Tech-Fun!

10 Tips Agar Kamu Mahir Mengetik dengan 10 Jari

10 Tips Agar Kamu Mahir Mengetik dengan 10 Jari 5

Setiap orang pasti ingin atau bisa mengetik dengan 10 jari. Karena bisa mempercepat dalam mengetik baik itu tugas, skripsi maupun tugas kantor kamu.

Selain itu, kamu akan terlihat seperti seorang profesional dalam menggunakan maupun mengetik. Untuk itu, TipsPintar.com sudah menyiapkan tips-tips agar jago dalam mengetik dengan 10 jari.

[irp posts=”18434″ name=”Jika Tidak Ingin Buta, Jangan Pakai Smartphone Seperti Ini!”]

Berikut, Tips Mengetik dengan 10 Jari

Mengetik dengan 10 jari memiliki daya tarik sendiri. Seperti terlihat begitu profesional maupun terlihat lebih keren. Nah, buat kamu yang pengen jago, simak artikel ini baik-baik yuk.

1. Sering Melakukan Latihan

Latihan Mengetik

Latihan Mengetik

Tips yang pertama adalah sering melakukan latihan. Dengan melakukan latihan secara rutin atau sering. Kamu akan handal dalam melakukan mengetik dengan 10 jari.

Karena, kamu akan dengan sendirinya akan menghafal letak atau posisi dari setiap huruf maupun alfabet. Wah hal ini cukup membantu kamu yang ingin jago mengetik dengan 10 jari.

Baca Juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik Keyboard

2. Latihan Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Tanpa Melihat Keyboard

Tanpa Melihat Keyboard

Tips yang selanjutnya adalah mencoba mengetik tanpa melihat keyboard. Kamu harus melakukan tips yang satu ini deh. Walau akan terdapat kata-kata yang typo.

Tapi kamu akan mengetahui letak dari kesalahan kamu. Seorang yang sudah mahir pasti tidak akan melihat keyboard lagi. Karena, dia sudah mengetahui letak posisi dari huruf keyboard.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

3. Latihan Mengetik dengan Batas Waktu

Seberapa Lama Bertahan

Latihan dengan Batas Waktu

Tips yang selanjutnya adalah mencoba mengetik dengan batas waktu. Selain kamu harus menghafal dari setiap letak maupun posisi dari setiap huruf.

Dengan latihan mengetik dengan batas waktu. Kamu akan terbiasa mengetik dengan cepat. Hal ini sangat membantu ketik kamu ingin mengejar waktu dalam mengerjakan tugas baik itu kantor maupun kuliah.

Baca Juga: 10 Aplikasi Keyboard Lengkap dengan Emoji Terbaik di Android

4. Latihan Mengetik dengan Mata Tertutup

Menutup Mata

Menutup Mata

Tips yang selanjutnya adalah latihan mengetik dengan mata tertutup. Sama halnya dengan mengetik dengan menutup keyboard. Tapi, tips yang ini cukup sulit.

Karena, kamu harus betul-betul menghafal posisi maupun letak dari setiap huruf maupun alfabet. Jika kamu sudah bisa, kamu akan sangat mahir dalam mengetik dengan 10 jari.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Keyboard QWERTY, Kenapa Gak Sesuai Alfabet?

5. Latihan Mengetik dan Mengulang Kata per Kata

Mengetik Kata per Kata

Mengetik Kata per Kata

Tips yang selanjutnya adalah latihan mengetik dan mengulang kata per kata. Selain harus menghafal setiap huruf kamu juga harus jago mengetik kata per kata.

Soalnya, mengetik itu biasanya kata per kata. Jika kamu sudah sering mengulang dan mengetik dari kata per kata. Kamu akan dengan cepat mengetik kata tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Bersihkan Keyboard Komputer dari Kuman dan Bakteri

6. Melenturkan Jari

Melenturkan Jari

Melenturkan Jari

Tips yang selanjutnya adalah melenturkan jari. Jika jari kamu kamu, sebaiknya dilenturkan terlebih dahulu. Untuk bisa atau mahir mengetik dengan 10 hari.

Kamu harus memilik jari yang lentur. Jika jari kamu kaku, maka akan susah untuk berpindah ke huruf lain. Hal tersebut dapat mengganggu kamu ketika ingin mengetik dengan mahir dan cepat.

Baca Juga: 10 Keyboard Gaming Terbaik Harga di Bawah 100 Ribuan

7. Melatih Kombinasi Jari

Melatih Kombinasi Hero

Melatih Kombinasi Hero

Tips yang selanjutnya adalah melatih kombinasi jari kamu. Memang setiap jari memiliki fungsi untuk menekan tombol huruf atau alfabet yang tertentu.

Tapi itu tidak harus berpatok itu saja. Kamu juga bisa menggunakan jari lain untuk mencoba mengetik atau menekan tombol keyboard yang lain ya soabt pintar.

8. Latihan dari Bermain Game

Game Type Shark

Game Type Shark

Tips yang selanjutnya adalah latihan dari bermain game. Banyak game yang bisa kamu mainkan untuk melakukan latihan untuk mahir dalam mengetik 10 jari.

Kamu bisa bermain game Type Shark. Game ini kamu harus mengetik kata dengan cepat, jika tidak kamu akan diserang oleh hiu tersebut. Game ini cukup seru dan kamu bisa download secara gratis.

9. Latihan dari Situs

10FastFinger.com

10FastFinger.com

Tips yang selanjutnya adalah latihan dari situs. Banyak situs yang menyediakan tempat latihan untuk mengetik dengan cepat dan pastinya kamu akan jago.

Salah satunya adalah situs 10FastFinger.com. Ketika kamu membuka situs tersebut, kamu akan diharuskan mengetik kata perkata dengan benar dan cepat.

Karena ada batas waktu yang telah tersediakan. Ketika sudah berakhir kamu akan mendapatkan total dari kata per menit kamu. Ini bisa menjadi acuan kamu untuk jago mengetik

10. Menghafal Letak Huruf

10 Tips Agar Kamu Mahir Mengetik dengan 10 Jari 6

Menghafal Huruf

Tips yang terakhir adalah menghafal letak huruf. Setiap orang yang sudah mahir, pasti sudah menghafal dari posisi atau letak huruf maupun alfabet di keyboard.

Dengan menghafal letak dari huruf. Kamu akan sangat jago alias mahir dalam mengetik dengan menggunakan 10 jari loh. Wah kamu harus menghafal letak huruf tersebut ya.

Berikut Cara Menghafal Letak Huruf:

Tangan Kanan:

  • Jari Jempol: Spasi dan ALT
  • Jari Telunjuk: JHMNUY8*, 7 dan &
  • Jari Tengah: K, , , < dan I
  • Jari Manis: L, ., >, O, 9 dan (
  • Jari Kelingking: ;: , ENTER/?SHIFTWINDOWSCTRLP[, {]}\|0)_=+BACKSPACE

Tangan Kiri:

  • Jari Jempol: Spasi dan ALT
  • Jari Telunjuk: F, G, V, B, R, T, 5, %, 6 dan ^
  • Jari Tengah: D, C, E, 4 dan $
  • Jari Manis: S, X, W, 2, @, 3 dan #
  • Jari Kelingking: A, Q, Capslock, Z, Shift, Windows, CTRL, Tab, 1, !, ` dan ~

Nah, itu dia 10 Tips Agar Kamu Mahir Mengetik dengan 10 Jari. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top