Tips

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10

Cara Sharing Printer

Sebelumnya kita pernah membahas tentang jaringan komputer ya. Dengan jaringan komputer, setiap komputer yang berada dalam satu jaringan dapat berbagi informasi, termasuk penggunaan printer loh.

Punya kerjaan baru yang butuh printer setiap saat? Tapi sayangnya di kantor cuma ada satu printer yang digunakan untuk beramai-ramai. Kalau pakai bluetooth, proses share file akan sangat lama dong.

Lalu bagaimana cara kita agar bisa ngeprint lewat PC sendiri dan prosesnya cepat?

Jawabannya pakai cara Sharing Printer aja guys. Tapi, apa sih Sharing Printer itu?

Sharing Printer

Sharing Printer

Sharing printer merupakan cara menghubungkan satu printer ke beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan.

Dengan menggunakan metode sharing printer, maka kamu hanya memerlukan satu printer untuk digunakan ramai-ramai. Tidak perlu menggunakan OTG untuk ngeprint atau hal lainnya ya.

Nah, kamu sudah tau kan metode sharing printer. Kali ini penulis mau kasih tau kamu cara sharing printer di Windows 7, 8, dan 10.

Cara Sharing Printer ke Komputer Lain

Cara Sharing Printer ke PC Lain

Cara Sharing Printer ke PC Lain

Hal utama yang harus diperhatikan ketika melakukan cara sharing printer adalah memastikan komputer dan printer yang akan dihubungkan harus berada dalam satu jaringan yang sama.

Jika komputer dan printer sudah berada dalam satu jaringan yang sama, selanjutnya kamu tinggal mengatur PC yang sebelumnya sudah terhubung dengan printer untuk membagikan printer tersebut ke PC lain.

Berikut ini pengaturan untuk membagikan printer yang sudah terkoneksi ke PC lain. Lakukan cara ini pada perangkat PC yang sudah terkoneksi dengan printer ya.

  • Mula-mula, kamu buka Control Panel terlebih dahulu. Gunakan kombinasi Windows + R untuk membuka Run, lalu ketikkan “control panel“. tekan tombol Enter.
Buka Control Panel

Buka Control Panel

  • Setelah tampilan Control Panel terbuka, kita harus aktifkan terlebih dahulu fitur File and printer sharing. Caranya kamu pilih menu “Network and Internet” pada tampilan awal Control Panel.
Pilih Network and Internet

Pilih Network and Internet

  • Setelah terbuka, kamu pilih menu “Network and Sharing Center“.
Pilih Network and Sharing Centre

Pilih Network and Sharing Centre

  • Selanjutnya kamu pilih “Change advanced sharing settings“.
Change advanced sharing settings

Change advanced sharing settings

  • Jika tampilan sudah muncul, kamu harus mengaktifkan “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing“. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna lain dapat menggunakan file atau printer yang sudah kamu sharing.
Ceklis Pada Beberapa Opsi

Ceklis Pada Beberapa Opsi

Selanjutnya masuk ke langkah opsional. Langkah ini tidak harus kamu lakukan, namun kami merekomendasikan kamu untuk melakukan langkah yang satu ini.

Kamu harus menonaktifkan fitur Password Protected Sharing. Kenapa harus dinonaktifkan? Karena fitur ini membuat PC yang akan terhubung ke printer harus memasukkan password login PC kamu.

Jadi misalnya PC kamu di password login, maka setiap PC lain yang ingin menggunakan Sharing Printer harus memasukkan password login PC kamu.

