Intermezzo

Jenis-jenis Visa dan Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui!

Jenis-jenis Visa

Salah satu tips travelling ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan salah satu dokumen yang dibutuhkan seperti Paspor dan juga Visa. Kedua dokumen tersebut dibutuhkan karena digunakan sebagai identitas kita selama perjalanan di luar negeri agar tidak dianggap sebagai teroris.

Oh iya, kamu sudah tau kan perbedaan antara Paspor dan Visa? Yups, biasanya Visa ini dibutuhkan jika kamu ke luar negeri di luar negara ASEAN dan memiliki batas waktu yang sedikit. Sedangkan, jika kamu traveling di negara ASEAN, kamu hanya membuat paspor saja tanpa Visa.

Ternyata Visa itu ada jenis-jenisnya loh gaes. Jika kamu belum tau jenis-jenis Visa, kamu bisa langsung simak aja artikel berikut ini!

Biar Nggak Salah, Ini Jenis-jenis Visa Beserta Fungsinya!

Oh iya, jika kamu ke luar negeri yang membutuhkan Visa, kamu harus tetap membuat atau memperpanjang paspor ya jika sudah lewat masa aktifnya. Setelah itu, kamu bisa membuat salah satu jenis-jenis Visa berikut ini deh!

1. Visa Kunjungan Wisata

Jenis-jenis Visa

Visa Kunjungan Wisata

Jenis Visa yang pertama adalah Visa Kunjungan Wisata atau yang biasa dikenal sebagai Visa Turis. Visa ini paling sering digunakan untuk traveling ke luar negeri nih. Visa Kunjungan Wisata memang berfungsi sebagai identitas kamu saat liburan ke negara tujuan keberangkatan gitu gaes.

Sama seperti membuat paspor gaes, untuk membuat Visa ini pun kamu harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena, kalau tidak, bisa saja Visa kamu ditolak oleh Kedutaan tempat kamu berkunjung tersebut.

2. Visa Kunjungan Keluarga

Jenis-jenis Visa

Visa Kunjungan Keluarga

Jenis Visa yang kedua adalah Visa Kunjungan Keluarga. Jika kamu memiliki keluarga yang ada di luar negeri, kamu bisa membuat Visa dengan jenis ini gaes. Visa Kunjungan Keluarga biasa memiliki masa berlaku hingga 90 hari atau 3 bulan lamanya.

Sama seperti Visa sebelumnya, untuk membuat Visa Kunjungan Keluarga, kamu harus mengajukannya terlebih dahulu dari jauh-jauh hari dengan menyertakan surat undangan dari keluarga yang ada di negara tersebut. Tujuannya adalah supaya surat undangan dan keluarga tersebut penjamin kamu selama ada di luar negeri gaes.

3. Visa Kunjungan Bisnis

Jenis-jenis Visa

Visa Kunjungan Bisnis

Jenis Visa yang ketiga adalah Visa Kunjungan Bisnis. Kalau yang ini biasanya paling sering dicari tau oleh orang-orang yang sudah sukses jualan online maupun offline dan ingin melakukan kunjungan bisnis ke luar negeri.

Karena, fungsi dari Visa Kunjungan Bisnis memang diperuntukkan bagi kamu yang ingin keluarga negeri untuk suatu pekerjaa seperti rapat maupun seminar tertentu. Dengan catatan, kamu memiliki dokumen untuk menunjang bahwa kamu memang ingin melakukan kunjungan bisnis ya!

4. Visa on Arrival

Jenis-jenis Visa

Visa on Arrival

Jenis Visa yang keempat adalah Visa on Arrival. Kalau Visa ini biasanya dilakukan tanpa adanya dokumen atau pun persiapan dan tentunya bisa dibuat kangsung di negara tujuan, seperti Bandara, Pelabuhan sesuai dengan kedatangan kamu di negara tersebut.

Oh iya, Visa on Arrival ini hanya berlaku untuk negara-negara yang memiliki hubungan baik dengan negara Indonesia ya gaes, seperti negara bebas Visa untuk WNI. Selain itu, Visa ini tidak peruntukkan bagi orang yang sedang ada urusan bisnis di negara tersebut.

BACA
Pengumuman Pemenang Tips Pintar Blog Review Competition 2018

5. Visa Kerja

Jenis-jenis Visa

Visa Kerja

Jenis Visa yang kelima adalah Visa Kerja. Buat kamu yang baru saja mendapatkan pekerjaan di luar negeri melalui situs lowongan kerja terpercaya dan membutuhkan Visa, kamu bisa membuat Visa Kerja ini aja gaes.

Karena, memang Visa ini diperuntukkan bagi orang yang akan bekerja di perusahaan negara tujuan gitu. Biasanya Visa Kerja ini memiliki masa berlaku yang cukup lama, hingga bertahun-tahun.

Selain itu, Visa Kerja ini memiliki beberapa kategori masanya antara lain semi permanen, permanen, maupun sesuai masa kontrak kamu dengan perusahaan tersebut. Jika kamu ingin memperpanjangnya, kamu harus kembali dulu ke negara asal untuk melakukan pembuatan ulang.

6. Visa Bisnis

Jenis-jenis Visa

Visa Bisnis

Jenis Visa yang keenam adalah Visa Bisnis. Visa ini sebenarnya agak sedikit berbeda dengan Visa Kunjungan Bisnis. Biasanya Visa ini dibutuhkan jika kamu ingin membuka usaha di negara tersebut dan ingin tinggal dalam waktu yang agak lama.

Karena, Visa Bisnis ini memiliki masa yang cukup lama dibandingkan Visa Kunjungan Bisnis gaes. Selain itu, kamu juga bisa memperpanjang Visa Bisnis ini hingga bisa tinggal permanen. Salah satunya orang yang membuat Visa ini adalah orang yang membuat produk buatan Indonesia untuk dijual di luar negeri.

7. Visa Belajar

Jenis-jenis Visa

Visa Belajar

Jenis Visa yang ketujuh adalah Visa Belajar. Kali ini buat kamu yang mendapatkan beasiswa di luar negeri, kamu harus membuat Visa ini gaes. Karena, Visa Belajar ini diperuntukkan bagi siswa maupun mahasiswa yang akan belajar di luar negeri.

Pengajuan Visa ini sebenarnya lebih mudah jika kamu telah memenuhi persyaratan dari instansi pendidikan dari negara tersebut. Nah, masa Visa ini juga cukup lama dan disesuaikan dengan masa pendidikan kamu selama belajar di luar negeri.

8. Visa Pertukaran Pelajar

Jenis-jenis Visa

Visa Pertukaran Pelajar

Jenis Visa yang terakhir adalah Visa Pertukaran Pelajar. Sama seperti Visa yang sebelumnya, hanya saja Visa ini diperuntukkan untuk pelajar yang mendapatkan program pertukaran pelajar atau sekolah di luar negeri.

Visa ini memiliki masa berlaku sesuai dengan masa berlakunya kamu dalam program pertukaran pelajar tersebut. Bisanya, Visa ini akan dibantu pembuatannya oleh lembaga yang mengadakan program tersebut gaes. Jadi, kamu tinggal mengikuti peraturan sekolah aja ya!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih jenis-jenis Visa beserta fungsinya. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai jenis-jenis Visa beserta fungsinya ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih jenis-jenis Visa beserta fungsinya. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar mengenai jenis-jenis Visa beserta fungsinya ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top