Uncategorized

7 Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Home / Uncategorized / 7 Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Nyeri sendi pada lutut, paha, dan pinggul biasanya sering sekali dialami oleh orang dewasa. Biasanya rasa nyeri ini disebabkan oleh berbagai macam penyebab, mulai dari radang sendi hingga cedera akibat olahraga.

Nyeri sendi di pinggul ini juga yang bisa membuat kamu menjadi tidak nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Karena pinggul merupakan sendi yang menjadi tempat terhubungnya 2 tulang, yaitu tulang paha dan tulang panggul.

Cara mengobati nyeri sendi di pinggul juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari konsumsi obat pereda nyeri hingga operasi pinggul. Namun, hal ini semua tidak dapat dilakukan secara asal-asalan.

Kebiasaan sepele yang bisa berbahaya bagi kesehatan tersebut bisa berakibat fatal untuk penderita suatu saat nanti. Maka dari itu, kali ini kami akan membahas apa saja penyebab dan gimana cara mengatasi nyeri sendi di pinggul berikut ini!

Gejala Nyeri Sendi Pinggul

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Gejala Nyeri Sendi Pinggul

Sama seperti nyeri sendi di tangan, gejala nyeri sendi di pinggul yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja rasa sakitnya. Rasa nyeri yang tiba-tiba muncul pun perlu kamu perhatikan.

Nyeri sendi dapat dibedakan mulai dari yang kronis hingga yang paling parah. Hal ini agar rasa nyeri tersebut dapat diatasi dengan cara yang tepat dan benar nantinya.

Umumnya gejala nyeri sendi pada pinggul, yakni nyeri seperti tertekan pada bagian pinggul, kram, daerah pinggul bengkak dan kemerahan. Bahkan bisa sampai terasa sakit saat kamu bergerak apabila kondisi nyeri tersebut semakin parah.

Penyebab Nyeri Sendi di Pinggul

Sama seperti penyebab nyeri otot di paha, penyebab nyeri sendi di pinggul cukup bervariasi, mulai dari cedera karena olahraga, patah tulang, kram saat haid, hingga penyakit tertentu.

Oleh sebab itu, berikut beberapa penyebab nyeri sendi pinggul yang umum terjadi dari usia muda maupun tua.

1. Radang Sendi atau Arthritis

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Radang Sendi atau Arthritis

Di mana rasa sakit pada pinggul ini disebabkan oleh radang sendi. Radang sendi biasa terjadi pada usia dewasa yang tulangnya sudah rentan, serta orang-orang yang memiliki aktivitas fisik berat dalam kehidupan sehari-hari.

2. Patah Tulang

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Patah Tulang

Masalah ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada pinggul yang terjadi pada usia lansia atau orang yang memiliki resiko patah tulang. Patah tulang membutuhkan penangan medis secepatnya.

3. Pembengkakan atau Bursitis

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Pembengkakan atau Bursitis

Ini terjadi ketika bursa yang menjadi bantalan sendi di dekat sendi panggul meradang. Sehingga terjadilah pembengkakan yang membuat kamu nyeri pinggul.

4. Kram Saat Menstruasi

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Kram Saat Menstruasi

Hal ini umum terjadi setiap bulan pada wanita yang sedang mengalami peningkatan produksi prostaglandin dan akan merasakan nyeri haid. Itulah yang membuat otot-otot rahim berkontraksi hingga menimbulkan kram maupun nyeri pinggul.

5. Radang Usus Buntu

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Radang Usus Buntu

Penyakit yang satu ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri di sekitar pinggul sebelah kanan kamu. Gak cuma itu, kamu juga akan merasakan sakit perut yang hebat pada bagian kanan perut bagian bawah.

Gini Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Pinggul

Dalam mengatasi nyeri sendi di pinggul tidak dapat sembarang dilakukan, kamu perlu ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Karena untuk mengobati rasa nyeri tersebut tergantung pada penyebabnya.

Berikut cara mengatasi nyeri sendi di pinggul yang bisa kamu lakukan, mulai dari mandiri hingga dengan bantuan dokter ahli.

