Tech-Fun!

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!)

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 4

Di zaman yang serba canggih ini ternyata pendidikan tinggi bukanlah jaminan untuk kamu mendapatkan pekerjaan secara langsung dan cepat ya gaes. Pada kenyataannya skill (kemampuan) yang akan mempermudah kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

Tapi, walaupun begitu jangan patah semangat yaa gaes untuk terus mencari pekerjaan yang halal. Nah, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan jangan sampai kamu kena tipu ya. Lantas, bagaimana ya cara mengetahui modus penipuan lowongan pekerjaan? Kalau belum tau, langsung simak aja gaes!

BACA
7 Modus Penipuan Online Shop yang Wajib Kamu Ketahui

Hati-Hati! Ini Tips Hindari Lowongan Kerja Penipuan!

Nah, kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara membedakan lowongan kerja asli dan bukan penipuan. Jadi, simak baik-baik ya gaes..

1. Pastikan Perusahaan Tersebut Memang Ada

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 5

Pastikan Perusahaan Tersebut Memang Ada

Tips menghindari modus penipuan yang pertama adalah dengan memastikan bahwa perusahaan yang kamu lamar memang ada. Hal ini penting banget gaes, karena modus penipuan biasanya menggunakan nama perusahaan dengan ngasal.

Nah, kamu bisa memanfaatkan internet atau bisa mengunjungi situs JobPlanet untuk me-review perushaan yang hendak kamu lamar. Apakah perusahaan yang kamu lamar tersebut memang ada atau tidak. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari modus penipuan.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Part Time yang Paling Cocok untuk Anak Kuliahan

2. Hindari Panggilan Interview yang Menggunakan Email Gratis

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 6

Penipu Biasanya Menggunakan Email Gratis

Tips hindari modus penipuan lamaran kerja yang kedua adalah dengan menghindari panggilan interview yang menggunakan email gratis. Perlu kamu ketahui gaes, biasanya perusahaan akan menggunakan email resmi untuk melakukan panggilan interview.

Nah, jika sewaktu-waktu kamu mendapatkan panggilan yang menggunakan email gratis, kamu harus waspada gaes. Biasanya email gratis tersebut seperti GMail, Yahoo, outlook dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Mencari dan Melamar Pekerjaan Lewat LINE

3. Menghindari Panggilan Interview Melalui SMS

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 7

Panggilan Interview Melalui SMS

Tips menghindari modus penipuan lowongan kerja yang ketiga adalah dengan menghindari panggilan interview melalui SMS. Sama halnya dengan panggilan interview melalui email gratis.

Panggilan interview yang haya melalui SMS terkesan seperti penipuan. Karena, biasanya perusahaan memiliki cukup modal lebih untuk menghubungi kamu melalui saluran telepon gaes. Jadi, tetap waspada ya!

Baca Juga: 10 Tips Ampuh Agar Cepat Kerja Setelah Lulus Kuliah

4. Hindari Jika Diiming-imingi Gaji Besar

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 8

Diiming-imingi Gaji Besar

Tips menghindari modus penipuan kerja yang keempat adalah dengan menghindari lowongan pekerjaan yang diiming-imingi gaji besar. Apalagi jika kamu seorang fresh graduate dan tidak memiliki skill apapun, tidak mungkin perusahaan kamu menggaji kamu dengan sangat besar.

Kecuali jika kamu memang sudah memiliki banyak pengalaman gaes. Perusahaan akan berani membayar gaji kamu dengan sangat besar. Jadi, tetap waspada dengan iming-iming gaji besar ya gaes!

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Agar Diterima Bekerja di Google!

5. Hindari Jika Diiming-imingi Jabatan Tinggi

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 9

Diiming-imingi Jabatan Tinggi

Tips menghindari modus penipuan kerja yang kelima adalah dengan menghindari lowongan pekerjaan jika diiming-imingi jabatan tinggi. Sama halnya dengan gaji gaes, nggak ada pekerjaan yang menawarkan kamu jabatan tertinggi jika kamu seorang fresh graduate.

