Tech-Fun!

Wajib Tau! Ini 5 Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau ada beberapa negara dengan perkembangan teknologi paling pesat seperti China, Jepang, Korea dan lain sebagainya. Sayangnya, negera dengan mayoritas muslim belum termasuk salah satu negara atau ibu kota negara paling canggih tersebut.

Selain itu, Jepang juga membuat teknologi unik yang belum ada di negara lain. Padahal ada loh beberapa teknologi canggih yang ternyata diciptakan oleh orang muslim. Nah, buat kamu yang belum tau teknologi apa aja sih yang diciptakan oleh orang muslim, bisa langsung simak nih!

Kalian Wajib Tau! 5 Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Oh iya, teknologi canggih yang diciptakan orang muslim berikut ini bukan teknologi yang berbahaya jika disalahgunakan. Justru teknologi canggih ini terus berkembang kecanggihannya gaes!

1. Jam

Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Jam

Teknologi canggih yang diciptakan orang muslim pertama adalah Jam. Perlu kamu ketahui nih gaes, kalau teknologi jam ini pertama kali diciptakan oleh seorang muslim bernama Al-Jazari yang berasal dari Diyarbakir, Turki. Al-Jazari ini merupakan seorang yang sangat cerdas karena ia merupakan insiyur yang bisa membuat konsep mesin otomatis gitu gaes.

Pada tahun 1206 juga Al-Jazari telah membuat jam dari berbagai ukuran. Hingga kini teknologi jam sudah berkembang sampai ada smartwatch terbaik atau jam pintar yang terhubung dengan smartphone. Eits, tapi kamu jangan samakan smartwatch dengan smartband ya gaes. Karena, keduanya sangat berbeda!

2. Peralatan Bedah

Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Peralatan Bedah

Teknologi canggih yang diciptakan oleh orang muslim kedua adalah Peralatan Bedah. Dikutip dari buku ensiklopedia medis Al-Tadrif dengan judul “On Surgery” ini, bahwa Abul Qasim Khalaf Ibn Al-Abbad Al-Zahrawi ini yang menciptakan peralatan bedah.

Abul Qasim Khalaf Ibn Al-Abbad Al-Zahrawi ini menciptakan hampir lebih dari 200 alat bedah loh gaes. Bahkan hingga kini konsep alat bedah masih digunakan sampai saat ini loh gaes. Abul Qasim Khalaf Ibn Al-Abbad Al-Zahrawi juga berprofesi sebagai dokter spesialist pada masa abad ke 10. Wah, kalau sekarang sih profesi tersebut merupakan profesi dengan gaji paling menggiurkan ya gaes!

3. Kamera

Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Kamera

Teknologi canggih yang diciptakan orang muslim ketiga adalah Kamera. Sebenarnya gagasan pembuatan kamera ini pertama kali diciptakan oleh Ibn Al-Haitham loh gaes. Ia menciptakan revolusi optik untuk bisa mengambil subjek dalam eksperimennya.

Ibn Al-Haitham ini yakin bahwa penglihatan itu berasal dari cahaya yang memantulkan objek dam masuk ke dalam mata. Nah, Ibn Al-Haitham ini membuktikannya dengan menggunakan ruangan yang gelap serta lubang jarum dan selembar kertas putih.

Cahaya tersebut datang dari lubang jarum dan memantulkan gambar benda-benda yang terbalik ke arah kertas. Nah, dengan eksperimen itulah Ibn Al-Haitham menciptakan “Qamara” atau yang dikenal Kamera gaes. Hingga kini sudah banyak kamera yang tersedia seperti kamera action, kamera mirrorless dan kamera DSLR.

BACA
Wajib Coba! 5 Game yang Diadaptasi dari Film

4. Peta

Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Peta

Teknologi canggih yang diciptakan oleh orang muslim keempat adalah Peta. Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi maps ini berasal dari peta ya gaes. Nah, kamu tau nggak? Ternyata peta ini diciptakan oleh orang muslim. Karena pada abad ke 7 kaum muslim sudah berlayar menelusuri berbagai benua di bumi ini.

Hal ini disebabkan karena kaum muslim ingin menyebarkan agama Islam dan menjelajahi dunia juga. Jadi, kaum muslim ini berjalan-jalan sambil mengumpulkan pengetahuan tentang tempat yang dikunjugi. Kemudian pada abad ke 8 dibuatlah peta dalam bentuk kertas sebagai paduan perjalanan.

Hingga kini peta sudah tersedia dalam bentuk digital. Oh iya, peta dalam bentuk kertas serta aplikasi juga merupakan salah satu alat atau aplikasi yang wajib diinstall saat traveling. Karena, kita akan membutuhkan panduan perjalanan untuk arah.

5. Prototipe Pesawat Terbang

Teknologi Canggih yang Diciptakan Orang Muslim

Prototipe Pesawat Terbang

Teknologi canggih yang diciptakan orang muslim terakhir adalah Prototipe Pesawat Terbang. Pada abad ke 9 seorang muslim bernama Abbas Ibn Firnas ini pernah melakukan eksperimen untuk bisa membangun mesin terbang loh gaes. Bahkan kabarnya mesin tersebut benar-benar bisa terbang.

Abbas Ibn Firnas ini ternyata merancang alat yang bentuknya seperti sayap bahkan kalau diperhatikan mirip sekali dengan kostum burung. Oh iya, Abbas Ibn Firnas ini melakukan eksperimen prototipenya di Spanyol dan berhasil terbang sebelum ia terjatuh dan mematahkan tulang punggungnya.

Justru karena percobaan tersebutlah banyak insiyur yang terinspirasi seperti Leonardo da Vinci untuk membuat pesawat terbang. Hingga kini sudah banyak sekali jenis pesawat terbang yang bisa kamu nikmati layanannya. Bahkan sampai ada game pesawat simulator loh untuk merasakan sensasi menerbangkan pesawat terbang.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih teknologi canggih yang diciptakan orang muslim. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai daftar teknologi canggih yang diciptakan orang muslim ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih teknologi canggih yang diciptakan orang muslim ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar teknologi canggih yang diciptakan orang muslim ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top