Intermezzo

Cepat Mahir! Ini 8 Website Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik

Home / Intermezzo / Cepat Mahir! Ini 8 Website Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik

Website Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik

Di zaman yang sudah mengedepankan kecanggihan teknologi seperti ini, penguasaan ilmu komputer menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh siapapun, baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan, bahkan bagi Kamu yang merupakan seorang pebisnis online sekali pun.

Salah satu skill dasar yang bisa Kamu pelajari adalah kemampuan mengetik dengan menggunakan 10 jari Kamu. Yaps, selain dapat membuat kemampuan mengetik mu menjadi lebih cepat, ada banyak keuntungan yang bisa Kamu dapatkan jika Kamu berhasil menguasai kemampuan dasar ini.

Salah satunya, mempercepat segala jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pengetikan di komputer, dan juga menambah nilai plus Kamu ketika sedang melamar sebuah pekerjaan. Karena memang, saat ini kebanyakan perusahaan mewajibkan karyawannya untuk bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari ini.

Nah, berhubungan dengan pembahasan kali ini. TipsPintar ingin memberikan rekomendasi website belajar mengetik 10 jari terbaik yang dapat Kamu coba kunjungi.

So, buat Kamu yang ingin mengasah kemampuan mengetik mu, langsung saja simak ulasan berikut tanpa melewatkan satu pembahasan apapun ya!

Rekomendasi Website Belajar Mengetik 10 Jari

Mungkin jika dulu orang-orang perlu mendatangi sebuah tempat kursus untuk meningkatkan keterampilan mengetik mereka. Saat ini, siapapun dapat belajar mengetik dengan cepat secara online lho!

Yaps, bukan hanya website belajar materi umum seperti bahasa Indonesia, bahasa Asing, Matematika, dan sebagainya. Website yang mengajarkan keterampilan mengetik 10 jari juga sudah tersebar dimana-mana loh, jadi ga ada alasan bagi Kamu untuk tidak mengembangkan keterampilan tersebut.

Nah, berikut ini Kami telah merangkum 8 website belajar mengetik 10 jari terbaik yang bisa Kamu coba kunjungi:

1. Typingstudy.com

Typingstudy

Typingstudy

Rekomendasi situs pertama yang bisa Kamu kunjungi adalah Typingstudy.com

Yups, di dalam situs ini telah tersedia format dan juga tata letak keyboard dengan ratusan bahasa. Dengan demikian, website Touch Typing Study ini cocok untuk para pengetik pemula yang tinggal di seluruh dunia.

Website ini sendiri memang khusus dirancang bagi para pemula yang benar-benar baru memulai cara mengetik dari awal. Latihan di sini terbagi dalam beberapa tahapan, dimana tahapan tersebut memiliki tujuan untuk membantu siswa mengetik dengan kecepatan tinggi dan lebih akurat ketika menggunakan 10 jari tersebut.

Selain itu, ada berbagai alat penilaian bagi siswa yang mengikuti pembelajaran ini. Nah, alat tersebut akan membantu siswa untuk mengidentifikasi kelemahan dan juga cara mengatasi masalah saat mengetik di komputer.

So, buat Kamu yang memang masih baru/pemula dalam hal pengetikan ini, langsung aja kunjungi website Typingstudy.com ini ya!

2. TypingAcademyOnline

TypingAcademy

TypingAcademy

Di Urutan selanjutnya, ada website TypingAcademyOnline. Sebelum masuk ke pelajaran, Kamu akan diminta untuk memilih tata letak keyboard yang disukai. Kemudian, Kamu juga akan didorong untuk berpartisipasi langsung ke dalam survei singkat untuk mengidentifikasi tingkat pembelajaran dan pendekatan yang paling cocok.

Pelajaran yang disajikan pun mencakup bidang-bidang penting, seperti memahami baris kunci, baris bawah, dan semua huruf serta angka dari keyboard komputer. Kamu juga akan diberi pelajaran latihan tangan untuk membantu menguasai keyboard komputer.

Nantinya selama mengikuti pelajaran, Kamu akan diberi nilai yang dilihat berdasarkan kecepatan dan keakuratan saat mengetik.