Karena, biasanya semua jabatan tinggi biasanya dimulai dari pekerjaan rendah terlebih dahulu gaes. Jadi, perlu diwaspadai jika kamu langsung diiming-imingi jabatan tinggi.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Kamu untuk Sukses

6. Waspada! Jika Disuruh Membayar di Awal Kerja

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 10

Disuruh Membayar di Awal Kerja

Tips menghindari modus penipuan pekerjaan yang keenam adalah dengan waspada jika disuruh membayar di awal kerja. Perlu kamu ketahui semua perusahaan yang benar tidak akan memungut biaya untuk menerima karyawan baru.

Nah, jika kamu menemukan pekerjaan yang harus membayar di awal kerja, lebih baik kamu mencari pekerjaan yang lain saja gaes. Karena, masih banyak perusahaan lain yang tidak memungut biaya di awal gaes!

Baca Juga: Lulusan IT Tapi Gak Jago Coding? Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Untukmu

7. Hindari yang Menahanan Ijazah

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 11

Adanya Penahanan Ijazah

Tips menghindari modus lowongan pekerjaan penipuan yang ketujuh adalah dengan mengindari perusahaan yang menahan ijazah. Walaupun memang ada beberapa perusahaan yang memang menahan ijazah, tapi lebih baik kamu mencari perusahaan yang lain aja gaes!

Hal ini bertujuan agar kamu tidak mudah tertipu gaes. Bisa saja kan gaes, ijazah kamu dijual atau digadaikan perusahaan tersebut atau digunakan hal buruk lainnya. Jadi, lebih baik cari perusahaan yang tidak menahan ijazah.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan Pekerjaannya

8. Waspada! Jika Alamat Perusahaan Tidak Jelas

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 12

Alamat Perusahaan Tidak Jelas

Tips menghindari lowongan kerja bermodus penipuan yang kedelapan adalah dengan waspada jika alamat perusahaan tidak jelas. Hal ini juga penting banget gaes, karena perusahaan yang benar akan memberikan identitasnya secara benar dan juga jelas.

Nah, jika kamu merasa bahwa perusahaan yang kamu lamar alamatnya tidak jelas lebih baik kamu cari perusahaan yang lain saja gaes. Karena, hal ini untuk menghindari kamu terkena penipuan.

Baca Juga: 10 Skill yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Sukses di Tahun 2018

9. Hindari Jika Harus Membayar Medical Check Up

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 13

Harus Membayar Medical Check Up

Tips hindari lowongan pekerjaan yang bermodus penipuan yang kesembilan adalah dengan menghindari lowongan pekerjaan jika kamu harus membayar medical check up. Hal ini hampir serupa dengan point ke 6 yaitu perusahaan yang benar tidak akan menyuruh kamu untuk membayar medical check up.

Biasanya perusahaan yang benar menyuruh kamu untuk memberikan surat keterangan kesehatan yang dokumennya dari kamu sendiri atau dari puskesmas setempat. Jadi, hindari perusahaan yang seperti ini ya gaes!

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Tidak Akan Tergantikan oleh Teknologi

10. Jangan Mau Jika Dijanjikan Kerja Sesuai Domisili

10 Tips Menghindari Lowongan Kerja Bermodus Penipuan (Wajib Tau!) 14

Dijanjikan Kerja Sesuai Domisili

Tips menghindari penipuan lowongan kerja yang kesepuluh adalah jangan mau jika kamu dijanjikan pekerjaan yang sesuai dengan domisili. Nah, ini juga merupakan salah satu hal terpenting gaes!

Karena, untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai domisili itu tidak mudah dan juga tidak semua perusahaan yang memiliki cabang di banyak domisili. Jadi, jangan mudah tergiur yaa gaes dengan modus ini!

Baca Juga: 10 Daftar CEO Teknologi Terbaik di Dunia, No. 6 Sangat Menginspirasi

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau ciri-ciri penipuan lowongan kerja online. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top