Tech-Fun!

15 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya

Home / Tech-Fun! / 15 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya

Baru lulus SMK/SMA atau Universitas? Tentunya kamu akan berpikiran untuk melamar pekerjaan ya. Tidak hanya secara langsung, kamu juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan surat lamaran.

Pastikan kamu membuat surat lamaran semenarik mungkin agar mudah diterima oleh pihak perusahaan. Jika diterima, selanjutnya kamu akan diundang untuk menjalani sesi interview.

Ada banyak pertanyaan interview yang akan diberikan ke kamu. Bahkan jika kamu melamar di perusahaan multinasional, tidak heran kamu akan di interview menggunakan bahasa Inggris.

Bingung gimana menjawab pertanyaan yang diberikan? Tenang saja, kali ini kami akan memberikan contoh pertanyaan interview bahasa Inggris beserta jawabannya serta translate-nya gaes. So, simak baik-baik ya!

Beberapa Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris!

1. Please Introduce Yourself Briefly

Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan Diri

Pertanyaan satu ini merupakan yang paling dasar dilontarkan oleh HRD ketika mewawancarai kamu dalam bahasa Inggris.

Artinya sangat sederhana, dia meminta kamu untuk memperkenalkan diri secara singkat. Namun, kamu jangan sepelekan pertanyaan ini.

Karena biasanya HRD akan melihat bagaimana kamu membawa diri dalam melakukan perkenalan dengan baik dan benar. Jangan terlalu bertele-tele ketika menjawab pertanyaan ini.

Jawab secara singkat, atau kamu bisa menambahkan sedikit keterampilan kamu di bidang yang akan kamu lamar.

Untuk menjawabnya, kamu bisa mengikuti contoh berikut ini:

My name is Farhan Zachari, but you can call me Farhan. I am twenty four years old. I’m graduated from University of Indonesia, majoring in Systems Information. My daily activity right now is writing on my personal blog. I am always interested about technology and consider myself as a creative person.

Translate: Nama saya Farhan Zachari, tapi anda bisa memanggil saya Farhan. Umur saya 24 tahun. Saya lulusan Universitas Indonesia, jurusan Sistem Informasi. Aktivitas harian saya saat ini adalah menulis di blog pribadi saya. Saya selalu tertarik dengan teknologi dan menganggap diri saya sebagai orang yang kreatif.

2. What Position Are You Applying for, and Why Do You Interested to Apply for That Position?

Posisi Apa yang Kamu Inginkan

Posisi Apa yang Kamu Inginkan

Setelah memperkenalkan diri, biasanya kamu akan ditanya ‘posisi apa yang kamu lamar, dan kenapa kamu tertarik melamar posisi tersebut?’.

Pertanyaan tersebut guna memancing apakah kamu serius dalam bidang yang kamu lamar atau hanya sekedar main-main saja.

Untuk menjawabnya, kamu dengan yakin harus memberi tahu posisi yang akan kamu lamar dan alasan kuat kamu menginginkan posisi tersebut.

Ada pun contoh menjawab pertanyaan tersebut seperti berikut ini:

I’m want to apply for Video Editor position. I am interested in Video Editors because I have an editing education background, and I want to explore what I got from education through that position.

Translate: Saya ingin melamar posisi Editor Video. Saya tertarik dengan Editor Video karena saya memiliki latar belakang pendidikan editing, dan saya ingin mengeksplorasi apa yang saya dapatkan dari pendidikan melalui posisi itu.

3. Why did You Leave Your Previous Job?

Kenapa Meninggalkan Pekerjaan yang Lama

Kenapa Meninggalkan Pekerjaan yang Lama

Ketika mendapat pertanyaan ini, ada baiknya kamu menjawabnya dengan santai. Karena si pewawancara akan melihat bagaimana sikap kamu terhadap suatu pekerjaan.

Tips menjawab pertanyaan ini adalah dengan tidak menjelek-jelekkan pekerjaan, bos, atau kantor kamu bekerja sebelumnya. Jawablah dengan pemikiran kedepan, seperti:

“Honestly, the previous job was very interesting. It’s just that I want to have more challenges and new experiences.”

Translate: Jujur, pekerjaan sebelumnya sangat menarik. Hanya saja saya ingin memiliki lebih banyak tantangan dan pengalaman baru.

4. When do You Feel Satisfied with Your Work?

Kapan Kamu Merasa Puas

Kapan Kamu Merasa Puas

Ketika melakukan interview, biasanya pertanyaan ini akan selalu ditanyakan. Perusahaan akan menolak orang yang mudah puas dalam melakukan suatu pekerjaan.

Untuk menjawabnya, kamu harus memastikan ke pewawancara  kalau kamu merupakan orang yang tidak mudah puas dalam suatu pekerjaan, dan ingin melakukan hal yang lebih.

