Android

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Sekarang ini mulai banyak yang menggunakan smartphone terbaik di kelasnya tergantung mereknya. Namun sayangnya, penggunaan smartphone tidak didukung oleh penggunanya juga. Sehingga menyebabkan smartphone menjadi cepat rusak.

Salah satunya sistem Android pada smartphone yang kerap error, karena pengguna banyak yang download aplikasi Android di luar store resmi. Padahal hal fatal akibat download aplikasi Android di Play Store itu beragam loh!

Seperti aplikasi tidak bisa dijalankan sama sekali atau muncul notifikasi “Force Close” yang memaksa pengguna untuk menutup aplikasi.

Nah, kalau kamu sedang mengalami aplikasi yang Force Close, kamu wajib simak artikel ini sampai habis ya!

Force Close pada Aplikasi itu Apa Sih?

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Apa itu Force Close?

Force Close jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Dipaksa Berhenti”. Jadi perangkat memaksa pengguna untuk menghentikan aplikasi yang sedang dijalankan tersebut karena suatu alasan.

Biasanya aplikasi yang Force Close ini kerap terjadi pada pengguna smartphone Android saat menjalankan aplikasi maupun game.

Saat akan Force Close biasanya aplikasi akan merespon dengan program yang hang atau not responding. Lalu muncul deh notifikasi Force Close. Sama seperti saat laptop atau not responding, maka kamu akan dipaksa untuk menghentikan programnya kan?

Penyebab Aplikasi Force Close!

Sebelum membahas gimana sih cara mengatasi Force Close aplikasi di Android alangkah baiknya kamu tau dulu nih penyebab munculnya error tersebut, dengan menyimak poin-poin berikut ini!

1. Ada Bugs pada Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Ada Bugs pada Aplikasi

Penyebab yang pertama adalah kemungkinan besar terdapat bugs pada aplikasi tersebut. Selain itu, bisa saja memang sistem operasi di Android kamu memang sedang ada bugs sehingga muncul Force Close di beberapa aplikasi tertentu.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan update aplikasi atau kamu juga bisa update sistem operasi. Karena biasanya ada update dari developer, berarti ada masalah yang baru diperbaiki pada sistem atau aplikasi tersebut.

2. Terdapat Penumpukan pada File Cache

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Terdapat Penumpukan pada File Cache

Penyebab selanjutnya karena terdapat banyak penumpukan di file cache. File cache yang tidak dibersihkan ini bisa menimbulkan masalah pada sistem dan juga aplikasi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di artikel “Apa itu Cache?“.

File cache yang menumpuk ini bisa membuat memori internal menjadi penuh. Oleh sebab itu, kamu harus rutin membersihkannya agar tidak membuat sistem pada aplikasi menjadi erorr.

3. Memori Internal Penuh

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Memori Internal Penuh

Seperti yang kita ketahui, untuk menjalankan aplikasi dibutuhkan ruang penyimpanan yang cukup agar proses data dan informasi yang dibutuhkan tersedia. Jika ruang penyimpanan atau memori internal penuh maka aplikasi tidak dapat dijalankan.

Oleh sebab itu, aplikasi kerap menampilkan notifikasi Force Close, yang dimana aplikasi memaksa kamu untuk mengeluarkan atau tidak menjalankan aplikasi. Hal ini disebabkan karena proses menjalankan aplikasi lambat sehingga menimbulkan bug.

4. Memori RAM Smartphone Penuh

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Memori RAM Smartphone Penuh

Memori RAM yang penuh juga akan mengakibatkan aplikasi Force Close. Apalagi kalau kamu menjalankan banyak aplikasi yang dimana RAM tidak mampu melakukan multitasking.

Karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone. Biasanya kejadian ini kerap dialami oleh pemilik smartphone yang masih menggunakan smartphone dengan RAM 2GB saja.

5. Aplikasi Tidak Support atau Kompatibel

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Aplikasi Tidak Support atau Kompatibel

Terakhir karena aplikasi yang kamu instal memang tidak support atau kompatibel dengan smartphone yang kamu gunakan.

