Apps

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Home / Android / Apps / Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi media sosial terpopuler yang banyak digunakan oleh banyak kalangan loh gaes dan Kamu sudah tau belum? Indonesia termasuk dalam 4 pengguna Facebook terbanyak di dunia yaitu mencapai 130 juta pengguna.

Melalui Facebook, Kamu bisa mengunggah keseharian Kamu, Kamu juga bisa mengunggah hasil edit Kamu dari aplikasi edit foto maupun aplikasi edit video. Tapi, meskipun Kamu bebas memposting apapun, tetap ada banyak hal yang seharusnya tidak Kamu bagikan di sosial media nih gaes. Seperti konten kebencian, konten vulgar dan lain sebagainnya.

Nah, Kali ini TipsPintar akan membahas cara meningkatkan engagement agar Kamu bisa menambah teman dan memperbanyak interaksi pada akun Facebook Kamu gaes. Langsung aja disimak sampai habis ya!

Cara Meningkatkan Engagement dengan Mudah di Facebook

Pada aplikasi sosial media yang membuat Kamu bisa bebas mengekspresikan diri sendiri, sepertinya sangat tidak seru ya gaes kalau akun yang kita buat sepi dan tidak ada interaksi di dalamnya. Bagaimana caranya? Yuk langsung aja disimak sampai habis ya gaes!

1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Posting

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Waktu yang Tepat untuk Posting

Cara meningkatkan engagement yang pertama adalah cari waktu yang tepat untuk meng-upload konten Kamu. Hal ini bisa Kamu gunakan agar ketika Kamu memposting sesuatu akan banyak yang berinteraksi di kolom komentar atau bahkan memberikan like pada konten yang Kamu posting.

Spesialis media pemasaran yang bernama Amanda Wood pernah memberi bocoran jam-jam yang efektif digunakan oleh masyarakat ketika bermain Facebook. “Waktu terbaik untuk posting di Facebook adalah antara pukul 12 siang. dan jam 3pagi. Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat. Dan pada hari Sabtu dan Minggu antara pukul 12 malam dan 1 pagi.”

2. Hadirkan Konten Berupa Video

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Hadirkan Konten Berupa Video

Konten video di Facebook ternyata digemari oleh audiens loh gaes. Hal ini bisa Kamu gunakan untuk membuat konten video semenarik mungkin dan tentunya kreatif.

Kamu juga bisa mengikuti apa yang sedang viral dan memodifikasinya kembali dengan kemauan Kamu. Hal ini bisa menambah engagement di Facebook Kamu karena akan banyak orang yang menyukai hal viral tersebut akan menyukai konten Kamu juga jika konten yang Kamu buat kreatif ya gaes! Oh iya, Kamu juga bisa men-download video dari Facebook loh gaes.

3. Gunakan Fitur Live

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Gunakan Fitur Live

Salah satu fitur yang ada pada Facebook adalah video live streaming. Dengan fitur ini, pengguna Facebook dapat melakukan siaran langsung apa saja seperti live stream Mobile Legends, atau live stream event lainnya. Sama seperti Instagram, baik siaran langsung yang Kamu tayangkan ataupun milik orang lain, live streaming di Facebook bisa di-download loh.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memperkenalkan produk Kamu, memperkenalkan apa yang Kamu jual atau hanya sekedar berinteraksi ringan dengan audiens yang masuk kedalam siaran langsung. Pastikan untuk tidak melakukan hal yang membosankan ya gaes, seperti hanya diam tanpa berbicara dan bahkan hanya diam menatap layar. Hal ini bisa membuat para audiens bosan dan pergi meninggalkan siaran Kamu.

4. Ajukan Pertanyaan

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Berinteraksi dengan Audiens

Lagi-lagi hal yang harus Kamu lakukan adalah membangun relasi, berinteraksi dan jangan biarkan Kamu dan teman-teman Facebook Kamu tidak memiliki interaksi sama sekali.

Terkadang, Kamu memiliki list teman yang banyak namun tidak aktif, hal ini bisa membuat list pertemanan Kamu penuh dan tidak bisa menerima permintaan pertemanan lainnya. Nah, Kamu bisa loh menghapus teman facebook Kamu itu gaes!

5. Kutipan atau Quotes

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Kutipan atau Quotes

Kutipan atau quote baik berupa teks semata atau disertai dengan gambar juga sangat menarik dan bisa meningkatkan engagement Facebook kamu.

Carilah quote kata bijak, motivasi, kesuksesan atau hal lain yang mengharukan, menyenangkan dan bahkan tentang cinta. Cinta di sini bukan hanya untuk pasangan tetapi orang tua, anak, keluarga bahkan teman. Kamu juga bisa menyematkan quote kata bijak dari tokoh-tokoh di Indonesia, kata menarik dari kartun spongebob dan quotes lainnya yang memotivasi.

6. Gunakan Fitur Facebook Stories

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Facebook

Gunakan Fitur Facebook Stories

Nah, cara meningkatkan engagement selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur Facebook Story karena umumnya pengguna Facebook akan melihat Facebook Story dari seseorang yang berada di list teman mereka.

Cara ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan engagement Facebook kamu. Kamu bisa membuat Facebook Story yang menarik menggunakan template dari Instagram dan Kamu bisa juga mengunggah keseharian Kamu. Tetaplah berinteraksi dengan followers Kamu agar mereka tetap suka dengan konten yang Kamu suguhkan ya gaes!

Itu dia gaes beberapa cara untuk menaikkan engagement di Facebook Kamu. Dari beberapa cara di atas, mana nih yang udah Kamu lakukan? Tulis di kolom komentar ya gaes!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top