Intermezzo

5 Mitos Gerhana Matahari yang Pernah Dipercaya Orang

Mitos Gerhana Matahari

Ada banyak fenomena alam yang terjadi di bumi, bahkan fenomena yang terjadi pun bisa membuat beberapa orang menjadi takjub dan menjadi tidak masuk akal. Seperti halnya dengan fenomena yang tidak masuk akal yaitu hujan darah dan lain sebagainya. Tapi, kali ini ada fenomena yang terjadi karena adanya perubahan alam yaitu gerhana matahari.

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena dimana bulan berada di posisi antara bumi dan matahari. Sehingga posisi bulan menutupi matahari sebagian. Ada beragam gerhana matahari yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari campuran dan gerhana matahari sebagian.

Tapi, taukah kamu ternyata gerhana matahari ada mitosnya loh kenapa bisa terjadi. Nah, berikut ini beberapa mitos gerhana matahari yang pernah dipercaya orang!

Kamu Percaya dengan Mitos Gerhana Matahari Berikut Ini?

Mitos gerhana matahari berikut ini memang seperti mitos tanda orang akan meninggal dunia. Sebenarnya tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan logika manusia.

Jadi, langsung aja yuk disimak mitos gerhana matahari yang pernah dipercaya orang berikut ini.

1. Gerhana Terjadi Karena Dimakan Oleh Raksasa

Mitos Gerhana Matahari

Gerhana Terjadi Karena Dimakan Oleh Raksasa

Mitos gerhana matahari yang pertama adalah kalau gerhana matahari terjadi karena sedang dimakan oleh raksasa. Raksasa yang memakannya pun bernama Batara Kala. Berbeda dengan negara yang memiliki larangan menggunakan media sosial yaitu Vietnam, kalau gerhana matahari terjadi karena dimakan oleh katak raksasa.

Faktanya, tidak ada raksasa atau monster yang memakan matahari. Gerhana matahari terjadi karena bulan berada di diantara bumi dan matahari. Akibatnya matahari akan tertutup ole bulan dan menjadi hitam di bagian tengah dan menjadi gerhana matahari cincin. Karena, memang ukuran matahari lebih besar dibandingkan bulan.

2. Ketika Fenomena Gerhana Selesai, Harus Mengeluarkan Suara yang Bising

Mitos Gerhana Matahari

Ketika Fenomena Gerhana Selesai, Harus Mengeluarkan Suara yang Bising

Mitos gerhana matahari yang pernah dipercaya orang kedua adalah ketika fenomena gerhana matahari selesai, maka kita harus segera mengeluarkan suara bising. Dulu orang percaya kalau hal tersebut terjadi karena dimakan oleh raksasa, oleh sebab itu untuk mengembalikan matahari banyak penduduk yang mengeluarkan suara bising.

Suara bising ini bertujuan untuk membuat si raksasa kaget dan memuntahkan matahari. Namun, hal ini sepertinya tidak perlu dilakukan yaa karena memang bulan dan planet terus bergerak, makanya gak mungkin kalau raksasa memakan matahari.

3. Fenomena Gerhana Matahari Bisa Membuat Makanan Jadi Beracun

Mitos Gerhana Matahari

Fenomena Gerhana Matahari Bisa Membuat Makanan Jadi Beracun

Mitos gerhana matahari yang ketiga adalah fenomena gerhana matahari bisa  membuat makanan menjadi beracun. Kalau mitos ini dipercaya oleh negara yang paling macet di dunia yaitu India. Yups, penduduk India percaya dengan mitos makanan akan menjadi beracun ketika sedang gerhana matahari.

Makanan tersebut akan sangat berbahaya jika dimakan. Padahal faktanya, gerhana matahari tidak menghasilkan radiasi yang berbahaya seperti radiasi nuklir yang dibuat oleh manusia. Jadi, kamu gak perlu takut makan ketika sedang terjadi gerhana matahari.

4. Ibu Hamil Dilarang Keluar Saat Gerhana Matahari

Mitos Gerhana Matahari

Ibu Hamil Dilarang Keluar Saat Gerhana Matahari

Mitos gerhana matahari yang pernah dipercaya orang keempat adalah ibu hamil dilarang keluar saat sedang terjadinya gerhana matahari. Gak cuma itu aja, ibu yang sedang hamil dilarang makan loh.

Jika ternyata masih nekat melakukannya, maka si calon bayi akan lahir dengan fisik yang tidak sempurna atau bahkan keguguran. Padahal kalau dipikir-pikir ya, gerhana matahari tidak ada sangkut pautnya dengan kehamilan.

5. Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung Bisa Menyebabkan Kebutaan

Mitos Gerhana Matahari

Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung Bisa Menyebabkan Kebutaan

Mitos gerhana matahari yang terakhir adalah jika melihat gerhana matahari secara langsung bisa menyebabkan kebutaan. Sebenarnya kalau yang satu ini bisa dibilang mitos dan bisa juga tidak.

Karena, ketika memandang matahari secara langsung tanpa menggunakan kacamata bisa merusak kornea mata. Sama halnya kebutaan yang diakibatkan ketika menggunakan smartphone dengan jarak mata yang dekat dengan layarnya. Bisa akan merusak mata. Karena, memang pada dasarnya matahari memancarkan sinar UV dan radiasi sinar biru yang sama seperti layar gadget.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih mitos gerhana matahari yang pernah dipercaya orang-orang. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai mitos gerhana matahari ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih mitos gerhana matahari yang pernah dipercaya orang-orang. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai mitos gerhana matahari ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya ?

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top