Contohnya aplikasi yang di-instal memiliki spesifikasi untuk digunakan di smartphone dengan versi Android 7.0 (Nougat) ke atas, sedangkan smartphone kamu masih menggunakan versi Android 5.0 (Lollipop). Maka aplikasi bisa tidak kompatibel atau sering mengalami Force Close.

“Lalu bagaimana cara mengatasi muncul ‘Force Close‘ pada aplikasi di Android?”

Tenang! Kamu langsung simak aja nih langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

Setelah kamu mengetahui apa aja sih yang menyebabkan aplikasi force close di Android, sekarang kita langsung simak aja yuk gimana sih cara mengatasi aplikasi yang force close berikut ini!

1. Tutup Aplikasi yang Dijalankan

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Tutup Aplikasi yang Dijalankan

Cara yang pertama adalah kamu harus menutup atau mengeluarkan aplikasi yang berjalan di latar belakang atau recent apps. Hal ini bisa jadi karena RAM pada Android sedang penuh sehingga aplikasi yang ini kamu jalankan jadi tidak bisa berjalan.

Jadi lebih baik kamu keluarkan dulu semuanya, kemudian kamu buka aplikasi yang ingin dijalankan. Jika masih tidak bisa juga, kamu bisa coba langkah selanjutnya.

2. Restart Smartphone

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Restart Smartphone

Selanjutnya kamu bisa me-restart smartphone terlebih dahulu. Hal ini berguna agar smartphone memuat ulang semua aplikasi atau program yang ada di Android kamu.

Selain itu, sistem Android juga akan melakukan service pada aplikasi yang bermasalah. Untuk caranya juga cukup mudah, kamu tinggal tekan tombol power beberapa saat kemudian tunggu sampai smartphone memuat ulang sistem atau program.

Jika tombol power di smartphone kamu sedang rusak, kamu bisa membaca artikel mengenai cara mematikan Android tanpa menekan tombol power aja gaes!

3. Rutin Membersihkan Cache Aplikasi dan Sistem

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Rutin Membersihkan Cache Aplikasi dan Sistem

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya aplikasi yang force close bisa terjadi jika adanya penumpukan cache pada memori internal. Sehingga membuat sistem serta aplikasi erorr, lag, nge-bug dan lain sebagainya.

Cache ini juga menyebabkan memori internal menjadi penuh karena terisi sampah file (file sementara). Oleh sebab itu, kamu harus rutin membersihkannya, baik tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi.

Untuk yang tanpa aplikasi, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke ‘Settings‘ atau ‘Pengaturan‘ di Android kamu
  • Kemudian pilih ‘Aplikasi‘ > Lalu tap aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
  • Berikutnya kamu bisa tap Penyimpanan
  • Selanjutnya tap tombol ‘Hapus Cache‘ dan tunggu proses penghapusan cache sampai selesai.

4. Bersihkan Memori Internal

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Bersihkan Memori Internal

Yups, di poin sebelumnya juga sudah dijelaskan jika cache menumpuk akan membuat ruang penyimanan di memori internal menjadi cepat penuh.

Nah, jika memori internal penuh maka akan terjadi penurunan performa pada smartphone Android. Bahkan kalau bisa kamu harus menyisahkan kurang lebih 20% ruang penyimpanan yang kosong.

Untuk membersihkannya kamu bisa melakukan backup foto, menghappus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, menghapus kiriman media dari WhatsApp dan lain sebagainya.

5. Hapus Data Aplikasi Terlebih Dahulu

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Hapus Data Aplikasi Terlebih Dahulu

Jika cara-cara sebelumnya masih membuat aplikasi force close, kamu bisa menghapus data aplikasi terlebih dahulu. Karena mungkin saja penyebabnya terlalu banyak data yang disimpan oleh aplikasi tersebut.

