Intermezzo

5 Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Home / Intermezzo / 5 Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Seperti yang terlihat pada film tentang kiamat, kalau saat kiamat akan terjadi becana alam yang besar sekali. Sehingga, manusia tidak bisa melarikan diri untuk menyelamatkan hidupnya. Kiamat dalam agama merupakan hari akhir yang dimana manusia akan dikumpulkan dan ditimbang amalnya.

Dan ditentukan masuk surga atau neraka. Terjadinya kiamat tidak ada yang tau, sekalipun orang tersebut merupakan orang yang punya indra keenam. Kiamat hanya diketahui oleh Tuhan saja. Tapi, manusia bisa memprediksinya dengan melihat fenomena alam.

Nah, berikut ini ada beberapa fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat. Jadi, langsung aja yuk disimak!

Bikin Merinding! Ini Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Banyak fenomena alam yang bikin takjub, tapi fenomena alam berikut ini justru akan menyebabkan kiamat. Ada apa aja sih fenomenanya? Makanya langsung disimak gaes!

1. Terjadinya Penyusutan Bulan

Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Terjadinya Penyusutan Bulan

Fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat pertama adalah terjadinya penyusutan bulan. Penelitian mengatakan kalau bulan merupakan satelit alami bumi yang sudah mengalami penyusutan karena disebabkan oleh Moonquake (Gempa yang terjadi di bulan).

Pergerakan lempengan pada bulan ini yang membuat bulan makin menyusut dari waktu ke waktu. Padahal bulan memiliki peranan penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Karena, tanpa adanya bulan bisa terjadi bencana alam yang besar dan juga berbahaya.

2. Lubang Hitam Supermasif Berada di Dekat Bumi

Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Lubang Hitam Supermasif Berada di Dekat Bumi

Fenomena alam yang bisa menyebabkan terjadinya kiamat kedua adalah adanya lubang hitam supermasif berada di dekat bumi. Kabarnya di luar angkas terdapat lubang hitam yang memiliki massa sebesar 40 miliar lebih besar dibandingkan matahari. Bahkan NASA pun sudah bisa mengambil potret lubang hitam tersebut.

Lubang hitam tersebut jaraknya memang berada di 700 juta tahun cahaya. Namun, jika lubang hitam supermasif ini mendekat ke bumi, maka lubang hitam ini akan berpotensi menarik apapun yang massanya lebih besar dibandingkan bumi. Fenomena ini memang masih menjadi salah satu bayangan kejadian paling aneh di luar manusia gaes.

3. Terjadi Tabrakan Antara Galaksi Bima Sakti dengan Andromeda

Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Terjadi Tabrakan Antara Galaksi Bima Sakti dengan Andromeda

Fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat ketiga adalah terjadi tabrakan antara galaksi bima sakti dengan Andromeda. Para ilmuwan berpendapat kalau suatu saat nanti galaksi bima sakti akan bertabrakan dengan galaksi Andromeda. Kedua galaksi ini memiliki bentuk yang hampir serupa.

Yaa, walaupun pendapat ini masih diprediksi akan terjadi 4 – 4,5 miliar tahun lagi. Namun, tidak sedikit membuat manusia khawatir. Makanya gak heran kalau para ilmuwan mulai membuat teknologi canggih di masa depan. Teknologi tersebut pun ada yang berfungsi untuk menghindari terjadi kecelakaan saat kedua galaksi tersebut bertabrakan.

4. Matahari yang Kehabisan Bahan Bakar

Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Matahari yang Kehabisan Bahan Bakar

Fenomena alam yang bisa menyebabkan terjadinya kiamat keempat adalah matahari yang mulai kehabisan bahan bakar. Sama dengan planet lainnya, ternyata matahari juga memiliki umur, suatu saat nanti matahari akan kehabisan bahan bakar yang diprediksi akan terjadi 5 miliar tahun lagi.

Agak sedikit mengerikan sekali ya! Karena kalau matahari kehabisan bahan bakar, maka ukuran matahari akan mengecil. Jadi, bisa saja matahari akan tertelan dengan planet-planet lain. Seperti cerita mitos tentang gerhana matahari yang ditelan oleh raksasa.

Padahal, matahari memiliki fungsi yang baik untuk kelangsungan hidup manusia. Jika tidak ada matahari, maka seluruh benua yang ada di bumi menjadi kota paling dingin di dunia. Karena, tidak adanya pemanas yang digunakan untuk menghangatkan bumi dan lain sebagainya.

5. Big Crunch

Fenomena Alam yang Bisa Menyebabkan Kiamat

Big Crunch

Fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat terakhir adalah Big Crunch. Big crunch ini merupakan fenomena lubang hitam yang memiliki massa bermiliar kali lebih besar dari matahari. Lubang hitam ini bisa menjadi masalah bagi keberlangsungan hidup manusia.

Jadi, fenomena ini akan menyebabkan dimana seluruh alam akan menjadi satu dan masuk ke dalam lubang hitam raksasa tersebut. Dengan begitu, tidak akan lagi kehidupan di galaksi bima sakti termasuk bumi.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai fenomena alam yang bisa menyebabkan kiamat ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya ?

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top