Android

Cara Jitu Memperkuat Sinyal WiFi di Android

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Hallo sobat pintar, pasti kamu sering kan mengalami kejadian WiFi yang sinyalnya lemah banget? Biasanya ada seseorang yang diam-diam memakai WiFi kamu loh gaes. Tapi tenang, kamu bisa mengetahui dan memblokir pencuri WiFi kamu di Android.

Selain ada yang menggunakan WiFi kita, ternyata ada beberapa masalah WiFi yang sering terjadi. Salah satunya kamu berada di ruangan yang tertutup. Lantas, bagaimana ya cara memperkuat sinyal WiFi di Android? Yuk, langsung simak aja gaes..

BACA
Cara Bobol Password WiFi di Android (Tanpa Root)

Berikut Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android. Jadi, simak baik-baik yaa gaes..

1. Lacak Sinyal WiFi Android Kamu

Booster & Analyzer

Aplikasi WiFi Booster & Analyzer

Cara memperkuat sinyal WiFi yang pertama adalah dengan melacak sinyal WiFi dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal di Android. Hal ini bertujuan untuk menangkap sinyal WiFi yang baik. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi Booster & Analyzer.

Aplikasi Booster & Analyzer selain berfungsi untuk melacak sinyal WiFi yang akurat juga berfungsi sebagai aplikasi memperkuat sinyal WiFi dan juga mempercepat kecepatan WiFi kamu gaes. Jadi, dengan aplikasi ini koneksi WiFi kamu akan bekerja lebih maksimal lagi.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal 4G Agar Tidak Turun ke 3G

2. Ubah Frekuensi WiFi di Android

Frekuensi WiFi

Frekuensi WiFi di Android

Cara menguatkan sinyal WiFi yang kedua adalah dengan mengubah frekuensi WiFi di Android kamu. Nah, kalau bisa ganti frekuensi-nya menjadi 5 GHz. Karena frekuensi ini lebih tinggi dan memiliki banyak ruang kosong pad spektrum.

Jadi, jika kamu menggunakan 23 saluran dengan frekuensi 5 GHz jauh lebih banyak daripada 14 saluran yang ditawarkan dari pada 2,4 GHz. Gunanya agara saluran tidak tumpang tindih dan kemungkinan kamu akan mendapatkan sinyal yang baik dari WiFi.

Nah, cara untuk mengubah frekuensi menjadi GHz adalah sebagai berikut:

Setting > Kemudian tap “Wi-Fi” > Setelah itu tap “Advanced” > Selanjutnya tap Wi-Fi dan tap 5 GHz only.

Dengan cara memperkuat sinyal WiFi hotspot tersebut akan membuat sinyal WiFi lebih kencang lagi dari sebelumnya.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi yang Lemah di PC/Komputer

3. Upgrade Firmware Android Kamu

Update Firmware Android

Proses Update System

Cara memperkuat sinyal WiFi yang ketiga adalah dengan rajin-rajinlah melakukan upgrade firmware Android kamu. Hal ini sangat berguna loh gaes. Karena biasannya saat melakukan upgrade firmware terdapat juga pembaharuan radio secara manual di Android kamu.

Maksud dari radio adalah alat penguat sinyal WiFi Android yang akan membantu untuk menangkap sinyal baik jaringan seluler ataupun jaringan WiFi. Selain itu, fungsi melakukan upgrade firmware adalah agar HP Android kamu enteng atau tidak lemot.

Nah, berikut cara untuk memeriksa dan melakukan upgrade dari firmware Android kamu:

Buka Pengaturan > Kemudian tap “Tentang Ponsel” > Selanjutnya tap “Pembaruan Perangkat Lunak”.

Baca Juga: Sering Travelling? Ini Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

4. Rutin Mengganti Password WiFi

Mengganti Password WiFi di Android

Ganti Password WiFi

Cara yang keempat adalah dengan rutin mengganti password WiFi. Biasanya hal ini terjadi, karena sudah banyak yang menggunakan WiFi kamu. Sehingga sinyal WiFi menjadi lebih lemah dari biasanya.

Selain itu, pengaruh lainnya adalah router dan modem yang menjadi cepat panas dan tentunya akan mengganggu konektivitas WiFi itu sendiri. Jadi, mulai dari sekarang rutin mengganti password WiFi kamu ya gaes dengan begitu akan lebih mudah lagi untuk menguatkan sinyal WiFi pada Android.

Baca Juga: Cara Menguatkan Sinyal GPS yang Lemah di Android

5. Periksa Kecepatan Sinyal WiFi di Android

SpeedTest Koneksi WiFi

Periksa Koneksi WiFi

Cara penguat sinyal WiFi yang kelima adalah dengan rutin mengecek kecepatan koneksi WiFi kamu. Nah, aplikasi untuk mengecek kecepatan internet di Android adalah Speedtest. Aplikasi Speedtest dirancang oleh Ookla ini telah mencapai 50 juta pengunduh.