Dengan menghapus data inilah yang akan membuat aplikasi menjadi fresh kembali. Nah, untuk menghapus data aplikasi, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke ‘Settings‘ atau ‘Pengaturan‘ di Android kamu
  • Kemudian pilih ‘Aplikasi‘ > Lalu tap aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
  • Berikutnya kamu bisa tap Penyimpanan
  • Selanjutnya tap tombol ‘Hapus Data‘ dan tunggu proses penghapusan data sampai selesai.

6. Update Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Update Aplikasi

Setiap aplikasi pasti memiliki developer, jika aplikasi yang sebelumnya baik-baik saja namun kemudian muncul force close, bisa saja aplikasi telah di-update oleh developer-nya.

Sedangkan saat update kamu tidak mendapatkan pemberitahuan dan tidak melakukan update sehingga muncul force close pada aplikasi tersebut.

Bahkan saat ada update pun ada loh aplikasi Android yang tidak bisa di-update. Oleh sebab itu, sebagai pengguna kita harus sering mengecek atau tau perkembangan dari aplikasi tersebut. Nah, untuk update aplikasi cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke ‘Play Store
  • Kemudian cari dan pilih ‘Aplikasi‘ yang ingin kamu update
  • Berikutnya kamu bisa tap tombol ‘Update
  • Selanjutnya tunggu proses update aplikasi sampai selesai dan jalankan deh aplikasinya.

7. Update Sistem Android

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Update Sistem Android

Jika kamu sudah melakukan update aplikasi, bahkan sampai mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa di-update, tapi tetap aplikasi tersebut masih muncul force close, selanjutnya kamu bisa melakukan update sistem Android.

Yups, saat ada pembaharuan dari sistem Android dan kamu tidak melakukan update, bukankah hal yang wajar jika ada aplikasi yang erorr? Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan update pada sistem Android.

Nah, untuk update sistem juga cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke ‘Settings‘ atau ‘Pengaturan‘ di Android kamu
  • Kemudian pilih ‘Tentang Ponsel‘ atau ‘About Ponsel‘ > Lalu tapPembaruan Sistem
  • Jika tersedia versi terbaru, kamu tinggal tap tombol ‘Update
  • Selanjutnya tunggu proses penghapusan data sampai selesai.
  • Jika sudah kamu bisa restart smartphone kamu dan jalankan aplikasinya kembali.

8. Unroot Smartphone (Jika Sudah Di-root)

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Unroot Smartphone (Jika Sudah Di-root)

Jika smartphone kamu dalam kondisi sudah di-root, dan malah menimbulkan permasalah seperti banyak aplikasi yang tidak berjalan dengan optimal seperti Force Close, maka kamu perlu melakukan unroot.

Hal tersebut bisa terjadi karena kamu gagal melakukan root. Oleh sebab itu, banyak yang menyarankan untuk tidak melakukan root pada smartphone. Jika kamu ingin mendapatkan akses root tanpa perlu root juga bisa kok.

Kamu tinggal cari saja caranya di YouTube maupun artikel. Karena jika gagal root kamu harus melakukan flashing smartphone atau reset smartphone. Bahkan dampak buruk lainnya smartphone kamu bisa rusak.

9. Install Ulang Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android

Install Ulang Aplikasi

Terakhir, jika semua cara di atas memang tidak bisa juga, maka cara terakhir kamu harus install ulang aplikasi. Maksudnya kamu harus menghapus atau uninstall aplikasi terlebih dahulu. Kemudian kamu install kembali deh.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi aplikasi yang force close. Nah, untuk uninstall aplikasi cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Tap dan tahan yang lama pada aplikasi yang ingin kamu uninstall > Kemudian tap icon ‘X’ pada aplikasi
  • Lalu tap ‘Uninstall Aplikasi’ atau ‘Hapus Aplikasi’
  • Jika sudah terhapus, kamu buka kembali ‘Play Store’ dan cari aplikasi yang tadi di-uninstall
  • Selanjutnya tap tombol ‘Install’
  • Selesai.

So, mudah banget kan gaes cara mengatasi aplikasi Android yang force close. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel ini ke teman-teman kamu 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top