Android

Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Terbaca di Android

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Terbaca di Android

Hallo sobat pintar! Memiliki smartphone Android canggih tentunya harus didukung oleh penggunaan kartu SIM agar dapat terkoneksi ke jaringan ya.

Saat ini untuk memiliki kartu SIM, kamu diharuskan melakukan registrasi kartu SIM terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Tapi pernah nggak sih kamu ngalamin ketika memasukkan kartu SIM, dan menyalakan smartphone tersebut namun kartu SIM yang dimasukkan tidak terdeteksi?

Tentunya hal tersebut akan sangat menyulitkan ya. Daripada kamu harus membeli kartu SIM baru, cobain dulu deh cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Android berikut ini.

Berikut Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi di Android

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca di Android

1. Kartu SIM Sudah Usang

Kartu Usang

Kartu Usang

Jika kartu SIM kamu sudah dipakai sejak lama, mungkin hal tersebut yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca pada perangkat kamu.

Biasanya masa pakai kartu SIM bisa 5-8 tahun. Namun jika lebih, biasanya kuningan dan material dari kartu SIM tersebut sudah mulai rusak atau kurang layak untuk digunakan.

2. Smartphone Overheat

Smartphone Overheat

Smartphone Overheat

Tentunya ketika kamu menggunakan smartphone dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan smartphone tersebut menjadi panas (Overheat).

Nah, pada saat itulah kartu SIM kamu akan terkena efek dari smartphone yang overheat. Pasalnya posisi kartu SIM berada di tempat yang rawan panas.

3. Kuningan SIM Card Rusak

Kuningan Rusak

Kuningan Rusak

Pada kartu SIM, biasanya terdapat komponen kuningan yang sangat penting. Tentunya jika kuningan tersebut rusak, maka SIM Card tidak akan terbaca.

4. Konektor SIM Card Rusak

Konektor SIM Card Rusak

Konektor SIM Card Rusak

Penyebab kartu SIM yang tidak terbaca juga dapat dipengaruhi oleh konektor SIM Card yang rusak. Bisa saja konektor tersebut patah atau retak.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Android

1. Mode Pesawat

Nyalakan Mode Pesawat

Nyalakan Mode Pesawat

Jika kartu SIM kamu tidak terbaca cobalah menyalakan Airplane Mode untuk beberapa saat, lalu matikan. Tunggu apakah jaringan terdeteksi atau tidak.

BACA
5 Cara Mendapatkan Diamond Gratis di Mobile Legends

2. Bersihkan SIM Card

Bersihkan SIM Card

Bersihkan SIM Card

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi adalah dengan membersihkannya.

Caranya cukup mudah loh, kamu hanya perlu melepas kartu SIM dari smartphone, lalu gosok kuningan yang ada SIM Card menggunakan penghapus atau bahan karet lainnya.

Usahakan jangan terlalu kasar ketika menggosok, cukup perlahan saja agar tidak merusak SIM Card. Jika sudah, maka kamu bisa memasukkan SIM Card ke smartphone, lalu coba nyalakan.

3. Coba Ganti Menggunakan Kartu SIM Lain

Gunakan SIM Card Lain

Gunakan SIM Card Lain

Untuk mendeteksi apakah kartu SIM kamu rusak, cobalah mengganti kartu SIM yang kamu gunakan menggunakan kartu SIM yang lain.

Jika kartu SIM yang lain dapat terdeteksi, maka bisa dipastikan kartu SIM kamulah yang menjadi permasalahan.

Namun jika kartu SIM yang lain tidak terdeteksi juga, maka smartphone kamu yang mengalami kerusakan atau ada masalah.

4. Periksa Konektor Kartu SIM

Periksa Konektor SIM Card

Periksa Konektor SIM Card

Coba buka bagian konektor kartu SIM kamu. Jika kotor, kamu bisa membersihkannya secara perlahan dan masukkan kembali kartu SIM.

Namun jika terdapat ‘cacat’ seperti patah atau retak, maka kamu harus menggantinya. Datanglah ke tempat service center untuk melakukan penggantian konektor.

5. Ganti Kartu SIM

Ganti Kartu SIM

Ganti Kartu SIM

Jika kartu SIM yang kamu gunakan sudah terlalu usang atau rusak, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Kamu bisa datang ke gerai provider yang kamu gunakan, lalu konsultasi untuk mengganti kartu SIM tanpa mengganti nomor telepon.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Android. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top