Intermezzo

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Home / Intermezzo / 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Seperti yang Kamu ketahui ya gaes, ada beberapa bahasa internasional atau bahasa asing yang banyak digunakan seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang dan bahasa Korea. Beberapa bahasa tersebut pun memiliki banyak metode pengajaran yang bisa kita gunakan.

Saat ini pun sudah banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk belajar bahasa-bahasa asing tersebut, seperti aplikasi belajar bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Mandarin dan juga bahasa Inggris. Beberapa aplikasi tersebut dapat mendukung kita untuk mempelajari bahasa Inggris dan bahasa lainnya yang banyak digunakan di dunia.

Tapi Kamu sudah tau belum kalau masih banyak loh metode belajar bahasa Inggris yang bisa kita gunakan sehari-hari, atau bahkan tanpa sadar Kamu sering melakukannya? Kali ini TipsPintar akan membahas Tips Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak atau belajar sendiri tanpa tutor. Apa saja sih tips nya? Langsung aja disimak sampai habis ya gaes!

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Buat kamu yang gak jago bahasa Inggris gak perlu khawatir nih gaes, kalau sebelumnya TipsPintar membahas aplikasi belajar bahasa Inggris. Kali ini TipsPintar akan membahas 5 cara belajar bahasa Inggris otodidak. Disimak ya gaes!

1. Mencatat Vocabulary

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Mencatat Vocabulary

Nah, pertama-tama yang harus Kamu lakukan adalah mencatat vocabulary atau kata-kata yang Kamu tidak tau nih gaes. Seperti bahasa Inggris-nya bagaimana, kapan, di mana, kenapa dan lain-lainnya. Setelah Kamu mencatat kata-kata tersebut, Kamu bisa menghafalkannya dan pastikan Kamu memulainya dari dasar ya!

2. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris dan Melihat Terjemahan

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Di era digital saat ini sudah banyak sekali aplikasi pemutar musik yang membuat Kamu bisa mengakses banyak lagu berbahasa Inggris. Aplikasi pemutar musik tersebut juga menampilkan lirik lagu dari musik yang sedang Kamu dengarkan.

Nah, ini menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mempelajari bahasa Inggris secara otodidak karena Kamu bisa mencatat lirik dan terjemahan dari lirik lagu yang sedang Kamu dengarkan, setelah itu Kamu bisa menghafalkan keduanya, sehingga ketika Kamu menemukan kalimat yang sama Kamu akan mengetahui apa artinya.

Kamu juga bisa mencatat lirik lagu dari lagu yang Kamu dengarkan sesuai dengan pendengaran Kamu, setelah itu Kamu bisa memeriksa lirik yang Kamu tulis dengan lirik aslinya, nah Kamu akan mengetahui kalimat mana aja sih yang salah Kamu tulis. Hal ini dapat melatih pendengaran Kamu pada pengucapan bahasa Inggris gaes!

3. Install Aplikasi Kamusku di Smartphone

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Menginstall Aplikasi Kamusku

Penting untuk meng-install Kamusku pada smartphone Kamu, meskipun ada banyak sekali aplikasi Kamus Kamu bisa menggunakan Kamusku untuk mengetahui kata-kata yang belum Kamu ketahui.

Keunggulan dari Kamus ini adalah Kamu dapat mengetahui kata kerja ke berapa dari kata yang Kamu terjemahkan. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan translasi online (Bing Translator) untuk kata-kata yang tidak Kamu temukan dalam aplikasi ini.

4. Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Menonton Film Tanpa Subtitle

Nah, cara keempat untuk bisa berbahasa Inggris adalah dengan cara menonton film berbahasa Inggris. Kamu juga bisa men-download film di IndoXXI dan memilih film yang Kamu suka atau yang sedang Kamu ingin tonton. Eits, setelah itu Kamu tidak perlu men-download subtitle ya!

Cara ini bisa membuat Kamu lebih fokus pada pengucapan dari pemain film tersebut dan melatih pendengaran Kamu nih gaes. Untuk awal-awal, Kamu bisa menggunakan subtitle Inggris terlebih dahulu untuk mengetahui banyak kosa kata baru yang Kamu dapat pada film tersebut.

5. Menggunakan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Sehari-hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Menggunakan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Sehari-hari

Beberapa cara di atas akan terlihat sia-sia kalau Kamu tidak menggunakan cara ini. Kamu bisa mempraktekan apa yang sudah Kamu pelajari dengan melakukan percakapan bersama teman-teman Kamu menggunakan bahasa Inggris atau kalimat-kalimat yang sudah Kamu pelajari.

Karena bahasa Inggris pada dasarnya adalah hal yang mudah jika Kamu terbiasa melatih diri Kamu sendiri untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Nah, bagaimana sobat Pintar? Sekarang Kamu sudah tau kan kalau ada banyak metode untuk belajar bahasa Inggris? Jadi gak ada alasan buat gak bisa ya gaes! Jangan lupa share artikel ini ya gaes. Oh iya, kalau ada kritik dan saran mengenai cara belajar bahasa Inggris otodidak ini tulis saja di kolom komentar ya!

Artikel Menarik Lainnya!

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top