Android

Cara Mengetahui SMS Disadap dan Cara Mengatasinya

Home / Android / Tips / Cara Mengetahui SMS Disadap dan Cara Mengatasinya

Hallo sobat pintar, sekarang menyadap SMS semakin mudah. Karena, adanya trik cara menyadap SMS orang lain tanpa ketahuan. Nah, biasanya banyak yang belum tau juga nih, cara mengetahui SMS yang disadap.

Selain itu, beberapa orang juga belum tau cara mengatasi SMS yang disadap. Tapi tenang dulu gaes, ada loh cara mengetahui SMS yang disadap dan cara mengatasinya. Penasaran? Yuk, langsung simak aja gaes.

Airy Rooms

Berikut Cara Mengetahui SMS Kita Disadap Orang Lain

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara mengetahui SMS disadap. Jadi, simak baik-baik yaa gais!

1. SMS Masuk Sudah Terbaca Padahal Kamu Belum Membacanya

SMS Masuk Sudah Terbaca

Cara mengetahui SMS disadap atau tidak yang pertama adalah dengan melihat apakah SMS yang masuk sudah terbaca atau belum.

Jika SMS yang masuk sudah terbaca atau terbuka, itu berarti ada yang telah membuka dan membacanya. Padahal kamu sama sekali belum membaca SMS tersebut.

Biasanya orang tersebut menggunakan aplikasi sadap HP dari jarak jauh, untuk melihat SMS yang masuk dan keluar. Jadi, perhatikan kotak masuk SMS kamu yaa gaes!

2. Baterai HP Lebih Cepat Boros

Baterai HP Cepat Boros

Cara mengetahui SMS kita disadap orang lain yang kedua adalah baterai HP lebih cepat boros. Salah satu penyebab baterai cepat boros adalah karena ada aplikasi yang terpasang dan berjalan di background HP.

Karena, bisa jadi si pelaku menyembunyikan aplikasi di HP. Sehingga, kamu tidak tau kalau ada aplikasi lain yang berjalan di background HP dan membuat baterai HP kamu lebih boros dari biasanya.

Nah, kamu bisa nih mengetahui ciri-ciri baterai HP yang sudah bocor. Kalau sudah begitu, tenang! Kamu bisa memperbaiki baterai HP yang bocor dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan lagi.

3. Pulsa dan Kuota Kamu Lebih Cepat Habis

SMS Kuota Habis

SMS Peringatan Kuota Habis

Cara mengetahui SMS disadap yang ketiga adalah pulsa dan kuota kamu lebih cepat habis. Hampir sama dengan point sebelumnya. Jika kamu merasa tidak terlalu menghabiskan waktu berselancar di internet, ini patut dicurigai.

Karena, si pelaku telah memasang aplikasi penyadap SMS di HP kamu secara diam-diam. Kemudian, aplikasi tersebut telah menghabiskan pulsa bahkan kuota internet.

Nah, coba deh kamu lebih dulu cek kuota semua operator dulu. Jika memang cepat habis bukan karena aplikasi penyadap SMS kamu bisa ikuti tips menghemat kuota internet.

Sedangkan, untuk pulsa kamu bisa mengatasi pulsa yang kesedot sendiri dengan menonaktifkan layanan yang sudah kamu registrasi.

Baca Juga: Cara Cek Apakah WhatsApp Kita Disadap dan Cara Mengatasinya

Berikut Cara Mengatasi SMS yang Disadap

Nah! Berikut ini TipsPintar.com akan memberikan cara menghentikan SMS yang disadap. Jadi, simak baik-baik ya gais!

1. Cara Mengatasi SMS Disadap Menggunakan Aplikasi Pesan dengan Fitur Secret Chat

Aplikasi Telegram

Aplikasi Secret Chat Telegram

Cara mengatasi SMS yang disadap pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pesan dengan fitur Secret Chat. Salah satu aplikasi pesan atau chatting dengan fitur Secret Chat adalah Telegram.

BACA
15 Aplikasi Karaoke Offline Terbaik di Android, GRATIS!

Kenapa harus menggunakan aplikasi chatting tersebut? Karena, fitur tersebut hanya penerima dan pengirim saja yang dapat mengetahui isi pesan atau chat yang masuk dan keluar.

Bahkan, developer Telegram juga tidak mengetahui isi pesan masuk dan keluar dari aplikasi Telegram. Karena, sudah dienskripsi oleh aplikasi Telegram.

2. Cara Menghentikan SMS Disadap Menggunakan Aplikasi ‘Anti Spy Mobile Free’

Anti Spy Mobile Free – Aplikasi Anti Sadap

Cara menghentikan penyadapan SMS yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Anti Spy Mobile Free. Aplikasi ini mampu mendeteksi aplikasi yang tersembunyi di HP kamu loh gaes.

Nah, melalui aplikasi anti sadap ini, kamu bisa langsung menghapus aplikasi yang mencurigakan. Sehingga, kamu lebih mudah menghentikan penyadapan SMS.

Nah, berikut ini cara menghentikan penyadapan SMS di HP menggunakan aplikasi Anti Spy Mobile Free:

Anti Spy Mobile Free

Aplikasi Anti Spy Mobile Free

  • Kedua, setelah itu jalankan aplikasinya > Kemudian tap tombol ‘OK‘ dan tunggu proses scanning aplikasi.

Scan Aplikasi Sadap di Anti Spy Mobile Free

  • Ketiga, jika terdapat aplikasi yang mencurigakan maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini > Kemudian kamu tap tombol ‘OK’ > Selanjutnya akan muncul aplikasi yang mencurigakan.

Notifikasi Aplikasi Spy Terpasang

  • Keempat, setelah muncul aplikasi sadap SMS, kamu tap pada aplikasinya > Kemudian tap tombol ‘Uninstall‘.

Pilih Uninstall

3. Segera Setel Ulang Pabrik Pada HP

Hard Reset

Cara menghentikan sadap SMS yang ketiga adalah dengan melakukan setel ulang pabrik atau hard reset HP. Jika aplikasi anti sadap tidak mampu mendeteksi aplikasi yang disembunyikan atau mencurigakan.

Cara setel ulang pabrik menjadi salah satu cara terakhir. Karena, dengan cara ini maka semua data bahkan aplikasi yang terpasang akan terhapus semua sampai ke akarnya.

Berikut ini cara hard reset dengan mudah:

  • Pertama, buka menu ‘Pengaturan‘ > Kemudian tap ‘Setelan Tambahan‘.

Pilih Setelan Tambahan

  • Kedua, selanjutnya tap ‘Buat Cadangan & Setel Ulang‘ > Kemudian tap ‘Kembalikan ke Setelan Pabrik‘.

Pilih Buat Cadangan & Setel Ulang

  • Ketiga, lalu tap ‘Setel Ulang Telepon‘ > Selanjutnya tap ‘Berikutnya‘ dan tunggu sampai proses reset selesai.

Pilih Setel Ulang Telepon

Nah, buat kamu yang belum tau cara hard reset HP bisa nih cek di cara hard reset semua tipe HP. Karena, dengan cara hard reset aplikasi sadap SMS akan terhapus semua.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau cara mengetahui dan mengatasi SMS yang disadap atau tidak. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top