Contoh jawabannya seperti:

I’m not a person who is easily satisfied. But if I assume that I can finish the job correctly and on time, it might be a special satisfaction for me.

Translate: Saya bukan orang yang mudah puas. Tetapi jika saya berasumsi bahwa saya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan tepat waktu, itu mungkin menjadi kepuasan khusus bagi saya.

5. What Strength do You Have? Can You Mention 3 of Them?

Apa Kelebihan Kamu

Apa Kelebihan Kamu

Selanjutnya kamu harus menjelaskan kelebihan yang kamu miliki. Jangan terlalu ‘over’ dalam menjelaskannya, nanti si pewawancara mengiranya sombong.

Tapi jangan pula direndah-rendahkan, karena bisa saja dikira terlalu merendah diri. Jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat dan jujur tanpa dilebih-lebihkan.

Contoh dialog :

I consider creativity, my desire to continue learning, and my friendly personality is my strength.

Translate: Saya menganggap kreativitas, keinginan saya untuk terus belajar, dan kepribadian ramah adalah kekuatan saya.

6. And What Your Weaknesses?

Apa Kelemahan Kamu

Apa Kelemahan Kamu

Tidak lengkap jika si pewawancara tidak menanyakan kelemahan kamu. Disini kamu tinggal menjawab pertanyaan dengan jujur tanpa harus melebih-lebihkan.

Karena biasanya si Pewawancara bisa tau apakah diri kamu merupakan orang yang mudah menyerah dengan melihat gerak-gerik dan bahasa tubuh.

Contoh jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah:

My weakness is, I am a person who easily loses focus if there are too many distractions, and I am a person who is easily bored if there are no new challenges.

Translate: Kelemahan saya adalah, saya adalah orang yang mudah kehilangan fokus jika terlalu banyak gangguan, dan saya adalah orang yang mudah bosan jika tidak ada tantangan baru.

7. Why Should We Hire You?

Mengapa Saya Harus Mempekerjakan Kamu

Mengapa Saya Harus Mempekerjakan Kamu

Ini merupakan pertanyaan yang sangat menjebak gaes. Pertanyaan ini diajukan oleh si pewawancara untuk meyakinkan apakah kamu benar-benar serius ingin bekerja di perusahaannya atau tidak.

Tips menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjawabnya dengan tegas dan tanpa ragu-ragu. Berikan alasan yang kuat agar si pewawancara mau menerima kamu.

Contoh jawaban yang tepat:

I believe that I am the right person to fill that position. With the experience and talent I have, I am sure that I can give the best to the company through that position.

BACA
10 Tips Ampuh Agar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Translate: Saya percaya bahwa saya orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Dengan pengalaman dan bakat yang saya miliki, saya yakin bahwa saya dapat memberikan yang terbaik kepada perusahaan melalui posisi itu.

8. Can You Work With a Team and Under Pressure?

Apa Kamu Bisa Bekerja Dibawah Tekanan

Apa Kamu Bisa Bekerja Dibawah Tekanan

Pertanyaan selanjutnya akan mengenai pekerjaan kamu nantinya di perusahaan tersebut. Apakah kamu bisa bekerja bersama tim dan dibawah tekanan atau tidak.

Tentunya pertanyaan tersebut dilontarkan karena menyangkut pekerjaan yang tentunya akan berhadapan dengan tekanan suatu masalah.

Oleh sebab itu, kemampuan kamu dalam menjaga emosi dan ketenangan akan diuji melalui pertanyaan tersebut.

Contoh jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan itu adalah:

Yes, I can. To work as a team, I like to do it together, because it makes work easier. And for pressure, maybe that is a natural thing when faced with a problem, but it won’t bother me if I can stay calm and focus.

Translate: Ya saya bisa. Untuk bekerja sebagai tim, saya suka melakukannya bersama, karena itu membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Dan untuk tekanan, mungkin itu hal yang wajar ketika menghadapi masalah, tetapi itu tidak akan mengganggu saya jika saya bisa tetap tenang dan fokus.

9. Do You Have a Strategy for Our Company in the Future?

Apakah Kamu Punya Ide Untuk Perusahaan

Apakah Kamu Punya Ide Untuk Perusahaan

Untuk mengetahui pola pikir kamu dalam mengembangkan suatu usaha, pewawancara biasanya akan mengajukan pertanyaan ini.

Jangan ragu-ragu untuk menjawabnya, apalagi sampai menjawab ‘Tidak ada’. Jika kamu memiliki ide yang bagus, coba jelaskan ketika diberikan pertanyaan ini.

Contoh jawaban yang baik untuk menjawab pertanyaan ini:

I have some good ideas that can encourage this company, one of which is promoting it through social media or cooperating with other companies.

