Android

Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android

Setiap smartphone, pasti pernah mengalami sesuatu yang tidak kita inginkan. Seperti, tidak terbaca ketika dihubungkan ke PC terlebih parah lagi smartphone hilang.

Ada juga memori yang tidak mau terbaca ketika dipasangkan di Android. Nah, TipsPintar.com ada solusi buat cara mengatasi memori yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca di Android.

BACA
15 Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik Paling Ringan

Ini Dia Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca di Android

Ketika memori berisikan file atau foto penting tapi tidak terbaca di android, pastinya akan membuat kita kesal. Ada loh cara untuk mengatasinya. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Pastikan Posisi Memory Benar

Posisi Kartu Memori

Posisi Kartu Memori

Cara yang pertama adalah memastikan bahwa posisi dari memori yang kamu pasang di android itu tepat. Jika tidak, maka tidak akan pernah terdeteksi atau terbaca di android.

Pastikan bahwa kuningan dari memori berhadapan langsung atau nempel dengan kuningan yang ada di slot memmori android agar bisa terbaca.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

2. Bersihkan Kuningan Memori dengan Penghapus Karet

Bersihkan Kartu Memori

Bersihkan Kartu Memori

Cara selanjutnya adalah coba kamu bersihkan kuningan yang terdapat pada setiap kartu memori dengan menggunakan penghapus karet. Biasanya cara ini cukup ampuh.

Di setiap memory terlebih lagi di bagian kuningan memori, pasti terdapat noda hitam. Itu bisa menjadi penghambat memori tidak terbaca. Untuk itu coba bersihkan dengan penghapus karet.

Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik untuk Mempercepat Performa Android

3. Coba Pasang di Android Lain

Mencoba Pasang di Android lain

Mencoba Pasang di Android lain

Cara selanjutnya adalah coba pasang memori yang kamu miliki ke smartphone lain. Jika memori terbaca di smartphone lain, berarti ada yang salah dengan android kamu.

Biasanya memori tidak terbaca di smartphone kamu tapi terbaca di smartphone teman kamu, mungkin saja tidak support pada memori tersebut atau mungkin slot memori kamu rusak.

Baca Juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Smartphone Android

4. Format Kartu Memori

Format Kaartu Memori

Format Kaartu Memori

Cara selanjutnya adalah memformat kartu memori kamu. Biasanya memori juga terdapat bug atau virus yang menyebabkan tidak terbaca di android kamu.

Coba lah untuk memformatnya, tapi pastika data kamu sudah di back-up dulu. Jika tidak, maka semua isi dalam memori akan terhapus atau hilang.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Terlihat Baru

5. Lakukan Factory Reset

Factory Reset

Factory Reset

Cara selanjutnya adalah melakukan factory reset. Untuk yang satu ini, mungkin akan terbilang cukup ekstrim karena factory reset akan menghapus seluruh data yang ada di android kamu.

Sebelum menggunakan cara yang satu ini, pastikan bahwa data-data semua yang ada di android kamu sudah di back-up terlebih dahulu, jika tidak akan terhapus.

Baca Juga: Cara Factory Reset di Semua Smartphone Android

6. Gunakan Aplikasi SDFix

Aplikasi SDFix

Aplikasi SDFix

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi SDFix. Aplikasi ini cukup membantu ketika memori tidak mau terbaca di smartphone android kamu.

Namun sayangnya, aplikasi tersebut bisa kamu gunakan, jika OS android kamu sudah Kitkat. Nah, jika OS android kamu belum Kitkat, maka kamu tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pendingin Suhu Android Terbaik 2017

Nah, itu dia sebuah Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android. Jika, kamu memiliki saran atau pendapat selain diatas tadi. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Like and Share

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Comments
To Top