Gadget

Jangan Sampai Salah! 10 Tips Sebelum Membeli Laptop Gaming

Home / Gadget / Laptop / Jangan Sampai Salah! 10 Tips Sebelum Membeli Laptop Gaming

Hallo sobat pintar! Buat kamu para gamers memiliki laptop gaming tentunya adalah hal yang sangat didambakan ya. Karena dengan laptop tersebut kamu bisa bermain game yang biasa ada di PC.

Sebelumnya kita pernah memberitau laptop gaming dengan harga murah ya. Nah, kali ini TipsPintar.com ada tips loh buat kamu sebelum membeli laptop gaming. Jadi jangan sampai salah beli ya!

Airy Rooms
BACA
Review ASUS ROG STRIX GL503VM, Semua Game Bertekuk Lutut!

Berikut Beberapa Tips Sebelum Membeli Laptop Gaming

Daripada kamu penasaran tips dan trik apa saja yang akan diberikan oleh TipsPintar.com, yuk langsung aja simak artikel berikut ini.

1. Perhatikan Processor yang Digunakan

Perhatikan Processor yang Digunakan

Perhatikan Processor yang Digunakan

Tips pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli laptop gaming adalah memperhatikan processor yang digunakan oleh laptop tersebut. Semakin tinggi processor yang digunakan, maka performa dari laptop itu semakin baik pula.

Biasanya laptop gaming akan dibekali dengan processor Intel ataupun AMD. Nah, buat kamu yang ingin bermain game berat, lebih baik kamu memilih processor Intel.

Pada laptop dengan processor Intel, lebih baik kamu memilih processor dengan label HQ atau MQ. Jangan memilih processor dengan label U, karena processor tersebut biasanya digunakan untuk hal-hal ringan.

Yang harus kamu perhatikan lainnya adalah kecepatan processor (GHz) tersebut. Semakin tinggi angka GHz, maka semakin bagus pula laptop tersebut.

Baca Juga: 10 Mouse Gaming Terbaik dengan Harga 100 Ribuan

2. Perhatikan VGA

Perhatikan VGA Laptop

Perhatikan VGA Laptop

Selain memperhatikan processor yang digunakan, VGA pun harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming. Karena VGA mempengaruhi tampilan dan kualitas game pada saat dimainkan.

Minimun VGA yang digunakan adalah Nvidia GT840, dan yang sangat disarankan kamu memilih Nvidia GTX Series. Sedangkan pada VGA AMD, kamu bisa memilih R7 230 keatas atau R9 Series.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri (100% Sembuh)

3. Resolusi Layar yang Tinggi

Perhatikan Resolusi Layar Laptop

Perhatikan Resolusi Layar Laptop

Tips selanjutnya adalah pilih laptop gaming dengan resolusi yang tinggi. Minimal resolusi yang kamu butuhkan ketika memilih laptop gaming adalah 1920 x 1080 FHD, dengan ukuran layarnya minimal 15.6 inch.

Carilahh laptop dengan resolusi yang lebih tinggi untuk mendapat pengalaman bermain game yang lebih seru, tentunya kamu juga harus memperhatikan VGA yang digunakan ya.

Baca Juga: 10 Penyebab Laptop Panas (Overheat) dan Cara Mengatasinya

4. RAM yang Besar

Perhatikan RAM yang Digunakan

Perhatikan RAM yang Digunakan

Pemilihan RAM saat memilih laptop gaming juga sangat dibutuhkan ya gaes. Pilihlah laptop dengan RAM diatas 4 GB, dan pastikan laptop tersebut memiliki slot RAM tambahan agar kamu mudah untuk melakukan upgrade RAM.

Pilihlah RAM dengan jenis DDR4, minimal DDR3 dengan kapasitas minimal 8 GB agar ketika bermain game-game berat seperti PES, Watch Dog, GTA V, dan lainnya berjalan dengan baik.

Baca Juga: ASUS ROG G703, Performa Paling Maksimal di Kelasnya!

5. Baterai yang Tahan Lama

Perhatikan Daya Tahan Baterai

Perhatikan Daya Tahan Baterai

Selanjutnya pilihlah laptop gaming dengan daya tahan baterai yang cukup lama. Pasalnya daya tahan baterai sering menjadi masalah bagi para  pengguna laptop gaming.

Umumnya, baterai pada laptop gaming tidak akan bertahan lebih dari 2 jam ketika sedang bermain game. Jadi meskipun kamu memilih laptop dengan daya baterai yang cukup besar, tetap saja laptop tersebut akan boros.

Nah, untuk jenis baterainya sendiri lebih baik kamu memilih yang removable (bisa dilepas) dibandingkan dengan yang non-removable (tidak bisa dilepas). agar lebih mudah menggantinya jika sewaktu-waktu baterai tersebut rusak.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Agar Tidak Cepat Rusak

6. Keyboard yang Nyaman

Pilih Keyboard yang Nyaman Digunakan

Pilih Keyboard yang Nyaman Digunakan

Nah, penggunaan keyboard tentunya sangat dibutuhkan ya buat para gamers yang memainkan game di PC. Pilihlah laptop dengan keyboard yang membuat kamu nyaman memakainya, pastikan juga keyboard tersebut memiliki Numpad agar mudah dalam mengetikkan angka.

Baca  Juga: Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

7. OS (Operating System)

Pilih OS yang Tepat

Pilih OS yang Tepat

Biasanya laptop gaming sudah diisi dengan OS (Operating System) Windows di dalamnya, dan yang paling banyak ditemukan adalah Windows 10 64Bit. Nah,  jika kamu tidak memiliki banyak budget, ada baiknya untuk membeli laptop yang belum diisi Operating System.

Baca  Juga: Wajib Tau! Perbedaan Antara Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui

8. Suara yang Dihasilkan

Perhatikan Audio yang Dihasilkan

Perhatikan Audio yang Dihasilkan

Tips selanjutnya untuk memilih laptop gaming adalah dengan mendengarkan suara yang dihasilkan. Meskipun mendengar suara melalui headphone lebih baik daripada langsung dari speaker, tetapi kamu juga harus memperhatikan kualitas suara pada laptop tersebut ya.

Baca  Juga: 10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

9. Media Penyimpanan

Cari Laptop Dengan Media Penyimpanan yang Besar

Cari Laptop Dengan Media Penyimpanan yang Besar

Di jaman sekarang ini, game tentunya akan memakan banyak storage saat di install. Maka dari itu dibutuhkan media penyimpanan yang cukup besar pula. Ada 2 jenis media penyimpanan pada laptop, yaitu SSD dan HDD.

Untuk jenis HDD, lebih baik kamu memilih HDD dengan ukuran minimal 1 TB. Sedangkan untuk jenis SSD, minimal 500 GB++ untuk bisa memainkan game berat di laptop tersebut.

Baca Juga: 10 Laptop 14 Inch Kualitas Terbaik Harga 3 Jutaan

10. Harga yang Ditawarkan

Harga yang Ditawarkan

Harga yang Ditawarkan

Tips terakhir yang TipsPintar.com berikan adalah harga yang ditawarkan oleh penjual. Jangan tergiur dengan harga-harga murah yang dijanjikan oleh penjual, karena bisa saja laptop gaming kamu itu adalah abal-abal.

Baca  Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Bikin Laptop Kamu Cepat Rusak

Nah, itulah beberapa tips dan trik sebelum membeli laptop gaming. Jadi, jangan sampai salah beli ya!

Baca Juga Artikel Laptop Gaming Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top