Translate: Saya memiliki beberapa ide bagus yang dapat mendorong perusahaan ini, salah satunya adalah mempromosikannya melalui media sosial atau bekerja sama dengan perusahaan lain.

10. How Much Salary do You Want?

Berapa Gaji yang Kamu Inginkan

Berapa Gaji yang Kamu Inginkan

Tips persoalan gaji yang ditanyakan ketika wawancara adalah dengan menjawabnya dengan memberikan nominal yang tidak terlalu tinggi, tapi masih berada di atas standar pemerintah, disertai dengan iming-iming ‘kerja keras dulu baru naik gaji’.

Contoh jawaban yang tepat adalah:

“I hope my salary is three million rupiah per month. I realize, I have to prove a lot of things to this company. If I work well in the next few months, I’m sure my salary will adjust.”

Translate: Saya berharap gaji saya tiga juta rupiah per bulan. Saya sadar, saya harus membuktikan banyak hal kepada perusahaan ini. Jika saya bekerja dengan baik dalam beberapa bulan ke depan, saya yakin gaji saya akan menyesuaikan.

11. What Are You Goals?

Apakah Kamu Punya Tujuan Hidup

Apakah Kamu Punya Tujuan Hidup

Pertanyaan ini mengacu pada tujuan hidup kamu. Pertanyaan ini tentu sangat penting bagi suatu instansi karena mereka membutuhkan pekerja yang memiliki tujuan hidup yang jelas.

Tips menjawab pertanyaan ini adalah dengan singkat dan jelas, tapi jangan sampai membawa ranah pribadi seperti ‘memiliki anak’ atau apapun.

Contoh jawaban yang tepat adalah”

My goal is to become a better person and professional as well as beneficial for others.

Translate: Tujuan saya adalah menjadi orang yang lebih baik dan profesional serta bermanfaat bagi orang lain.

12. What do You Know About This Company?

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan

Ketika melamar pekerjaan di suatu instansi, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu instansi tempat kamu melamar itu.

Karena instansi tersebut tidak akan mau mempekerjakan orang yang tidak tahu melamar di perusahaan apa dan dibidang apa perusahaan tersebut bergerak.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kamu bisa kepo-in terlebih dahulu profil dari perusahaan yang kamu lamar.

Contoh jawaban yang baik dan benar untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah:

I know enough about this company. Your company is a Media Company, and is quite famous there.

Translate: Saya cukup tahu tentang perusahaan ini. Perusahaan Anda adalah perusahaan media, dan cukup terkenal di sana.

13. Do You Have an Ambition in Life That You Want to Achieve?

Apa Kamu Punya Ambisi

Apa Kamu Punya Ambisi

Pertanyaan ini sebenarnya hanya mengetes apakah kamu merupakan orang yang memiliki ambisius atau tidak. Pastikan jawaban kamu relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Contoh jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan diatas adalah:

I have a lot of ambition in life that I want to achieve. But now, my ambition is to get this job, because I believe this work is right for me.”

Translate: Saya memiliki banyak ambisi dalam hidup yang ingin saya capai. Tetapi sekarang, ambisi saya adalah untuk mendapatkan pekerjaan ini, karena saya percaya pekerjaan ini tepat untuk saya.

14. Do You Have Work Experience in This Position Before?

Apa Kamu Punya Pengalaman Kerja

Apa Kamu Punya Pengalaman Kerja

Pertanyaan yang satu ini memiliki tujuan yaitu melihat pengalamanmu di posisi yang kamu lamar tersebut.

Perusahaan tentunya akan mengutamakan mereka yang mempunyai banyak pengalaman kerja dan sudah lama berkecimpung dalam dunia kerja.

Tips untuk menjawabnya adalah dengan jujur. Jika kamu belum memiliki pengalaman, ya bilang saja belum memiliki, tapi kamu harus iming-imingi dengan janji akan terus belajar sampai bisa.

Contoh jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan adalah:

I have quite a lot of experience in video editors. My video editing results have been circulating on my own YouTube channel.

Translate: Saya memiliki cukup banyak pengalaman dalam Editor Video. Hasil pengeditan video saya telah beredar di channel YouTube saya sendiri.

15. Any question?

Ada Pertanyaan

Ada Pertanyaan

Biasanya pertanyaan ini dilontarkan menjelang akhir wawancara. Pastikan kamu memberikan pertanyaan ke pihak instansi ya.

Karena si pewawancara ingin melihat seberapa besar keingintahuan kamu mengenai pekerjaan atau instansi tempat kamu bekerja nanti.

Kamu bisa menjawabnya dengan melontarkan pertanyaan seperti:

If accepted, what should I do for the first time?

Translate: Jika diterima, apa yang harus saya lakukan untuk pertama kalinya?

Nah, itulah beberapa pertanyaan interview bahasa inggris dan jawabannya. Jangan lupa share ke teman kamu yang mau interview ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top