Intermezzo

Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Home / Intermezzo / Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Di era teknologi yang sangat maju ini sudah pasti ada campur tangan dari ilmuwan-ilmuwan hebat di dunia ya gaes. Para ilmuwan tentunya tidak akan merasa puas dengan apa yang sudah kita miliki sekarang, pastinya mereka akan menciptakan teknologi unik yang lebih canggih lagi.

Tapi, sebelum itu Kamu sudah tau belum kalau ada beberapa ilmuwan muslim paling hebat di dunia yang juga menemukan beberapa alat yang kita gunakan saat ini. Siapa aja? Yuk langsung aja disimak sampai habis!

Daftar Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Berikut beberapa Ilmuwan Muslim hebat yang perlu Kamu ketahui. Langsung disimak aja ya!

1. Abu Ali Muhammad al-Hasan

Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Abu Ali Muhammad al-Hasan

Abu Ali Muhammad Al-Hasan yang lebih dikenal dengan panggilan Ibnu Haitham menjadi salah satu tokoh Islam yang sangat berpengaruh di dunia teknologi. Ibnu merupakan seorang Ilmuwan Islam yang ahli dalam banyak bidang seperti sains, matematika, pengobatan, filsafat dan lain sebagaiannya.

Selain itu, Ibu Haitham juga menjadi seorang pencipta dari teknologi optik yang kini digunakan pada perangkat kamera. Teknologi temuannya ini menginspirasi Roger Bacon dan Kepler untuk menciptakan mikroskop dan teleskop gaes.

Gak cuma itu aja, Ibnu Haitham juga melakukan percobaan terhadap kaca yang dibakar dan dari situlah ditemukannya teori lensa pembesar.

Lebih hebatnya lagi, teori itu telah digunakan oleh para ilmuwan di Italia untuk menghasilkan kaca pembesar pertama di dunia.

Baca Juga : Masih Prediksi, 5 Tren Teknologi Muktahir di Tahun 2020

2. Abbas Bin Firnas

Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Abbas Bin Firnas

Abbas Bin Firnas yang biasa disebut dengan Abbas Abu Al-Qasim ini adalah seorang ilmuwan musil yang sangat cerdas. Abbas mampu memperalelkan satu cabang ilmu yang ia kuasai dan cabang ilmu lainnya.

Selain menjadi ilmuwan, Abbas juga merupakan seorang fisikawan, kimiawan, teknisi, penyiar bahasa Arab dan juga musisi Andalusia. Pada abad ke-9 Ia menciptakan alat terbang bersayap yang menyerupai burung dan Ia berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol.

Hal yang menarik dari cerita Abbas ini adalah Ia menemukan konsep pesawat terbang ini karena terinspirasi dari Surat Al-Mulk Ayat 19 loh gaes.

Baca Juga : 5 Binatang yang Jadi Inspirasi untuk Teknologi Canggih

3. Al Battani

Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Al Battani

Seorang ahli Astronomi dan ahli matematika dari Arab yan bernama Al Batanni ini cukup berpengaruh pada abad pertengahan berkat salah satu pencapaiannya yang paling terkenal yaitu penentuan Tahun dan Matahari.

Hasil penemuan Al Battani ini dianggap sangat akurat loh. Bahkan, keakuratan perhitungan ini membuat seorang matematikawan dari Jerman yang bernama Christopher Clavius menggunakannya untuk memperbaiki kalender Julian.

Ketertarikannya dibidang astronomi sudah diasa sejak Batanni masih kecil, ia juga dididik oleh ayahnya yang juga seorang ilmuwan Astronomi sehingga Al Batanni mampu menciptakan teknologi yang canggih.

4. Abdus Salam

Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Abdus Salam

Fisikawan asal Pakistan yang menganut aliran Muslim Ahmad Qadian ini berbeda dari ilmuwan-ilmuwan sebelumnya gaes.

Karena dianggap sebagai minoritas di negaranya sendiri, Abdus Salam tidak pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah meskipun Ia sudah berkontribusi luar biasa untuk mengembangkan teknologi di negaranya.

Tapi, walaupun begitu hal ini tidak membuat semangat Abdus Salam menjadi patah gaes. Ia akhirnya mendapatkan penghargaan paling bergensi dibidang sains. Berkat kontribusinya dalam pengembangan teori, Abdus Salam mendapatkan Penghargaan Nobel pada tahun 1979. Hal ini menjadikan Abdus Salam sebagai orang Islam pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Baca Juga : 5 Perusahaan Teknologi yang Berawal dari Garasi

5. Anousheh Ansari

Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Anousheh Ansari

Anousheh Ansari sukses mencuri perhatian publik setelah dinobatkan sebagai perempuan muslim pertama yang melakukan penerbangan ke luar angkasa.

Ia adalah seorang insinyur kelistrikan yang juga mendirikan perusahaan Teknologi Prodea Systems yang berfokus pada pengembangan internet. Selain menjadi pendiri dari Prodea System, Ansari juga merupakan CEO dari Telcom Technologies.

Dari serangkaian bisnis yang Ia lakukanlah yang membuat Ansari bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan dana pribadinya sendiri pada tanggal 18 September 2006 lalu. Sebelum keberangkatannya, Ansari menjalani persiapan selama enam bulan di Star City, Rusia. Persiapan tersebut meliputi latihan dalam kelas, simulasi, gravitasi nol, dan teknik bertahan hidup.

Itu dia gaes beberapa ilmuwan muslim hebat di dunia yang perlu Kamu ketahui. Bagaimana menurut Kamu gaes? Tulis pendapat Kamu di kolom komentar bawah ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top