Gadget

8 Tips Sebelum Membeli MacBook Asli Agar Tidak Tertipu

Home / Gadget / Laptop / 8 Tips Sebelum Membeli MacBook Asli Agar Tidak Tertipu

MacBook merupakan seri komputer jinjing yang diproduksi oleh Apple Inc. MacBook diperkenalkan pada bulan Mei 2006. Di era yang serba digital ini, kita perlu berhati hati jika ingin membeli sesuatu agar tidak menyesal nantinya.

Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tips sebelum membeli MacBook Asli agar tidak tertipu. Yuk! Langsung saja simak tipsnya guys.

BACA
8 Tips Sebelum Membeli MacBook Bekas (Second) Agar Awet

Hat-Hati Tertipu!Ini Cara Membedakan MacBook Asli dan Palsu

Selain membedakan MacBook asli atau palsu dalam bentuk fisik, kamu juga perlu tau informasi dari Mac atau Macbook tersebut agar bisa membedakan palsu atau aslinya MacBook yang akan kamu beli.

1. Melakukan Sistem COD

Melakukan COD

Melakukan COD

Untuk kamu yang ingin membeli MacBook melalu online shop atau situs web, sangat disarankan untuk menggunakan sistem COD (Cash on delivery) agar tidak mudah ditipu.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek langsung spesifikasi dan keaslian dari MacBook yang akan kamu beli sebelum membayarnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! 10 Tips Sebelum Membeli Laptop Gaming

2. Pilih Olshop Terpecaya

Pilih Online Shop Terpecaya

Pilih Online Shop Terpecaya

Jika kamu ingin membeli MacBook lewat online shop, kamu wajib memilih online shop yang terpercaya. Untuk melihat online shop tersebut terpercaya atau tidak, kamu bisa mengecek testimoni testimoni dari pembeli di online shop tersebut.

Dengan membeli di online shop, pastinya kamu tidak akan tertipu dan merasa dirugikan oleh online shop tersebut ya guys.

Baca Juga: Wajib Tau! Perbedaan Antara Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

3. Cek Kondisi Fisik MacBook

Melakukan Pengcekan Barang

Melakukan Pengcekan Barang

Sebelum membeli kamu wajib mengecek bentuk fisik dari MacBook yang akan kamu beli, kamu juga harus mengecek kondisi baut dari MacBook tersebut. Pastikan bentuk dari MacBook masih utuh dan tidak pernah dibongkar sebelumnya.

Kondisi baut yang tidak utuh bisa menandakan bahwa isi dari MacBook tersebut sudah pernah diganti. Nah, seperti itulah cara membedakannya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dengan Mudah dan Cepat!

4. Cek Kondisi Port

Periksa Port

Periksa Port

Cek kondisi port yang akan kamu beli seperti USB, Ethernet, Audio, HDMI atau port lainnya, pastikan bahwa port pada MacBook yang akan kamu beli tidak rusak dan masih berfungsi.

Kamu bisa mencoba nya dengan cara memasangkan hard disk eksternal ke port USB dan men-copy data dari MacBook lalu pindahkan ke flashdisk, jangan lupa juga kamu coba port yang lainnya ya guys!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Screenshoot di Laptop Semua Windows

5. Lihat kondisi Hardisk dan Processor

Memeriksa Hard Disk

Memeriksa Hard Disk

MacBook mempunyai sedikit perbedaan dari laptop pada umumnya, biasanya hard disk MacBook mempunyai label Apple pada fisiknya sehingga kita bisa dengan mudah membedakan hard disk yang sudah pernah diganti atau belum.

Untuk mengecek kondisi processor kamu bisa mengaktifkan fitur macgnification dock. Kamu akan mengalami lagging jika processor nya bermasalah.

Baca Juga: 10 Laptop 14 Inch Kualitas Terbaik Harga 3 Jutaan

6. Garansi Resmi

Garansi Resmi

Garansi Resmi

MacBook asli biasanya mempunyai garansi resmi dari Apple Store selama satu tahun. Nah, kamu perlu berhati hati nih guys jika membeli MacBook tapi tidak mendapatkan garansi dari si penjual.

Bisa jadi MacBook yang akan kamu beli itu palsu loh guys! Nah maka dari itu, apabila kamu membeli MacBook namun tidak mendapatkan garansi. Maka jangan pernah kamu beli ya guys, walaupun harganya miring.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

7. Cek Kejernihan Kamera

Cek Kejernihan Kamera

Cek Kejernihan Kamera

Kamu wajib mengecek kejernihan dari kamera MacBook yang akan kamu beli. Karena, kamera MacBook pada umum nya menghasilkan gambar yang jernih dan tidak buram.

Kamu perlu menanyakan kepada si penjual jika kamera MacBook yang akan kamu beli tidak jernih dan buram.

Baca Juga: 10 Laptop ASUS Harga 3 Jutaan Terbaik

8. Fitur Wifi dan Bluetooth

Cek Wifi dan Bluetooth

Cek Wifi dan Bluetooth

Tips yang kedelapan adalah kamu perlu mengecek fitur Wifi dan Bluetooth pada MacBook yang akan kamu beli dengan cara klik ikon wireless pada menu bar kemudian untuk mengaktifkan nya pilih turn on. Biasanya akan muncul tanda silang bila Wifi pada MacBook tersebut tidak berfungsi.

Untuk memeriksa kondisi Bluetooth, kamu bisa mengeceknya dengan menghubungkan magic mouse Apple ke MacBook, aktifkan Magic Mouse dan Mac lalu hubungkan ke Mac melalui sistem Preferences.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Bikin Laptop Kamu Cepat Rusak

Nah, itu dia 8 tips sebelum membeli MacBook asli agar tidak tertipu, jika kamu memilik saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya! Jangan lupa share agar semakin banyak yang tau.

Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top