Kepo

8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Home / Kepo / Lifestyle / 8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Pasti kamu sudah tau kan, kalau Indonesia diisukan akan mengalami resesi di tahun 2023. Meskipun masih isu tidak ada salahnya untuk kita berantisipasi. Apalagi saat ini udah banyak banget karyawan yang terkena PHK dan kebutuhan lainnya yang mulai naik harganya.

Sehingga memaksa kita untuk mengatur keuangan agar tidak boros. Khususnya untuk pasangan yang sudah berumah tangga, kamu diharuskan untuk pintar-pintar untuk mengatur keuangan dan bahkan kamu disarankan untuk mencoba menjalankan ide bisnis rumahan agar bisa memiliki tabungan yang cukup.

Nah, karena sebelumnya kami sudah membahas cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 3 juta, untuk kali ini kami akan membahas cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta. So, disimak baik-baik ya gaes!

Ini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Gaji 1 Juta

Untuk kamu pasanganĀ  yang sudah berrumah tangga tapi hanya berpenghasilan 1 jutaan aja, kamu bisa banget kok mengatur keuangan tersebut dengan cara-cara berikut ini!

1. Ketahui Kebutuhan Prioritas dan Keinginan

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Ketahui Kebutuhan Prioritas dan Keinginan

Cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 1 juta yang pertama adalah dengan mengetahui kebutuhan prioritas dan keinginan. Sama seperti artikel sebelumnya yaitu cara mengatur keuangan pribadi, kamu harus mengetahui mana aja kebutuhan yang merupakan prioritas dan hanya sekedar keinginan.

Jadi disarankan kamu untuk kamu mencatat apa aja kebutuhan prioritas dan singkirkan kebutuhan yang hanya keinginan saja. Contohnya kebutuhan prioritas ada kebutuhan sembako, bayar listrik, bayar kostan atau kontrakan dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kebutuhan yang hanya sekedar keinginan lebih baik kamu singkirkan karena hal tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu atau tidak cukup untuk kamu survive. Contohnya kebutuhan yang hanya sekedar keinginan seperti tiket konser, sepatu dan lain sebagainya.

2. Buat Rencana Belanja Bulanan

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Buat Rencana Belanja Bulanan

Cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 1 juta berikutnya adalah dengan membuat rencana belanja bulanan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau kebutuhan sembako merupakan kebutuhan prioritas yang harus kamu perhatikan.

Nah, untuk gaji yang hanya 1 juta saja, lebih baik kamu buat rencana bulanan sematang mungkin dan sehemat mungkin. Pastikan kebutuhan belanja yang kamu beli tidak berlebihan sehingga cukup untuk kebutuhan rumah tangga dalam sebulan.

3. Sesuaikan Gaya Hidup dengan Gaji

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Sesuaikan Gaya Hidup dengan Gaji

Cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 1 juta selanjutnya adalah dengan menyesuaikan gaya hidup dengan gaji. Yups, tidak bisa dipungkiri melihat kehidupan orang lain di aplikasi media sosial membuat kita iri dan ingin melakukan hal tersebut.

Tapi yang perlu kamu perhatikan, keuangan atau gaji yang kamu miliki hanya sedikit. Sehingga kamu harus menurunkan ego untuk menyesuaikan gaya hidup dengan gaji yang dimiliki. Jangan sampai kamu boros dan ingin memiliki barang mewah.

4. Beli Barang Second

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Beli Barang Second

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta berikutnya adalah dengan membeli barang second atau preloved. Jika kamu ingin membeli sesuatu yang agak mahal, lebih baik kamu membeli barang second saja.

Hal ini bertujuan agar uang kamu keluarkan tidak besar. Apalagi barang second ini dijual dengan harga yang terjangkau. Jadi kalau kamu ingin membeli smartphone, coba deh kamu membeli smartphone bekas aja.

5. Usahakan Menabung dan Investasi

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Usahakan Menabung dan Investasi

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta selanjutnya adalah dengan mengusahakan menabung dan investasi. Mungkin terkesan tidak mungkin dengan gaji 1 juta untuk menabung atau berinvestasi, tapi gak ada salahnya kok jika kamu menyisihkan sedikit.

Apalagi sekarang ada banyak instrumen investasi dengan modal yang terjangkau. Sehingga kamu bisa menabung dan berinvestasi untuk keperluan yang akan datang. Karena kita tidak pernah tau apa yang terjadi di masa yang akan datang.

6. Manfaatkan Promo dan Diskon

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Manfaatkan Promo dan Diskon

Cara atur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta berikutnya adalah dengan memanfaatkan promo dan diskon. Sama seperti cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta, kamu disarankan untuk memanfaatkan promo dan diskon jika ingin membeli kebutuhan.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa menghemat dan uang yang telah kamu rencanakan bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan yang lainnya. Jadi jangan segan-segan untuk mencari atau berburu promo dan diskon ya gaes!

7. Hindari Cicilan atau Kredit

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Hindari Cicilan atau Kredit

Cara atur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta selanjutnya adalah dengan menghindari cicilan atau kredit. Yups, untuk mengatur keuangan dengan penghasilan yang sedikit, lebih baik hindari atau jangan sampai kamu menyicil atau kredit.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak terlilit cicilan atau kredit jika tidak bisa membayar. Apalagi kalau kamu sampai menyicil melalui aplikasi pinjaman online, karena bunga dan denda yang kamu dapatkan cukup besar. Sehingga nantinya akan menyulitkan kamu untuk melunasinya.

8. Cari Penghasilan Tambahan

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Cari Penghasilan Tambahan

Cara atur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta terakhir adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Terima tidak terima, gaji dengan penghasilan 1 juta memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di era sekarang ini.

Apalagi sekarang ini harga BBM sudah naik sehingga kebutuhan lainnya juga ikut naik. Jadi untuk memenuhi kebutuhanmu, alangkah baiknya kamu mencari penghasilan tambahan melalui internet atau dengan mencari pekerjaan sampingan.

So, itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta. Gimana nih gaes, mudah banget kan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 jutaan? Oh iya, kalau kamu ada kritik dan saran, silakan tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes.

Jangan lupa juga untuk share artikel cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta ini ke teman-teman kamu ya gaes, siapa tau mereka belum tau ada apa aja sih cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 jutaan šŸ˜‰

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top