Modal Tulisan Dapat Jutaan Rupiah, Ikuti Blogger Review Competition Sekarang Juga!
Tech-Fun!

5 Hal BURUK yang Terjadi Jika Smartphone Di-charge Semalaman

Di zaman yang serba canggih ini sudah pasti setiap kalangan usia memiliki alat komunikasi termasuk smartphone. Smartphone ini bisa digunakan sudah pasti karena adanya baterai yang menghidupkannya.

Baterai smartphone memang tidak bisa bertahan seharian penuh. Itulah sebabnya baterai smartphone harus di-charger untuk mengisinya. Tapi, kamu tau nggak kalau mencharger smartphone semalaman itu berbahaya? Apa aja ya kira-kira bahayanya? Yuk, langsung simak aja!

BACA
10 Hal Sepele yang Sebenarnya Bisa Merusak Smartphone

Hati-Hati! Jika Smartphone Di-charger Semalaman!

Nah, berikut ini adalah dampak yang akan terjadi jika kamu mencharger smartphone semalaman. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

1. Smartphone Mudah Overheat

Smartphone Panas

Smartphone Mudah Overheat

Hal buruk yang pertama adalah smartphone kamu akan mudah overheat atau cepat panas. Jika kamu sering mengalami masalah smartphone cepat panas, mungkin karena kamu sering kali mencharger semalaman.

Mengapa cepat panas, karena arus listrik yang diterima akan berlebihan. Jika kamu mengalami hal tersebut kamu bisa mencari tips mengatasi smartphone yang cepat panas gaes!

Jadi, mulai sekarang berhenti mencharger semalaman ya, kamu bisa melepaskan chargernya setelah penuh ya gaes!

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa HP Android Cepat Panas

2. Baterai Smartphone Jadi Bocor

Baterai Bocor

Baterai Smartphone Jadi Bocor

Hal buruk mencharger semalam yang kedua adalah baterai smartphone jadi bocor. Nah, buat kamu yang merasa baterai kamu cepat habis mungkin kamu selama ini mencharger semalaman penuh.

Mengapa? Karena, baterai smartphone akan memaksakan di kapasitas 100% sedangkan arus listrik terus masuk ke dalam baterai smartphone.

Inilah sebabnya mengapa baterai smartphone kamu lebih cepat habis, padahal kamu tidak menggunakannya secara berlebihan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor (100% Ampuh)

3. Memperpendek Umur Baterai Smartphone

Pendek Baterai Smartphone

Memperpendek Umur Baterai Smartphone

Hal buruk mencharger semalaman yang ketiga adalah memperpendek umur baterai smartphone kamu. Nah, berbeda dengan baterai smartphone yang cepat bocor.

Umur baterai yang pendek akan ini artinya baterai kamu benar-benar tidak berfungsi sama sekali. Padahal smartphone kamu bisa dibilang masih baru.

Mengapa begitu? Karena, baterai smartphone akan mengalami stress karena terus-terusan masuk arus listrik sedangkan kapasitasnya sudah mencukupi.

Jadi, kalau bisa mencharger smartphone jangan sampai semalaman dan usahakan ketika sudah 100% kamu melepaskan chargernya.

Baca Juga: 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis, No. 7 Paling Sering Dilakukan

4. Smartphone Bisa Mati Total

Smartphone Mati

Smartphone Bisa Mati Total

Hal buruk jika smartphone dicharger semalam keempat adalah smartphone kamua bisa mati total. Nah, buat kamu yang pernah mengalami smartphone mati sendiri, mungkin karena kamu mencharger smartphone semalaman penuh gaes!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baterai akan kelebihan muatan kapasitas ketika kamu menchargernya semalaman penuh.

Akibatnya komponen smartphone yang lain ikut berpengaruh atau rusak. Sehingga, smartphone kamu akan mengalami mati total.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Bootloop (100% Berhasil)

5. Meledaknya Smartphone

Smartphone Meledak

Meledaknya Smartphone

Hal buruk yang terjadi jika smartphone dicharger semalaman kelima adalah smartphone akan meledak. Nah, buat kamu yang masih melakukan kebiasaan ini, mending pikir-pikir lagi deh!

Saat kamu mencharger semalaman, maka si baterai akan berkurang efisiennya. Sehingga baterai memicu terjadinya kosleting dengan komponen smartphone yang lainnya.

Akibatnya smartphone kamu akan meledak saat sedang dicharger semalaman. Jangan sekali-kali kamu mencharger smartphone semalaman penuh ya gaes!

Baca Juga: 10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan dampak mencharger smartphone semalaman. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top