  • Pada tampilan yang sama seperti sebelumnya, ada menu “All Networks“. Kamu pilih menu tersebut.
Pilih All Networks

Pilih All Networks

  • Scroll kebawah hingga menemukan menu Password protected sharing. Pilih opsi “Turn off password protected sharing“. Jangan lupa untuk pilih “Save Changes” untuk menyimpan hasil settingan.
Matikan Fitur Password Protected Sharing

Matikan Fitur Password Protected Sharing

Selanjutnya kita harus mengatur settingan untuk membagikan Printer kepada PC lain. Langkah ini masih dilakukan di PC yang sudah terkoneksi dengan printer. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka kembali Control Panel. Lalu pada bagian Hardware and Sound, pilih “View Devices and Printers“.
Pilih View Devices and Printers

Pilih View Devices and Printers

  • Akan muncul beragam perangkat yang terhubung ke PC kamu termasuk printer. Klik kanan pada Printer yang ingin kamu bagikan, lalu pilih “Printer properties“.
Pilih Printer Properties

Pilih Printer Properties

  • Pada menu Printer Properties, kamu pilih tab “Sharing“. Centang pada bagian “Share this Printer“, lalu “OK“. Sebelum menekan tombol OK, kamu juga bisa mengganti nama printer terlebih dahulu.
Share Printer

Share Printer

Nah, sekarang printer sudah bisa dibagikan kepada PC lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Berikut ini cara mengakses printer yang sudah di-share sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi File Corrupt di Flashdisk dengan Mudah

Cara Mengakses Printer yang Sudah di-Share

Agar PC lain dapat mengakses printer yang telah di-share, kamu harus melakukan beberapa pengaturan pada PC yang ingin mengakses printer.

  • Hal yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing“. Cukup pengaturan itu saja yang diubah, lalu pilih “Save Changes“.
Atur PC

Atur PC

  • Selanjutnya kamu buka File Explorer (Bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + E).  Jika sudah muncul tampilan File Explorer, pilih “Network“.
  • Akan tampil nama PC yang terhubung di jaringan. Pilih PC yang tadi sudah terhubung ke printer. Pastikan PC tersebut benar-benar terhubung ke printer.
Pilih PC yang Terhubung

Pilih PC yang Terhubung

  • Cara melihat PC yang terhubung ke printer adalah ketika kamu membuka file PC tersebut, akan nampak file beserta printer yang di-sharing. Klik kanan pada printer, kemudian kamu pilih “Connect“. Tunggu hingga proses connecting selesai.
Pilih Connect

Pilih Connect

  • Jika proses connecting selesai, maka kini kamu bisa menggunakan printer yang telah di-sharing tadi untuk mencetak berbagai macam dokumen.
Printer Berhasil Terhubung

Printer Berhasil Terhubung

Itulah cara sharing printer ke PC lain guys. Gimana? Gampang banget kan? Udah coba caranya belum? Atau ada masalah yang kamu hadapi?

BACA
10 Game Survival Multiplayer di Android 2018

Baca Juga: 6 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Smartphone dan PC

Ini PC atau printer-nya sih yang rusak? Kok, ‘Windows cannot connect to the printer’ terus dari tadi?

Wah, pasti kata-kata itu kan yang kamu lontarkan ketika mencoba menghubungkan cara Sharing Printer ke PC kamu namun terus-terusan gagal.

Windows cannot connect to the printer Error 0x00000002” itu salah satu masalah yang biasanya kamu alami ketika sedang mencoba mengakses printer yang sudah di-share.

Pasti kesel banget kan udah coba connect ke printer berkali-kali, tapi tetap tidak bisa terhubung juga.

Lantas bagaimana cara kamu untuk mengatasi masalah tersebut?

Tenang guys, kami juga mau kasih tau kamu cara mengatasi masalah yang sering terjadi salah satunya adalah PC yang tidak mau terhubung ke printer.

Baca Juga: Cara Bobol WiFi Lewat HP dan PC (Internetan Gratis Seumur Hidup!)

