Tips

Mengapa Kamu Perlu Menggunakan Aplikasi VPN? Ini Alasannya!

Menggunakan Aplikasi VPN

Jumlah pengguna Internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Orang – orang dapat menjelajah jaringan global ini. Tapi sayangnya, mereka semua tidak selalu melakukan ini dengan niat yang baik. Beberapa di antara mereka menyadap data orang lain di Internet untuk menggunakannya demi tujuan yang bisa menguntungkan diri mereka sendiri.

Karena hal inilah, baru-baru ini tren pemasangan software VPN di laptop, tablet, dan smartphone menjadi populer di kalangan pengguna gadget. Banyak orang khawatir bahwa informasi pribadi mereka tidak terlindungi dengan baik dan memang benar bahwa kekhawatiran tersebut ada alasannya. Kasus-kasus kebocoran informasi melalui pencurian data pengguna tidak jarang terjadi.

Bagaimana Pencurian Informasi Bisa Terjadi?

Menggunakan Aplikasi VPN

Bagaimana Pencurian Informasi Bisa Terjadi?

Untuk menyadap informasi, para penipu menggunakan sniffer – program dan alat untuk menyadap dan menganalisis lalu lintas data. Setelah menerima data, tidak ada yang mencegah pihak ketiga dari menarik uang dari rekening atau mengarahkan pengguna ke situs penipuan phishing.

Sebuah eksperimen dilakukan 2 tahun lalu oleh Avast, perusahaan yang mengembangkan software antivirus atau perusahan dalam bidang software keamanan informasi. Mereka membuktikan kalau data bisa saja disadap.

Adapun hasil eksperimen dari Avast sebagai berikut:

Hasil Eksperimen Avast:

Para spesialis dari Avast memasang 3 titik akses Wi-Fi palsu di dekat meja pendaftaran untuk pengunjung pameran IT di bandara. Mereka memberikan titik akses Wi-Fi ini nama yang tidak mencurigakan: Starbucks, Wi-Fi Gratis MWC, dan Wifi_Gratis_Bandara_AENA. Hampir 2000 orang tersambung ke titik akses ini dalam waktu 4 jam.

Dengan begitu, para ahli dapat menganalisis lalu lintas orang-orang yang tersambung, mengetahui kata sandi, login, dan data kartu bank mereka. Jika penyusup atau penjahat melakukan hal yang sama, banyak pengunjung pameran itu akan menjadi korban penipuan dan tidak akan pernah tahu siapa yang meretas rekening mereka dan menarik uang mereka.

Eksperimen serupa juga dilakukan kemudian oleh para jurnalis bersama dengan pakar dalam bidang keamanan informasi membuat akses point Wi-Fi palsu di berbagai mall, kafe, dan tempat umum lainnya.

Selain itu, nama-nama jaringan ini dibuat tidak begitu akrab di mata orang-orang, tapi mereka tetap menyambungkan perangkat mereka. Jangan pikir bahwa jika kamu tidak menggunakan Wi-Fi umum, hal itu akan melindungi data pribadi kamu dari kebocoran. Peretas berpengalaman bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang disimpan di PC kamu.

Informasi yang didapatkan pun bukan hanya kata sandi, alamat e-mail, pesan-pesan, dan akun media sosial. Semua file yang tersimpan di hard disk kamu, termasuk foto-foto pribadi, bisa mereka bisa dapatkan dengan mudah.

Lalu, Bagaimana Cara Menghindari Pencurian Data Tersebut?

Menggunakan Aplikasi VPN

Cara Menghindari Pencurian Data

Situasinya telah berubah dengan kemunculan anonymizer atau penyembunyi identitas dan menyebarnya teknologi koneksi server proxy. Namun demikian, metode-metode ini tidak bisa memberikan keamanan 100% bagi para penggunanya.

BACA
10 Emulator Android Terbaik 2018 untuk Windows

Anonymizer hanya dapat menyembunyikan pengguna di dalam jaringan, tapi tidak mengenkripsi data mereka. Karena itu, para penyerang masih memiliki akses kepada mereka. Server proxy seringkali mengirimkan alamat IP pengguna ke situs target, sehingga menghilangkan keamanan dan privasi di dalam jaringan Internet.

Semakin banyak pengguna yang mengakses Internet melalui VPN supaya tetap aman. Jaringan Private Virtual (VPN) menciptakan sambungan yang aman ke situs yang diminta. Semua data dikirimkan melalui “terowongan” yang aman melalui server VPN, sehingga menyembunyikan alamat IP dan mengenkripsi semua data mereka.

Solusinya Menggunakan VPN99 dan VPN Gratis Lainnya!

Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN99

Setiap cara perlindungan data di internet memiliki kelebihan dan kekurangannya. Supaya yakin 100% akan keamanan perangkat kamu, kamu harus memilih layanan yang tepat. Mungkin kamu berpikir bahwa VPN bisa tetap berfungsi, baik yang berbayar atau tidak.

Tapi jika kamu melihat lebih dalam, layanan yang sepenuhnya gratis sebenarnya tidak mungkin ada. Memelihara jaringan memerlukan sumber daya dan biaya. Selain itu, jika layanan tersebut tidak menerimanya dari para penggunanya, maka layanan tersebut menerimanya dari orang lain.

Sayangnya, banyak penyedia aplikasi VPN gratis menyimpan log kunjungan dan data para klien mereka, kemudian menjual data ini kepada pihak ketiga. Selain itu, karena begitu banyak orang yang ingin menggunakan layanan gratis. Kecepatannya dapat berkurang secara signifikan karena banyaknya jumlah koneksi ke satu server. Ternyata menggunakan VPN gratis itu juga tidak masuk akal.

Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN99

Tapi kita tidak perlu juga membayar layanan ini secara berlebihan. Solusi terbaiknya adalah layanan yang tidak menyimpan log sama sekali, yang memberikan akses ke semua konten (termasuk konten yang aksesnya diblokir di Indonesia) dan tidak memerlukan biaya berlangganan yang selangit.

Aplikasi VPN99 memiliki semuanya. Layanan ini menjamin anonimitas di dalam jaringan Internet, kerahasiaan informasi yang dikirimkan, dan perlindungan dari iklan-iklan yang mengganggu. VPN99 mengatur kerja server-servernya, mendistribusikan beban ke semua server-servernya, sehingga kecepatan tinggi pengiriman data tetap terjaga.

Layanan ini menggunakan kunci 2048-bit untuk enkripsi. Tingkat enkripsi ini sangat mencukupi, dan menjaga tingkat performa yang tinggi bahkan pada komputer, tablet, dan smartphone yang lebih tua.

Berselancar dengan aman di Internet itu mungkin dilakukan. Jangan takut untuk belanja online, menonton film, dan mengobrol di media sosial. Anda hanya perlu melindungi diri Anda dengan layanan VPN yang dapat diandalkan.

So, sekarang kamu sudah tau kan kalau penggunaan VPN yang aman juga diperlukan. Nah, jangan lupa ya untuk membagikan artikel ini ke sobat pintar lainnya.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top