Intermezzo

Tanpa Perlu Les! Ini 10 Website Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Gratis!

Home / Intermezzo / Tanpa Perlu Les! Ini 10 Website Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Gratis!

Website Belajar Bahasa Inggris

Sebagai bahasa Internasional, tidak bisa dipungkiri jika bahasa Inggris menjadi sebuah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari. Bukan hanya di satu atau dua negara saja, tapi pembelajaran bahasa Inggris ini menjadi materi wajib bagi seluruh lembaga pendidikan yang ada di dunia.

Terlebih lagi, jika Kamu mempunyai cita-cita untuk melanjutkan studi atau berkarir di perusahaan luar negeri. Akan tetapi, bukanlah sebuah hal mudah bagi orang awam untuk mempelajari sebuah bahasa baru, apalagi bahasa Inggris ini.

Ada banyak hal yang harus Kamu pelajari, seperti Grammar, Vocabulary, Speaking, dan juga Listening. Memang terdengar susah, tapi bukan berarti Kamu boleh menyerah!

Karena saat ini TipsPintar ingin memberikanmu daftar dari 10 website belajar bahasa Inggris terbaik, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun! Cuma bermodalkan laptop/PC dan juga koneksi Internet, Kamu sudah bisa mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris ini!

Penasaran kan apa saja Websitenya? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini!

10 Website Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris tidak harus dilakukan di sebuah ruang kelas yang dihadiri oleh guru dan beberapa orang pelajar. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, saat ini bahasa Inggris bisa Kamu pelajari secara online lho, bahkan hanya dengan menggunakan perangkat seperti laptop/PC serta koneksi internet yang memadai.

Selain menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris ataupun aplikasi Kamus bahasa Inggris, salah satu metode terbaik dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan memilih website belajar terbaik yang menyediakan pengajaran bahasa Inggris secara sistematis dan pastinya terstruktur.

So, berikut ini TipsPintar telah merangkum 10 website belajar bahasa Inggris terbaik yang bisa Kamu coba ikuti. Tidak perlu khawatir, karena untuk mengikuti pembelajaran di website-website ini GRATIS, tanpa dipungut biaya!

1. Vocabulary.com

Vocabulary

Vocabulary

Website belajar bahasa Inggris terbaik di urutan pertama adalah Vocabulary.com.

Yaos, di dalam website ini, Kamu akan mempelajari berbagai macam materi, seperti contoh kalimat, grammar, dan lain sebagainya. Selain itu, situs ini juga memberikan kemudahan bagi Kamu yang saat ini masih merasa awam banget soal kosakata bahasa Inggris.

Caranya, Kamu tinggal klik saja kata dalam bahasa Inggris yang belum Kamu ketahui artinya. Dan simsalabim penjelasan dari kata yang Kamu ketikkan tersebut akan keluar setelahnya, lengkap dengan penjelasan tentang arti dari kata tersebut.

Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan sedikit tambahan informasi berupa contoh kalimat sampai ke padanan setiap katanya. Pastinya akan semakin mempermudah Kamu dalam merangkai setiap kalimat dengan penulisan yang tepat.

Hmm, paket lengkap banget, kan?

Jadi tunggu apa lagi? Buat Kamu yang mau coba belajar bahasa Inggris tanpa harus kocek biaya sepeser pun, bisa langsung kunjungi Vocabulary.com ini.

2. UsingEnglish.com

UsingEnglish

UsingEnglish

Kesulitan dalam mempelajari grammar? Tenang aja! Saat ini Kamu bisa belajar grammar bahasa Inggris secara online melalui situs UsingEnglish.com. Yaps, kalau boleh jujur, mempelajari grammar itu akan lebih mudah jika Kamu mencoba untuk mengakrabinya.

Maksudnya gimana? Ya dengan berlatih untuk berbicara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris, perbanyak tonton film atau mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Tapi yang paling penting, Kamu harus mempunyai tekad kuat untuk bisa memahami grammar (tata bahasa) ini.

Nah, di UsingEnglish.com ini juga menyediakan berbagai macam artikel menarik seputar bahasa Inggris yang dapat Kamu pelajari secara perlahan-lahan.

Gimana, tertarik untuk belajar di UsingEnglish.com?

3. BBC Learning English

BBC Learning English

BBC Learning English

Di urutan selanjutnya, ada BBC Learning English. Yaps, situs ini bisa menjadi opsi menarik bagi Kamu yang ingin belajar bahasa Inggris. Website ini sendiri dikelola langsung oleh BBC, sebuah perusahaan siaran asal Inggris yang sangat populer dikalangan penyiaran dunia.

Dalam situs ini, Kamu bisa mendapatkan berbagai kursus untuk level yang berbeda-beda. Selain itu juga tersedia berbagai pilihan program seperti kebudayaan, bahasa, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu.

Nah, satu hal yang menarik dari BBC Learning English ini adalah, Kamu yang diizinkan untuk mengunduh berbagai artikel dan postingan yang ada di website BBC ini, baik dengan format PDF atau pun Audio.

So, kalau Kamu tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris khususnya dalam memperbaiki Listening Kamu, maka Kamu bisa memanfaatkan fitur pembelajaran dari rekaman video maupun audio dari BBC English Learning.