3. Speed Typing Online

Speed Typing Online

Speed Typing Online

Berikutnya ada Speed Typing Online. Di sini, Kamu akan diajarkan bagaimana cara mengetik di keyboard tanpa melihat tombol. Pelajaran di situs ini tentunya bertujuan untuk membuat siapapun mampu mengetik seperti profesional.

Nah, fase pertama dari latihan online ini adalah mengajari teknik-teknik penting untuk mengetik, termasuk penempatan jari-jari yang tepat. Setelah itu, Kamu akan menjalani sebuah latihan untuk mengetik dengan meningkatkan durasi serta tingkat akurasinya.

So, bisa dibilang website ini cocok bagi Kamu yang memang sudah memiliki basic untuk mengetik cepat tapi masih ingin mengasah untuk meningkatkan kecepatan Kamu dalam mengetik.

4. 10FastFinger.com

10FastFingers

10FastFingers

Nah, berikutnya ada 10fastfinger.com. Yaps, website ini agak berbeda dibandingkan dengan website-website sebelumnya. Di dalam situs ini, Kamu akan disuguhkan langsung sebuah tampilan laman tes untuk mengetik 200 kata teratas, tes mengetik mahir, tes mengetik kostum, sampai tes mengetik multipemain.

Bisa dibilang, 10FastFinger ini merupakan website yang menyediakan kompetisi mengetik dengan harapan para pengunjungnya bisa meningkatkan kecepatan mengetik mereka dengan menggunakan 10 jari.

Gimana, apakah Kamu tertarik untuk menantang diri di website 10FastFinger? Yuk, langsung aja kunjungi situs ini!

5. Typing.com

Typing

Typing

Nah, jika SobatPintar ingin mencari website belajar mengetik 10 jari online yang lengkap, maka Typing.com ini adalah solusinya.

Situs ini menyediakan kurikulum dan program belajar mengetik yang terarah sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Fasilitas premium di Typing.com ini juga sangat lengkap, mulai dari keyboard komprehensif, dasar-dasar coding, hingga berbagai pelajaran lainnya yang berbasis gamified learning.

Website belajar mengetik Typing.com bisa diakses secara gratis maupun premium baik oleh guru, sekolah, siswa, hingga homeschooling. Nah, jika Kamu ingin mencobanya secara gratis, silahkan buat akun terlebih dahulu.

6. Onlinetyping.org

Onlinetyping

Onlinetyping

Bosan dengan pelatihan pengetikan 10 jari secara mandiri? Coba kunjungi situs Onlinetyping.org ini.

Yaps, Website yang satu ini menyajikan beragam fitur premium yang bisa diakses secara gratis mulai dari tes mengetik, game mengetik, 10 tes keyboard, latihan mengetik tingkat pemula, mengetik pangram, blog, hingga kosakata.

Selain itu, situs ini juga menyediakan berbagai jenis game menarik yang tentunya dapat menguji perkembangan Kamu dalam mengetik dengan menggunakan 10 jari ini. Nah, game-game tersebut seperti typing racing game, typing war, bubble typing game, typing shooting game, dan lain sebagainya.

Di OnlineTyping.org juga tersedia beragam varian permainan mengetik bagi anak-anak serta orang dewasa. Gimana, terdengar sangat menyenangkan, bukan?

7. Ratatype

Ratatype

Ratatype

Berikutnya ada Ratatype yang dirancang untuk bisa membantu siapapun yang ingin belajar agar mampu mengetik keyboard PC ataupun laptop dengan menggunakan 10 jari. Setiap pelajar nantinya akan diberikan beragam latihan menarik dalam meningkatkan kecepatan maupun akurasi dalam mengetik.

Selain itu, program pembelajaran yang dihadirkan memang sangat cocok bagi Kamu yang ingin belajar secara mandiri. Nantinya, setelah Kamu berhasil melakukan sejumlah latihan yang berbeda, Kamu akan mendapatkan skor dengan ketentuan nilai tinggi merupakan indikasi bahwa kemampuan mengetik Kamu terus meningkat.

