Intermezzo

Akibat Global Warming! Ini 5 Negara yang Terancam Tenggelam

Negara yang Terancam Tenggelam

Banyakan tempat yang dihapus dari peta dunia adalah kota atau pulau yang sudah mati, mungkin tempat tersebut menjadi mati karena sudah tidak berpenghuni. Penyebabnya beragam, ada yang karena bekas terpaparnya radiasi nuklir dan lain sebagainya. Bahkan ada juga tempat yang mati karena sudah tidak layak ditinggali.

Contohnya seperti pulau yang dihuni oleh hantu dan ada juga pulau yang sudah tenggelam. Mungkin karena adanya pemanasan global yang menyebabkan permukaan air laut tinggi, sehingga pulau kecil pun tenggelam. Nah, kabar lainnya ada yang memprediksi beberapa negara akan terancam tenggelam juga pulaunya.

Nah, berikut ini beberapa negara yang terancam tenggelam pulaunya. Jadi, langsung disimak yuk!

Dunia Makin Tua! Ini Negara yang Terancam Tenggelam Pulaunya

Jika terus dibiarkan pemanasan global negara berikut ini akan kehilangan sebagian daerahnya gaes. Pasti kamu penasaran kan ada negara apa aja? Yaudah, langsung simak aja yuk!

1. Bangladesh

Negara yang Terancam Tenggelam

Negara Bangladesh

Negara yang terancam tenggelam yang pertama adalah Bangladesh. Negara yang memiliki nama resmi Republik Rakyat Bangladesh ini merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Selatan dan berbatasan langsung dengan negara India, Myanmar serta Teluk Benggala. Seperti yang kita ketahui, kalau negara Bangladesh termasuk salah satu negara yang memblokir aplikasi populer.

Nggak cuma itu aja, negara Bangladesh pun dijuluki “Ground Zero for Climate Change“. Negara ini pun paling berasa sekali loh perubahan iklimnya. Bahkan saking parahnya, banyak masyarakat di pesisir yang sudah bisa ditangani masalahnya sehingga seiring berjalannya waktu bisa saja pulau di negara ini tenggelam.

2. Tuvalu

Negara yang Terancam Tenggelam

Negara Tuvalu

Negara yang terancam tenggelam pulaunya yang kedua adalah Tuvalu. Negara ini memang tidak begitu populer. Karena, negara ini memang dulunya merupakan Kepulauan Ellice. Negara Tuvalu pun terletak di antara Australia dan Hawaii dan berada di Samudra Pasifik.

Negara Tuvalu ini memiliki 9 pulau dan 2 pulau di antara sudah terancam tenggelam karena naiknya permukaan air laut dan erosi. Bahkan tinggi daratan negara ini pun sudah berkurang. Walaupun tidak ada kejadian aneh di negara ini, nampaknya hujan yang menimpa negara ini memang akan mengancam pulaunya tenggelam gaes. Kesian ya gaes!

3. Filipina

Negara yang Terancam Tenggelam

Negara Filipina

Negara yang terancam tenggelam yang ketiga adalah Filipina. Negara yang memiliki nama resmi Republik Filipina ini merupakan negara yang terdapat di Asia Tenggara dan langsung bertetangga dengan Indonesia serta Malaysia. Filipina juga sama seperti Indonesia, ia merupakan negara kepulauan yang terdapat 7.641 pulau.

BACA
Trik Rahasia! Cara Membuat Profil WhatsApp Bergerak (Tanpa Root)

Sayangnya, negara ini pun terancam tenggelam beberapa pulaunya. Nah, salah satu yang akan kena dampaknya terlebih dulu adalah masyarakat pesisir. Apalagi di negara ini terdapat gunung berapi yang sangat berbahaya di dunia yang sewaktu-waktu bisa meletus dan bisa berdampak untuk alamnya termasuk daratan dan lautannya.

4. Papua Nugini

Negara yang Terancam Tenggelam

Negara Papua Nugini

Negara yang terancam tenggelam pulaunya yang keempat adalah Papua Nugini. Papua Nugini memiliki nama lain yaitu Papua Guinea Baru. Negara yang terletak di bagian Timur Pulau Papu ini berbatasan langsung dengan Papua Barat dan juga Benua Australia. Seperti yang kita ketahui juga kalau Papua Nugini termasuk negara dengan paket internet termahal di dunia.

Selain itu, salah satu kepulauan yang terletak di Papua Nugini yaitu Kepulauan Carteret mengalami dampak pemanasan global. Karena, di pulau ini kenaikan permukaan air lautnya bisa mengancam pulau lain tenggelam. Untungnya, masyarat di Papua Nugini berinisiatif menanam mangrove untuk menahan ombak.

5. Kiribati

Negara yang Terancam Tenggelam

Negara Kiribati

Negara yang terancam tenggelam yang terakhir adalah Kiribati. Negara yang memiliki nama resmi Republik Kiribati ini merupakan negara kepulauan yang letaknya berada di Samudra Pasifik. Negara ini pun hanya memiliki 32 pulau dan sisanya langsung berbatasan dengan laut. Untungnya, laut di Kiribati bukan merupakan laut yang seram seperti di Indonesia.

Kabarnya banyak ilmuwan yang memprediksi kalau 32 pulau di Kiribati akan terancam tenggelam di 50 tahun kedepan. Karena, memang permukaan laut yang semakin lama semakin tinggi. Mungkin hal ini disebabkan mencairnya kutub utara dan selatan ya gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih negara yang terancam tenggelam pulaunya. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai daftar negara yang terancam tenggelam pulaunya ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih negara yang terancam tenggelam pulaunya. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar negara yang terancam tenggelam pulaunya ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top