Cryptocurrency

10 NFT Marketplace Terbaik di Indonesia dan Dunia

Home / Cryptocurrency / 10 NFT Marketplace Terbaik di Indonesia dan Dunia

NFT Marketplace

NFT Marketplace merupakan sebuah platform khusus yang menyediakan layanan jual beli berbagai aset digital NFT. Nah, kira-kira bagaimana sih cara kerja dari NFT marketplace ini?

So, pada kesempatan kali ini TipsPintar akan memberikan rangkuman terkait penjelasan NFT marketplace, cara kerja, serta daftar NFT marketplace terbaik yang dapat Kamu kunjungi.

Penasaran apa saja pembahasannya? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini!

Apa Itu NFT Marketplace?

Apa itu NFT Marketplace

Apa itu NFT Marketplace

NFT marketplace merupakan platform/tempat dimana NFT ditampilkan sekaligus diperjualbelikan. Simpelnya, NFT marketplace adalah sebuah pasar/situs NFT yang beroperasi seperti Amazon atau mungkin eBay untuk menjual maupun membeli berbagai barang, hanya saja platform ini berfokus pada produk-produk NFT.

NFT marketplace ini sendiri memungkinkan para kolektor digital untuk melakukan transaksi jual beli dan juga membuat token NFT mereka sendiri untuk merepresentasikan kepemilikan atas aset atau item unik baik dalam wujud fisik ataupun digital.

Perkembangan NFT Marketplace

Perkembangan NFT Marketplace

Perkembangan NFT Marketplace

Trendingnya NFT dalam dunia Cryptocurrency ini dimulai sejak terjadinya “Defi Summer” pada tahun 2020, atau yang dikenal sebagai periode Total Value Locked (TVL) dimana saat ini DeFi meningkat tajam dari ratusan juta dolar AS ke lebih dari 20 miliar dolar AS.

Hal tersebut juga ditandai dengan semakin banyaknya investor, pegiat crypto, hingga selebritas dunia yang ikut terlibat ke dalam perdagangan aset NFT ini. Bahkan dilansir dari Coinmarketcap, pasr NFT kini berhasil mencatat rekor penjualan sebesar lebih dari $2,5 miliar di sepanjang tahun 2021-2022.

Hal tersebutlah yang membuat NFT kini menjadi salah satu crypto yang paling berpengaruh di dunia.

NFT Marketplace Terbaik

Berbicara perihal NFT, maka Kamu juga harus mengenal media atau platform yang sering digunakan untuk jual beli NFT. Platform tersebut biasanya dikenal dengan nama NFT marketplace.

Nah, berikut ini beberapa situs/platform NFT terbaik yang banyak digunakan.

1. OpenSea

OpenSea

OpenSea

NFT marketplace yang pertama yaitu OpenSea. Marketplace ini didirikan pada tahun 2017 oleh Devin Finzer dan Alex Atallah di New York, Amerika Serikat.

Melalui platform OpenSea ini, Kamu bisa membuat NFT gratis dan juga melakukan transaksi pembelian/lelang secara langsung. Tertulis dalam buku “NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual & Regulasi” disebutkan bahwa OpenSea merupakan marketplace NFT yang bisa digunakan sebagai pemasok produk digital dan koleksi langka.

Di Indonesia sendiri, platform ini semakin dikenal setelah adanya berita viral dari Ghozali Everyday yang berhasil menjual NFT-nya di platform ini dengan hanya yang terbilang tinggi.

Dampak dari berita viral tersebut membuat banyak kolektor-kolektor baru berdatangan untuk membuat akun OpenSea NFT, seperti kalangan artis, bahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun ikut turut dalam membuat akun OpenSea ini.

Kunjungi OpenSea di sini.

2. Axie Marketplace

Axie Marketplace

Axie Marketplace

Axie Marketplace ini merupakan toko online yang digunakan untuk membeli video game Axie Infinity. Di dalam marketplace ini, Kamu pemain dapat membeli Axies baru, tanah, dan juga item unik lainnya sebagai NFT yang digunakan pada game tersebut.

Token Axie Infinity atau yang biasa disebut dengan Axie Shards ini dibangun pada basis blockchain Ethereum, sehingga para pengguna bisa membeli sekaligus menjual di berbagai pasar NFT lainnya dan di beberapa tempat pertukaran mata uang kripto seperti Coinbase Global.

Kunjungi Axie Marketplace di sini.

3. Larva Labs/CryptoPunks

Larva Labs

Larva Labs

Di urutan selanjutnya, ada Larva Labs. Yaps, platform ini mulai terkenal setelah mengeluarkan proyek CryptoPunks. Awalnya, mereka memberikan proyek tersebut secara gratis, namun saat ini CryptoPunks tersebut sudah terjual hingga jutaan dolar!

Bukan hanya itu, Larva Labs juga memiliki proyek karya seni digital lain dan proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain ethereum.

Kunjungi Larva Labs di sini.

4. NBA Top Shot Marketplace

NBA Top Shot

NBA Top Shot

NBA Top Shot atau yang bisa dikenal dengan National Basketball Association dan Women’s National Basketball Association ini juga turut serta dalam perkembangan NFT ini.

Yaps, perannya sebagai salah satu platform NFT marketplace ini terbilang cukup besar dimana siapapun bisa membeli koleksi yang berkesan, serta berbagai karya seni digital lainnya dari liga basket ternama itu.

NBA sendiri sebenarnya membangun sebagai pasar tertutup, yang berartinya Kamu hanya bisa menjual dan membeli item-item tersebut di NBA Top Shot Marketplace. Untuk bertransaksi di platform ini, Kamu harus menggunakan blockchain Flow yang dibuat oleh Dapper Labs.