Nah, dengan aplikasi ini kamu bisa mengetes kecepatan internet pada Android. Termasuk untuk mengecek kecepatan internet WiFi yang terhubung dengan Android kamu.

Selain itu, update kecepatan internet pada aplikasi ini pun dilakukan secara real time. Sayangnya, aplikasi ini bukan termasuk aplikasi memperkuat sinyal WiFi gaes!

Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik Untuk Mempercepat Performa Android

6. Jauhkan Android Kamu dari Barang Elektronik yang Lain

Smartphone dan Laptop

HP Android di Dekat Laptop

Cara menguatkan sinyal WiFi yang keenam adalah dengan menjauhkan HP Android kamu dari perangkat atau elektronik lain. Sepele sih tapi sangat berperngaruh banget loh gaes!

Karena biasanya barang elektronik yang lain akan mengganggu sinyal WiFi pada Android. Akibatnya HP Android kamu terhambat untuk menangkap sinyal WiFi yang sudah terhubung.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Smartphone Hingga 200%

7. Hapus Koneksi WiFi yang Lama

Forget Connect WiFi

Lupakan Koneksi WiFi yang Lama

Cara menguatkan sinyal WiFi yang ketujuh adalah dengan menghapus koneksi WiFi yang lama. Nah, setiap menghubungkan HP kamu dengan koneksi WiFi, maka HP kamu akan menyimpan jaringan tersebut dan ini sangat mempengaruhi kinerja dari sinyal WiFi HP Android kamu.

Jadi, alangkah baiknya kamu menghapus daftar koneksi WiFi yang lama dan tentunya yang tidak kamu gunakan lagi. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sinyal WiFi Android.

Nah, berikut cara menghapus koneksi WiFi di Android:

Buka Pengaturan > Kemudian tap “WiFi” > Setelah itu tap “Jaringan Tersimpan” > Selanjutnya pilih jaringan yang ingin kamu hapus dan tap “Forget”.

Baca Juga: Ternyata WiFi Berbahaya! Ini 10 Bahaya WiFi yang Jarang Diketahui

8. Pindahkan Posisi Router di Tempat Terbaik

Tempatkan Router

Tempatkan Router di Posisi yang Terbaik

Cara memperkuat sinyal WiFi HP Android yang kedelapan adalah dengan meletakkan router dan juga modem kamu di tempat terbaik. Maksudnya adalah kamu bisa meletakkan router dan modem di tempat terbuka. Jangan sampai kamu menyimpannya di tempat tertutup.

Karena jika kamu meletakkannya di tempat tertutup banyak yang akan menghalangi HP Android untuk menangkap sinyal WiFi. Contohnya tembok, lemari bahkan pintu yang bisa menghambat HP Android untuk mendapatkan sinyal terbaiknya.

Baca Juga: Cara Melihat Password WiFi Orang Lain di Android (100% Berhasil)

9. Restart Router Secara Berkala

Restart Router

Restart Router Secara Berkala

Cara memperkuat sinyal WiFi yang kesembilan adalah dengan melakukan restart router secara berkala. Cara ini sangat mudah banget tapi sangat mempengaruhi sinyal WiFi loh gaes. Karena biasanya router akan mengalami peningkatan suhu.

Nah, hal itu lah yang mempengaruhi sinyal WiFi menjadi lebih lemah. Selain itu, penyebab noise pada sinyal WiFi lemah adalah karena perangkat elektronik yang terus menerus mentransmisikan sinyal yang panas. Jadi, mulai sekarang restart router kamu secara berkala yaa gaes..

Baca Juga: Cara Bobol Password WiFi di Android (Tanpa Root)

10. Gunakan Aplikasi Network Signal Speed Booster

Network Signal Speed Booster

Aplikasi Network Signal Speed Booster

Cara memperkuat sinyal WiFi Android yang kesepuluh adalah dengan menggunakan aplikasi Network Signal Speed Booster. Aplikasi Network Signal Speed Booster dirancang oleh MCStealth Apps.

Aplikasi ini salah satu aplikasi penguat sinyal WiFi terbaik yang mampu memperkuat sinyal WiFi HP menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi ini cukup mudah, kamu hanya perlu menjalankannya dan tunggu proses penangkapan sinyal WiFi dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Membatasi Pengguna WiFi yang Terkoneksi di Android

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara memperkuat penangkapan sinyal WiFi di Android, baik menggunakan aplikasi memperkuat sinyal WiFi maupun tidak. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran boleh banget tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top