Tips

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android Tanpa Root

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd

Untuk mengatasi memori internal yang penuh, salah satu caranya adalah dengan memindahkan aplikasi ke SD Card ya guys.

Cara ini bisa sangat membantu kamu yang memiliki memori internal smartphone sedikit. Tapi untuk bisa menggunakan cara ini, kamu perlu menggunakan SD Card ya guys.

Lantas bagaimana sih cara memindahkan aplikasi ke kartu SD? Simak artikel ini sampai habis ya!

Penyebab Memori Internal Penuh

Sebelum masuk ke cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Saya mau kasih tau dulu ke kamu nih apa saja penyebab memori internal cepat penuh.

1. Banyaknya Cache

Clear Cache

Clear Cache

Penyebab memori internal cepat penuh adalah banyaknya cache yang ada di smartphone kamu. Cache salah satu sampah yang dihasilkan dari setiap aplikasi ketika kamu sedang menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk mengatasinya sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM yang dimana akan menghapus seluruh sampah atau cache di semua aplikasi.

2. Banyak Aplikasi yang Tidak Terpakai

Banyak Aplikasi Sampah

Banyak Aplikasi Sampah

Penyebab selanjutnya adalah banyak aplikasi yang tidak terpakai lagi. Setiap aplikasi memiliki fungsi tersendiri baik itu untuk mendukung pekerjaan kamu maupun lainnya.

Namun, jika terlalu banyak aplikasi itu bisa menyebabkan memori internal kamu menjadi penuh. Maka dari itu, install aplikasi yang sekiranya kamu butuhkan secara terus-menerus.

3. Salah Menempatkan Lokasi Penyimpanan Foto/Video

Salah Menempatkan Lokasi Penyimpanan

Salah Menempatkan Lokasi Penyimpanan

Penyebab terakhir adalah salah menempatkan lokasi penyimpanan dari foto maupun video. Siapa sih yang tidak suka berfoto/selfie maupun merekam video.

Hasil pengambilan foto/video memiliki lokasi penyimpanan di memori internal. Jika kamu sering melakukan foto/video, maka memori internal kamu akan cepat penuh.

Oleh sebab itu ada baiknya kamu memindahkan setiap lokasi penyimpanan ke Kartu SD. Atau jika memori internal kamu penuh, kamu bisa memindahkannya ke PC.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dengan Mudah

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari memori internal cepat penuh. Kini saya akan kasih tau kamu cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card.

1. Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD adalah dengan memindahkan secara manual di Pengaturan.

Pada beberapa perangkat smartphone kamu bisa memindahkan aplikasi hanya melalui Pengaturan guys. Tapi tidak semua perangkat memiliki fitur ini ya guys.

Nah, untuk bisa mengecek apakah smartphone kamu bisa memindahkan aplikasi lewat Pengaturan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mula-mula, kamu masuk ke Pengaturan. Lalu pilih menu “Aplikasi”.
Pilih Menu Aplikasi

Pilih Menu Aplikasi

  • Lalu kamu pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke Kartu SD. Contohnya disini saya ingin memindahkan aplikasi Instagram.
Pilih Aplikasi

Pilih Aplikasi

  • Untuk bisa memindahkan aplikasi Instagram, masuk ke menu “Penyimpanan”.
Pilih Menu Penyimpanan

Pilih Menu Penyimpanan

  • Selanjutnya kamu pilih menu “Ubah”. Akan muncul pop-up untuk mengubah lokasi penyimpanan. Pilih opsi “Kartu SD”.
Pilih Opsi Penyimpanan Kartu SD

Pilih Opsi Penyimpanan Kartu SD

  • Berikutnya kamu perlu melakukan konfirmasi, pilih “Pindah”. Lalu tunggu hingga proses pemindahan selesai.
Tunggu Transfer Instagram

Tunggu Transfer Instagram

Begitulah cara memindahkan aplikasi ke kartu sd tanpa perlu menggunakan aplikasi. Nah, jika perangkat smartphone kamu tidak bisa melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan cara alternatif berikut.

2. Cara Memindahkan Aplikasi Menggunakan Aplikasi Link2SD

Cara lain untuk memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD adalah menggunakan aplikasi tambahan. Nah, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Link2SD.

Mau tau gimana cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD menggunakan aplikasi Link2SD? Pahami langkah-langkah berikut ini ya!

  • Mula-mula, kamu harus install aplikasi Link2SD. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis lewat Play Store.
Install Link2SD

Install Link2SD

  • Jika sudah terinstall, kamu tinggal buka aplikasi tersebut. Lalu cari aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD. Contohnya saya disini ingin memindahkan aplikasi GOJEK.
Pilih Aplikasi Gojek

Pilih Aplikasi Gojek

  • Pilih menu “Pindah ke SD Card”.
Pilih Pindah ke SD Card

Pilih Pindah ke SD Card

  • Lalu akan ada peringatan apakah kamu benar-benar ingin memindahkan aplikasi tersebut ke Kartu SD. Pilih saja “OK”. Maka aplikasi tersebut secara otomatis akan dipindahkan ke kartu SD.
Pilih OK untuk Pindahkan Aplikasi

Pilih OK untuk Pindahkan Aplikasi

Jika menggunakan aplikasi Link2SD tetap tidak bisa kamu gunakan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD, maka kamu bisa mencoba cara ini.