Cara Mengatasi PC Tidak Mau Terhubung ke Printer

Untuk mengatasi PC yang tidak mau terhubung ke printer, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Mula-mula, kamu klik menu “Start“, lalu ketikkan “Services“. Akan tampil menu Services, klik menu tersebut.
Buka Services

Buka Services

  • Saat tampilan Services keluar, kamu cari menu “Print Spooler“.
  • Klik 2 kali pada menu “Print Spooler“, maka akan tampil jendela pengaturan “Print Spooler“.
Cari Menu Print Spooler

Cari Menu Print Spooler

  • Pada bagian “Startup type“, pastikan memilih opsi “Automatic“. Selanjutnya lihat pada bagian “Service Status“, disitu tertera kata “Running“. Klik opsi “Stop” untuk memberhentikan proses Print Spooler.
Stop Print Spooler

Stop Print Spooler

  • Setelah beberapa saat, kamu bisa menekan tombol “Start” untuk menjalankannya kembali. Setelah itu kamu bisa menekan tombol “OK”.
Jalankan Kembali Print Spooler

Jalankan Kembali Print Spooler

Setelah melakukan langkah diatas, sekarang kamu bisa mencoba menghubungkan kembali PC tersebut ke printer yang sudah dibagikan.

Jika PC kamu masih belum bisa terhubung ke printer, mungkin PC kamu perlu menginstall driver printer tersebut agar bisa terkoneksi.

Itulah cara mengatasi PC yang tidak bisa terhubung ke printer. Jika ada masalah lain yang kamu temui ketika mencoba menghubungkan PC ke printer bisa ditulis di kolom komentar ya.

Kesimpulan

Itulah cara sharing printer agar bisa digunakan beramai-ramai. Gimana? Gampang banget ya guys caranya.

Selain lebih hemat biaya, menggunakan sharing printer juga mempermudah dalam beraktifitas kan. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Bonus: Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word

Mungkin kamu terbiasa print di satu halaman ya, namun ternyata kamu mendukung untuk merusak lingkungan loh.

Loh, kok bisa begitu?

Karena ketika kamu nge-print menggunakan satu halaman dan file yang kamu print tersebut banyak, akan membutuhkan kertas yang tidak sedikit pula.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kenapa kamu tidak mencoba ngeprint bolak-balik aja guys? Selain lebih hemat, tentunya mengurangi penggunaan kertas kan.

Kamu tau nggak cara print bolak-balik di Microsoft Word? Kalau belum tau, yuk cek caranya berikut ini.

  • Mula-mula kamu harus perhatikan bahwa printer kamu sudah mendukung fitur “Duplex“. Fitur Duplex ini memungkinkan kamu untuk bisa melakukan print secara bolak-balik.
Sudah Mendukung Fitur Duplex

Sudah Mendukung Fitur Duplex

  • Jika printer kamu sudah mendukung fitur Duplex, maka kamu tinggal melakukan print seperti biasa. Hanya saja ketika masuk ke pengaturan Printer, kamu pilih opsi “Print on Both Side“.
Otomatis Print

Otomatis Print

  • Maka hasil print kamu akan tercetak pada kedua sisi, baik sisi depan maupun sisi belakang.

Tentu itu merupakan cara yang otomatis ya guys. Lantas bagaimana jika printer kamu tidak memiliki fitur “Duplex”? Tenang, ada cara agar bisa print bolak-balik secara manual kok.

  • Langkah pertama yang harus lakukan adalah melakukan print dokumen seperti biasa.
  • Lalu pada saat masuk ke menu pengaturan Printer, kamu pilih opsi “Manually Print on Both Sides“. Jika sudah, lakukan print seperti biasa.
Manual Print

Manual Print

  • Setelah proses print selesai, printer akan meminta kamu untuk memasukkan kembali kertas yang sudah keluar. Sebelum memasukkan kertas tersebut, balik kertas untuk mencetak di bagian belakangnya.

Gimana guys? Agak ribet ya jika mencetak bolak-balik secara manual. Oleh sebab itu kami merekomendasikan kamu ketika ingin membeli printer, cari printer yang sudah mendukung fitur Duplex.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan print bolak-balik secara otomatis tanpa perlu memasukkan kembali kertas yang sudah di print.

Nah, dengan melakukan print bolak-balik, kamu dapat mengurangi penggunaan kertas secara berlebih serta mengurangi kerusakan lingkungan.

Kalau kamu mau lebih tau mengenai cara print bolak-balik, bisa langsung baca artikel Tips Pintar yang berjudul “Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word“.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top