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri dapat mengatasi rasa nyeri di pinggul. Namun, untuk penggunaan obat pereda nyeri tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus tanpa resep dari dokter.

Maka dari itu, apabila kamu telah mengkonsumsi obat pereda nyeri tapi tak kunjung sembuh, segera konsultasi ke dokter terdekat ya. Cara ini juga efektif untuk mengatasi jari tangan bengkak dan sakit.

2. Kompres Pinggul yang Terasa Nyeri

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Kompres Pinggul yang Terasa Nyeri

Melakukan kompres pada pinggul yang nyeri mampu membantu meredakan pembengkakan, serta meminimalisir aliran darah ke pinggul akibat cedera. Kamu dapat mengkompres dingin atau hangat di daerah pinggul yang terasa nyeri.

Langkah ini juga dapat mengurangi tekanan yang berat pada pinggul akibat terlalu sering menjadi tumpuan benda berat saat berkegiatan. Cara ini juga kerap digunakan untuk menangani tangan yang keseleo.

3. Hentikan Aktivitas Fisik

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Hentikan Aktivitas Fisik

Menghentikan aktivitas fisik sementara dapat membantu penyembuhan pada nyeri sendi pada pinggul. Nyeri sendi biasanya terjadi karena aktivitas fisik yang kamu lakukan setiap hari terlalu berat, hingga menimbulkan tekanan pada pinggul.

Selain itu, terlalu lama duduk saat bekerja di kantoran juga dapat menyebabkan nyeri pinggul. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk sesekali menghentikan aktivitas terlebih yang mengandalkan kekuatan fisik kamu.

4. Lakukan Hidup Sehat

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Lakukan Hidup Sehat

Dengan melakukan hidup sehat dapat mengatasi serta mencegah kamu dari nyeri sendi. Kamu dapat melakukan olahraga rutin yang sesuai dengan kemampuan tubuh agar sendi pada otot lebih terbiasa dengan tekanan berat.

Selain itu, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat juga dapat membantu pencegahan maupun proses pemulihan pada pinggul yang mengalami cedera. Nah, kamu bisa nih olahraga di rumah menggunakan alat olahraga rumahan.

5. Terapi untuk Nyeri Pinggul

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Terapi Untuk Nyeri Pinggul

Untuk mengatasi nyeri sendi di pinggul lainnya kamu dapat melakukan terapi. Cara ini umumnya digunakan pada mereka yang mengalami masalah struktural pada tulang dan radang sendi.

Terdapat banyak macam terapi yang bisa kamu lakukan, mulai dari terapi fisik hingga terapi alternatif. Pastikan kamu memilih terapi yang memiliki review bagus dimana sudah banyak pasien yang sembuh.

6. Periksa ke Dokter Ahli

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Periksa ke Dokter Ahli

Jika kamu sering merasakan nyeri sendi di bagian pinggul dan tak kunjung sembuh rasa sakitnya, maka kamu perlu memeriksanya lebih lanjut ke dokter.

Dokter ahli akan memeriksa dan mencari tahu penyebab nyeri pada pinggul kamu. Kemudian, dokter akan melakukan tindakan sesuai dengan kondisi rasa sakit yang kamu rasakan.

Apabila kamu tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke rumah sakit, kamu dapat melakukan konsultasi ke dokter melalui aplikasi kesehatan secara online.

7. Operasi Pinggul

Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Sendi di Pinggul

Operasi Pinggul

Operasi pinggul menjadi tindakan terakhir untuk mengatasi nyeri sendi yang kamu alami. Hal ini dapat dilakukan apabila kondisi kamu semakin parah dan tidak kunjung hilang rasa nyeri seiring berjalannya waktu.

Pada cara ini biasanya dilakukan untuk operasi patah tulang pinggul dan masalah struktural tulang dengan memperbaikinya. Tentunya cara ini menjadi cara terakhir jika obat dari dokter tidak sembuh dan ada indikasi patah tulang pinggul ya!

So, itulah beberapa cara mengatasi rasa nyeri otot di pinggul yang bisa kamu lakukan. Nah, kamu sudah pernah coba cara menghilangkan nyeri otot pada pinggul yang mana aja nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top