BACA
Cara Setting PUBG Mobile 60 FPS di Android

3. Cara Memindahkan Aplikasi Menggunakan Aplikasi AppMGR III

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan memori internal ke kartu SD adalah AppMGR III. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa perhatikan langkah-langkah berikut.

  • Install aplikasi AppMGR III melalui Play Store. Aplikasi ini gratis kok, jadi kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk bisa mendownload-nya.
Install AppMgr 3

Install AppMgr 3

  • Jika sudah terinstall, buka aplikasi tersebut. Kemudian kamu pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu SD. Contohnya disini saya pilih aplikasi Bukalapak.
Pilih Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Pilih Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

  • Nah, akan muncul beberapa menu deh. Karena ingin memindahkan aplikasi, kamu pilih menu “Pindahkan apl”.
Pilih Pindahkan Apl

Pilih Pindahkan Apl

  • Centang pada bagian Bukalapak, lalu pilih icon Play.
Pilih Icon Play

Pilih Icon Play

  • Akan ada peringatan tentang pemindahan aplikasi ke kartu SD. Kamu tinggal pilih “Lanjut Memindahkan”. Setelah itu kamu tinggal menunggu proses pemindahan.
Pilih Lanjut Memindahkan

Pilih Lanjut Memindahkan

Nah, begitulah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD menggunakan aplikasi AppMGR III dengan mudah. Gimana? Mudah banget kan guys?

Cara Mengatasi Memori Penuh di Android

Daripada kamu memindahkan aplikasi ke kartu SD akibat memori penuh, ada baiknya kamu melakukan cara-cara berikut ini untuk menghemat penggunaan memori internal.

1. Pindahkan Penyimpanan Foto dan Video

Pindahkan Penyimpanan Foto dan Video

Pindahkan Penyimpanan Foto dan Video

Seperti yang saya beritahu pada awal pembahasan, salah satu penyebab memori internal cepat penuh adalah salah menempatkan penyimpanan foto atau video.

Nah, untuk bisa menghemat penggunaan memori internal, kamu bisa memindahkan penyimpanan foto atau video ke kartu SD.

Dengan begitu penyimpanan Internal kamu menjadi sedikit lebih leluasa deh. Atau jika kamu tidak memiliki kartu SD, kamu bisa memindahkan file-file tersebut ke PC.

Tentu gampang banget ya memindahkan file dari HP ke PC. Kamu tinggal mencolokkan kabel USB ke PC, lalu pindahkan file yang ingin dipindahkan deh.

2. Install Aplikasi yang Digunakan Saja

Install Aplikasi yang Digunakan Saja

Install Aplikasi yang Digunakan Saja

Sebagai pengguna smartphone, ada baiknya kamu untuk memilih aplikasi apa saja yang akan digunakan pada perangkat tersebut.

Jangan sampai gara-gara ingin menginstall aplikasi apapun, memori internal kamu penuh dan kamu tidak memiliki memori penyimpanan lagi.

Jadi ingat! Pilihlah aplikasi yang benar-benar kamu gunakan. Uninstall saja aplikasi yang tidak kamu butuhkan  atau dibutuhkan hanya sesaat.

3. Bersihkan Cache Secara Berkala

Bersihkan Cache

Bersihkan Cache

Nah, salah satu cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi adalah dengan membersihkan cache atau sampah-sampah aplikasi.

Cache atau sampah aplikasi biasanya menumpuk pada aplikasi-aplikasi yang terinstall di smartphone kamu. Jadi semakin banyak aplikasi yang kamu miliki, maka semakin banyak pula cache yang menumpuk.

Oleh sebab itu kamu bisa melakukan penghapusan cache secara berkala. Gunakan aplikasi pembersih RAM agar cache yang ada di perangkat kamu terhapus secara otomatis.

4. Matikan Fitur Update Otomatis

Matikan Fitur Auto Update

Matikan Fitur Auto Update

Google Play Store memiliki fitur yang namanya “Automatic Update” atau biasa kita kenal dengan sebutan Update Otomatis.

Fitur ini memungkinkan Play Store untuk melakukan pembaruan terhadap aplikasi yang memang perlu diperbarui.

Tentu seluruh aplikasi akan diperbarui, tidak peduli apakah itu aplikasi bawaan atau aplikasi yang di download dari Play Store.

Selain membuat boros kuota, fitur ini tentunya sangat menghabiskan memori internal ya. Karena seluruh data yang di download akan masuk ke penyimpanan internal.

Kamu dapat mematikan fitur ini pada “Setelan” yang ada di aplikasi Google Play Store.

Akhir Kata

Begitulah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD agar memori internal kamu tidak cepat penuh. Gampang banget ya guys melakukannya?

Tentu kamu juga perlu menghemat kuota penyimpanan agar memori internal kamu tidak cepat habis ya. Semoga tips dan saran yang saya berikan di artikel ini dapat membantu kamu yang mengalami masalah ini ya.

Share juga ke teman-teman kamu yang punya permasalahan sama seperti di artikel ini. Kunjungi terus website Tips Pintar untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya seputar teknologi.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top