Kunjungi NBA Top Shot Marketplace di sini.

5. Tokocrypto

Tokocrypto

Tokocrypto

Tokocrypto menjadi salah satu dari NFT marketplace terbaik yang dapat Kamu andalkan sebagai tempat jual-beli NFT ataupun aset digital lainnya.

Platform ini sendiri sudah ada sejak tahun 2017 lalu, yang diciptakan oleh Pang Xue Kai dengan bantuan dari sekumpulan developer yang ingin mengembangkan dunia kripto di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan kripto sendiri juga semakin meningkat dengan pesat, ditambah lagi dengan munculnya istilah-istilah baru seperti aset Non-fungible Token (NFT) yang tersebar luas ke berbagai industri, seperti kesenian, musik, hingga games.

So, dari hal tersebut membuat Tokocrypto berinovasi untuk menciptakan marketplace khusus NFT bernama Tokomall pada tahun 2022 ini.

Yaps, bisa dibilang Tokomall ini adalah marketplace NFT pertama di Indonesia yang memposisikan dirinya sebagai pasar seni virtual nomor satu bagi para seniman di Tanah Air.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya, sebab Tokocrypto ini menjanjikan transaksi yang aman karena sudah ada izin dari BAPPEBTI dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019 dan juga terdaftar di KOMINFO.

Bukan hanya itu, aset kripto yang diperjualbelikan ini juga telah terdaftar di BAPPEBTI sehingga terjamin legalitasnya.

Akan tetapi, untuk menghindari kemungkinan terjadinya peretasan ataupun penipuan dalam aplikasi ini, Tokocrypto mewajibkan para penggunanya untuk menggunakan Two Factor SMS dan juga Google Authenticator sebagai perlindungan ganda.

Kunjungi Tokocrypto di sini.

6. Binance

Binance

Binance

Selanjutnya ada Binance sebagai NFT marketplace terbaik yang dapat Kamu coba kunjungi. Platform ini tidak jauh berbeda dengan platform lain seperti OpenSea ataupun Tokocrypto.

Binance ini sama-sama menjadi salah satu platform populer untuk melakukan transaksi jual beli NFT.

Cara melakukan pembeliannya pun tidak jauh berbeda dengan cara pembelian NFT di OpenSea. Kamu harus mempunyai akun Binance dan wallet untuk bisa melakukan transaksi.

Nah, jika Kamu sudah menyelesaikan pembuatan akun dan pembelian koin kripto, Kamu bisa mulai melakukan pembelian NFT sesuai dengan keinginanmu.

Kunjungi Binance di sini.

7. Rarible

Rarible

Rarible

NFT marketplace terbaik selanjutnya adalah Rarible. Yaps, digadang-gadang memiliki cara kerja yang hampir sama dengan OpenSea, Rarible ini merupakan open market yang demokratis sehingga memungkinkan para seniman ataupun pembuat konten untuk mengeluarkan serta menjual NFT di sini.

Rarible juga mengeluarkan token yang bernama RARI. Nah, token ini membuat pemenangnya bisa mempertimbangkan fitur seperti biaya dan juga aturan komunitas. Walaupun dari cara kerja ini mirip dengan OpenSea, namun Rarible ternyata memiliki fitur pengguna yang berbeda dengan OpenSea.

Kunjungi Rarible di sini.

8. SuperRare

SuperRare

SuperRare

Masih berbicara seputar pasar seniman digital, kali ini ada SuperRare yang menjadi salah satu platform terbaik untuk melakukan transaksi jual-beli NFT. Dalam platform ini, tersedia berbagai karya seni mulai dari video, hingga gambar 3D.

Nah, bagi Kamu yang ingin membeli karya-karya seni tersebut, Kamu harus menggunakan Ethereum sebagai mata uangnya.

SuperRare ini juga telah memiliki token sendiri dengan nama yang sama. Token tersebut bisa digunakan untuk menemukan dan mengumpulkan bakat baru di platform yang mereka miliki.

Kunjungi SuperRare di sini.

9. Foundation

Foundation

Foundation

Selanjutnya ada Platform Foundation. Yaps, platform ini dibuat dengan cara yang terbilang sederhana, dengan menggunakan Ethereum sebagai mata uang dalam melakukan transaksi jual beli NFT nya.

Sejak peluncurannya pada awal tahun 2021, NFT yang terjual di platform ini sudah lebih dari $100 juta.

Nah, bagi pengguna yang ingin membeli NFT harus mempunyai dompet kripto yang didanai dengan Ethereum. Tapi sebagai catatan, platform ini kurang direkomendasikan bagi Kamu yang terbilang masih pemula di bidang NFT ini ya.

Kunjungi Foundation di sini.

10. Nifty Gateway

Nifty Gateway

Nifty Gateway

Terakhir, ada Nifty Gateway yang merupakan marketplace NFT yang sudah banyak digunakan oleh seniman digital populer untuk menjual karyanya.

Nah, sebagai contoh. Ada beberapa seniman digital yang sudah menjual karyanya ke dalam platform ini, yaitu Beeoke dan Grimes.

Kunjungi Nifty Gatewat di sini.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai NFT marketplace mulai dari penjelasan, sedikit gambaran tentang perjalanan NFT, dan juga 10 platform NFT marketplace terbaik yang dapat Kamu andalkan jika ingin melakukan transaksi jual beli NFT.

So, semoga pembahasan kali ini dapat menjadi manfaat ya bagi Kamu.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman, ataupun kerabat mu ya, supaya mereka yang ingin mencoba tren ini tidak kebingungan lagi dalam melakukan pembelian NFT.

Dan kalau Kamu punya kritik atau pun saran untuk pembahasan menarik selanjutnya, Kamu bisa langsung tulis di kolom komentar ini ya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top