

Emulator PS2 yang terakhir adalah Play!. Emulator ini menawarkan kompabilitas yang cukup tinggi, kecepatan yang baik, dan juga mampu menghasilkan suara yang cukup jernih.

Emulator Play! ini mendukung segala jenis game PS2 yang memiliki format file ISO.  Memiliki tampilan yang sederhana membuat penggunanya bisa lebih mudah untuk mengoperasikan Emulator yang satu ini.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara download dan memainkan game PS2 yang bisa kamu ikuti, baik menggunakan perangkat Android, laptop, maupun PC.

Oh iya, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya agar bisa menjadi referensi mereka yang ingin mengetahui cara download sekaligus main game PS2 di Android, laptop, ataupun PC. Semoga bermanfaat!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top