Atau jika Kamu tertarik untuk menambah kosakata bahasa Inggris, maka Kamu bisa klik bagian “The English We Speak” dimana itu merupakan sebuah program yang fokus pada ekspresi-ekspresi idiom.

Gimana, terdengar sangat lengkap, bukan?

4. Cambridgeenglish.org

Cambridgeenglish

Cambridgeenglish

Di Urutan keempat, ada website Cambridgeenglish.org. Di dalam website ini Kamu akan belajar soal-soal latihan bahasa Inggris secara online berdasarkan level kemampuan.

Bisa dibilang ini situs sangat direkomendasikan bagi Kamu yang sedang berada di dalam persiapan uji kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL atau IELTS.

Sedikit banyaknya pasti akan menambah kemampuan bahasa Inggrismu. Di website ini sendiri, bukan hanya tersedia artikel yang disertai dengan soal-soal yang mengasah kemampuan reading-mu, tapi juga tersedia games yang bakal bikin kamu makin betah belajar bahasa Inggris.

5. Englishpage.com

Englishpage

Englishpage

Rekomendasi website belajar bahasa Inggris terbaik berikutnya adalah Englishpage. Yaps, situs ini paling cocok bagi Kamu yang sudah lumayan jago bahasa Inggris.

Jadi, Kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrismu dengan soal-soal yang tersedia di dalam situs ini. Setidaknya Kamu bisa mengasah kemampuan diri dalam berbahasa Inggris dengan latihan soal di situs ini selama 3 kali dalam seminggu. Dijamin, kemampuan bahasa Inggrismu bakal naik tingkat.

6. TalkEnglish.com

TalkEnglish

TalkEnglish

Website TalkEnglish.com sangat cocok bagi Kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak melalui online dimanapun dan kapanpun itu. Website ini sendiri memang berfokus pada penguatan skill speaking. Akan tetapi, Kamu juga sebenarnya bisa memperbaiki kemahiran pada aspek-aspek lainnya (listening, penguasaan kosakata baru, frase dan juga idiom yang sering digunakan)

Nah, saat Kamu membuka website ini, maka Kamu akan diberikan beberapa pilihan, seperti Speaking English Lessons, English Listening Lessons, Extra English Lessons. Kamu juga bisa belajar listening lebih dalam sebab jika Kamu mengklik hampir semua menunya, maka Kamu bisa mendengar seseorang yang berbicara bahasa Inggris secara jelas dan alami.

Kamu juga bisa memperbaiki kemahiran speaking sebab TalkEnglish menyediakan teks-teks yang bisa Kamu gunakan untuk speaking Kamu.

Bukan hanya itu, Kamu juga bisa mempelajari berbagai idiom yang terdiri atas 10 bagian berbeda, dan Kamu juga bisa menambah kosakata baru dengan membaca tip-tip atau daftar-daftar yang sangat menarik serta menghibur.

7. Ego4U.com

Ego4U

Ego4U

Ego4u merupakan singkatan dari English Grammar Online yang punya motto the fun way to learn English. Lewat situs ini, Kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online dengan mengasah kemampuan reading-mu melalui soal cerita yang telah disediakan. Bahkan caranya menulis CV dan surat bisnis pun tersedia. Karenanya sayang banget kalau sampai melewatkan situs yang satu ini.

8. esl.about.com

esl.about

esl.about

Selanjutnya ada esl.about.com. Situs ini merupakan salah satu yang menyediakan artikel bahasa Inggris dengan tema yang beragam.

Dari mulai artikel yang bertemakan sejarah, seni, bahkan sampai sains pun ada. Dengan sering-sering membaca artikel online bahasa Inggris, Kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari vocabulary, grammar, hingga reading. Terdengar seru, bukan?

9. Duolingo.com

Duolingo

Duolingo

Di Urutan kesembilan, ada Duolingo.com. Yaps, situs ini mempunyai cara menarik untuk mengasah kemampuan listening-mu. Yakni dengan latihan soal yang mengharuskan Kamu untuk menebak sebuah kalimat yang diujarkan oleh naratornya.

Yaps, Kamu juga diharuskan untuk menulis sebuah transkripsi dari kalimat yang sedang diperdengarkan. Selain itu, pada soalan lain, Kamu juga harus bisa menebak terjemahan dari kalimat yang disediakan.

10. British Council

British Council

British Council

Terakhir ada British Council. Website ini sangat cocok bagi Kamu yang menginginkan sensasi mengasyikan saat proses pembelajaran berlangsung.

Yaps, yang membuat seru belajar di situs ini adalah, Kamu bisa menemukan banyak video berbahasa Inggris yang disertai dengan transkripnya.

Bukan hanya itu, tepat di bawah video pembelajarannya, Kamu bisa klik task yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan tema video tersebut.

Terdengar sangat komplit banget, bukan? Kemampuan reading-mu pun pastinya akan jadi lebih baik, begitu pula dengan kemampuan listening-mu. Mendengar percakapan bule jadi nggak bakal canggung dan bingung lagi deh.

So, itulah beberapa website belajar bahasa Inggris. Nah, kira-kira Kamu tertarik untuk belajar di website yang mana nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya! šŸ™‚

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top