Intermezzo

5 Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan yang Wajib Diketahui

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Seperti yang kita ketahui, kalau Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan salah satu daratan yang terletak di ujung bumi. Keduanya memang sama-sama merupakan wilayah yang diselimuti oleh es dan salju, makanya akan sangat dingin sekali jika kita berkunjung ke sana.

Walaupun Kutub Utara dan Selatan, belum termasuk tempat untuk melihat rasi bintang paling indah, namun kenyataannya saat malam bintang-bintang di Kutub ini sangat bagus sekali. Karena, memang wilayah tersebut bebas polusi.

Oh iya, perlu kamu ketahui ternyata keduanya berbeda loh gaes. Nah, berikut ini perbedaan antara Kutub Utara dan Selatan yang wajib kamu ketahui!

Banyak yang Gak Tau! Ini Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Ternyata untuk mengunjungi Kutub Utara dan Selatan pun kamu harus mengarungi laut paling seram loh gaes, karena memang letaknya berada di ujung bumi.

Eits, tapi kita nggak akan membahas itu ya! Kali ini kita hanya akan membahas perbedaan antara Kutub Utara dan Kutub Selatan. Jadi, simak baik-baik ya!

1. Kutub Selatan Lebih Dingin Dibandingkan Kutub Utara

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Kutub Selatan Lebih Dingin Dibandingkan Kutub Utara

Perbedaan antara Kutub Utara dan Selatan yang pertama adalah kalau Kutub Selatan ternyata lebih dingin dibandingkan Kutub Utara. Walaupun keduanya sama-sama merupakan wilayah yang diselimuti salju dan es ternyata suhu dingin di Kutub Selatan bisa mencapai -49°C loh.

Sedangkan, Kutub Utara suhu dinginnya paling tinggi mencapai -34°C. Akan tetapi, karena adanya pemanasan global membuat beberapa kutub es di kedua wilayah ini mencair, makanya gak heran kalau nanti banyak Negara yang terancam tenggelam, karena meluapnya air laut.

2. Penguin dan Beruang Kutub Tidak Berada di Kutub yang Sama

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Penguin dan Beruang Kutub Tidak Berada di Kutub yang Sama

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang kedua adalah kalau ternyata penguin dan beruang kutub tidak berada di kutub yang sama. Mungkin selama ini kita melihat di tayangan di televisi kalau beruang kutub dan penguin berada di kutub yang sama.

Bahkan sampai ada yang menggambarkan kalau beruang dan penguin merupakan persahabatan hewan yang lucu. Ternyata faktanya kalau penguin itu tinggal berada di Kutub Selatan. Sedangkan, beruang kutub tinggal di Kutub Utara. Jadi, keduanya memang tidak bersahabat sebenarnya gaes.

BACA
Bikin Betah! Ini 5 Konsep Bioskop Paling Unik di Dunia

3. Kutub Utara Memiliki Penduduk dan Kutub Selatan Tidak Terdapat Penduduk

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Kutub Utara Memiliki Penduduk dan Kutub Selatan Tidak Terdapat Penduduk

Perbedaan antara Kutub Utara dan Selatan yang ketiga adalah Kutub Utara ternyata memiliki wilayah yang terdapat penduduk. Sedangkan, Kutub Selatan tidak memiliki wilayah yang bisa dihuni oleh penduduk.

Perlu kamu ketahui, ternyata penduduk di Kutub Utara tercatat terdapat 4 juta penduduk. Walaupun begitu, mereka tinggal di wilayah Arktik. Selain itu, Kutub Selatan wilayahnya hanya digunakan sebagai penelitian aja.

Namun, penelitian yang dilakukan di Kutub Selatan ini pun termasuk salah satu pekerjaan paling beresiko karena memang suhunya lebih dingin dibandingkan Kutub Utara.

4. Pengelolaan Minyak pada Kutub Berbeda

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Pengelolaan Minyak pada Kutub Berbeda

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang keempat adalah pengelolaan minyak pada kedua Kutub tersebut berbeda. Seperti yang yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau di Kutub Selatan tidak terdapat penduduk dan minyak yang terdapat di Kutub tersebut hanya digunakan sebagai penelitian.

Sedangkan, minyak di Kutub Utara dikelolah oleh 2 negara yaitu Russia dan Amerika Serikat. Karena, memang minyak di Kutub Utara berlimpah, makanya gak heran kalau profesi pertambangan minyak termasuk salah satu profesi dengan gaji menggiurkan.

5. Daratan Antara Kutub Utara dan Selatan Tidak Sama

Perbedaan Antara Kutub Utara dan Selatan

Daratan Antara Kutub Utara dan Selatan Tidak Sama

Perbedaan antara Kutub Utara dan Selatan yang terakhir adalah daratan wilayah di Kutub Utara dan Kutub Selatan berbeda. Walaupun kedua Kutub tersebut diselimuti es dan salju, ternyata wilayah di Kutub Utara terbentuk karena lautan yang membeku. Sedangkan, wilayah di Kutub Selatan terbentuk karena memang ditutupi oleh salju.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih perbedaan antara kutub Utara dan Selatan. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai perbedaan antara kutub Utara dan Selatan ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih perbedaan antara kutub Utara dan Selatan. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai perbedaan antara kutub Utara dan Selatan ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top