8. LearnTyping

Learntyping

Learntyping

Terakhir, ada LearnTyping sebagai website belajar mengetik 10 jari terbaik yang dapat Kamu coba kunjungi. Nah, situs ini sendiri dirancang oleh para guru dengan pengalaman selama bertahun-tahun di bidang tersebut.

Ada beragam pelajaran yang bisa dimanfaatkan bagi para mereka yang ingin menguasai kemampuan mengetik layaknya profesional. Dimana, pelajaran pertama mengetik pada situs ini berisi sejumlah sesi pengenalan yang berkaitan dengan tips dan juga trik dalam mengetik menggunakan PC ataupun laptop.

Lalu, di akhir pembelajaran, Kamu diharapkan sudah bisa mengetik dengan posisi tangan serta postur tubuh terbaik.

Cara Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula dengan Cepat

Umumnya, mengetik merupakan bagian dari keterampilan diri. Dan keterampilan itu sendiri bisa terus Kamu asah dengan terus melatih diri.

Bagi seorang pemula yang sehari-harinya hampir selalu bertemu dengan laptop maupun komputer, kegiatan ketik-mengetik dengan gesit akan menjadi faktor utama yang menentukan cepat/lambatnya sebuah pekerjaan agar terselesaikan.

Maka dari itu, jika tadi Kami telah memberikan rekomendasi website belajar mengetik 10 jari terbaik. Kali ini, TipsPintar juga ingin memberikan beberapa tips untuk belajar mengetik dengan menggunakan 10 jari dengan cepat.

1. Perhatikan Posisi Jari dalam Mengetik

Posisi Jari

Posisi Jari

Tips pertama yang bisa Kamu praktikkan ketika mengetik dengan menggunakan 10 jari adalah, letak posisi jari ketika mengetik.

Posisi jari dalam mengetik sangat penting untuk diperhatikan, soalnya tulisan QWERTY di keyboard bukan dihadirkan tanpa alasan tertentu.

Bagi Kita yang masih pemula atau belum bisa mengetik dengan cepat, maka belajarlah mengetik 10 jari dengan memposisikan jari pada posisi yang tepat.

Nah, berikut ini tata letak jari pada tangan kanan dan kiri ketika berhadapan dengan keyboard.

Posisi Jari di Tangan Kanan saat Mengetik:

  • Jari Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt.
  • Jari Telunjuk untuk menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M serta Angka 6, 7.
  • Jari Tengah untuk menekan huruf I, K, tanda koma (,), serta Angka 8.
  • Jari Manis untuk menekan huruf L, O, tanda titik (.), dan Angka 9.
  • Jari Kelingking untuk menekan huruf P, tanda (;), dan Angka 0.

Posisi Jari di Tangan Kiri saat Mengetik:

  • Jari Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt.
  • Jari Telunjuk untuk menekan huruf R, F, T, V, G, B, Y serta Angka 4, 5.
  • Jari Tengah untuk menekan huruf E, D, C, serta Angka 3.
  • Jari Manis untuk menekan huruf W, S, X dan Angka 2.
  • Jari Kelingking untuk menekan huruf A, Q, Z, Angka 1, tombol Shift, Tab, serta Caps Lock.

2. Posisikan Diri untuk Mengetik yang Paling Nyaman

Posisi Diri

Posisi Diri

Sadar atau tidak, cara Kita duduk, jarak pandang mata, serta sikap tubuh akan mempengaruhi kecepatan mengetik mu.

Nah, untuk meningkatkan kecepatan mengetik, Kamu perlu menyetel tempat duduk yang nyaman, pandangan terhadap layar komputer/laptop yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Sikap badan yang tegap pun jangan dibuat terlalu kaku, buat dirimu senyaman mungkin untuk berada di kursi/bangku kerjamu itu.

Nah, itulah beberapa informasi terkait website belajar mengetik 10 jari terbaik serta beberapa tips yang bisa Kamu coba praktikkan dirumah.

Semoga dengan ini Kamu bisa jadi lebih mudah dalam mengasah kemampuan mengetik mu ya!

Kalau Kamu punya saran untuk topik menarik lainnya, silahkan komen di kolom komentar postingan ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top