Tech-Fun!

5 Dampak Buruk dari Penggunaan Software IDM Bajakan

Home / Tech-Fun! / 5 Dampak Buruk dari Penggunaan Software IDM Bajakan

resiko menggunakan Software IDM bajakan

Internet Download Manager atau biasa disebut IDM merupakan salah satu software yang berfungsi untuk mengunduh atau men-download data-data di internet dengan cepat. Contohnya seperti download video di YouTube.

Software IDM ini memiliki lisensi resmi yang artinya kamu harus membayar untuk mengaktifkan IDM dan menikmati layanannya. Tapi sayangnya, saat ini masih banyak pengguna komputer yang memanfaatkan software IDM yang bajakan.

Tapi, kamu tau nggak? Kalau menggunakan softaware IDM akan berakibat buruk untuk komputer kamu. Wah! Apa aja ya kira-kira?

Waspada! Ini Dampak Buruk Menggunakan Software IDM Bajakan

Oh iya, kalau kamu gak mau menggunakan IDM bajakan, kamu bisa membeli lisensi IDM di Raja Lisensi aja, di sana kamu bisa mendapatkan lisensi IDM dengan harga yang cukup terjangkau.

Tentunya engan menggunakan lisensi resmi, maka kamu tidak akan mengalami dampak buruk seperti berikut ini deh!

1. Komputer Beresiko Terserang Virus

Spyware

Virus Spyware

Dampak buruk yang pertama adalah komputer beresiko terserangnya virus. Apalagi seperti yang kita ketahui ada banyak jenis virus di komputer.

Contohnya ada Spyware, virus ini berisi file crack yang jika ter-install maka virus akan masuk ke dalam sistem komputer dan beberapa jenis virus berbahaya lainnya.

Selain itu, virus tersebut akan menjelajah sistem komputer dan kemungkinan besarnya adalah dapat mencuri data privasi kamu gaes.

Apalagi jika kamu menyimpan data yang berisi data bank. Duh! Udah deh mending install yang asli aja!

2. Menghabiskan Kuota Internet Terus Menerus

Pemberitahuan Sisa Kuota Internet

Pemberitahuan Sisa Kuota Internet

Dampak buruk yang kedua adalah dapat menghabiskan kuota secara cepat. Jika kamu meng-install software IDM yang bajakan dan men-download dari filehoster ini akan berakibat terkurasnya bandwidth secara terus menerus.

Hal inilah yang menyebabkan kuota internet kamu cepat habis. Bahkan walaupun kamu sudah mencoba menghemat kuota internet pun, maka tidak akan berhasil.

Selain itu, bisa saja kamu diblokir oleh filehoster tadi. Karena software IDM bajakan dimiliki oleh akun lain dan dapat mengancam keamanan dari bandwidth filehoster itu sendiri.

3. Komputer Akan Diganggu Pop-Up IDM

Pop Up Lisensi IDM

Pop Up Registrasi Software IDM

Dampak buruk yang ketiga adalah komputer kamu akan selalu diganggu pop-up registrasi dari software IDM itu sendiri. Pasti buat kamu yang pernah menggunakan IDM bajakan, pernah merasakan hal ini deh. Iya kaan??

Nah, hal itu terjadi lantaran software IDM juga sudah memiliki perlindungan supaya software-nya tidak bisa di-crack sembarang orang.

Jadi, setiap kamu memakai software IDM bajakan, maka komputer kamu akan terus muncul popu-up berupa:

“Download Manager has registered with fake serial number”

Nah, mengganggu banget nggak sih gaes? Yaudah, mending install software IDM yang asli aja deh atau bisa beli lisensinya di Raja Lisensi.

4. Sulit untuk Update Software IDM

Update Software IDM

Notifikasi Update Software IDM

Dampak buruk yang keempat adalah sulitnya kamu untuk mengupdate software IDM tersebut. Hal dikarenakan software yang kamu gunakan itu adalah software bajakan.

Jadi, ketika software sudah terdapat update versi terbaru, kamu tidak mendapatkan notifikasi. Nah, ini menjadi salah satu kendala yaa gaes.

Karena kamu harus mencari software beserta crack-nya di internet. Selanjutnya kamu harus install ulang lagi deh. Bahkan, kamu harus melakukan patch dan memasukkan serialnya terlebih dahulu.

Jika kamu tidak melakukan patch lang maka bisa saja, komputer kamu akan mengalami masalah. Salah satunya komputer restart sendiri, dimana hal tersebut terjadi karena adanya software yang terdapat bug.

5. Dikenakan Denda atau Pidana Penjara

Penjara

Ilustrasi Dipenjara

Dampak buruk yang kelima adalah kamu bisa saja dikenakan denda atau dipidana penjara loh gaes. Tau nggak gaes? Jika developer IDM bisa mengetahui setiap komputer yang menggunakan software IDM bajakan loh!

Nah, kalau kamu menggunakannya untuk hal-hal yang bisa merugikan orang lain, maka bisa saja kamu akan dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Sesuai dengan UU Pasal 72 ayat 3 yang berbunyi:

“Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dpat dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp500.000.000,- (Lima ratus juta rupiah)”.

Wah! Kamu gak mau kan dikurung di penjara paling mengerikan, cuma karena kamu menggunakan software IDM bajakan?? Kalau gamau yuk beli yang original 😀

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan bahaya menggunakan software IDM bajakan. Oh iya, share artikel ini ke sobat pintar lainnya ya, biar mereka tau kerugian menggunakan software bajakan juga.

Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top