Kepo

Apa itu Dropshipper, Cara Kerja dan Keuntungannya

Home / Kepo / Lifestyle / Apa itu Dropshipper, Cara Kerja dan Keuntungannya

Apa itu Dropshipper

Salah satu pekerjaan part time yang paling cocok untuk anak kuliahan adalah membuka bisnis online. Dengan berbisnis online, kamu tidak akan terikat oleh waktu atau kontrak seperti di perusahaan.

Dengan begitu, kamu gak perlu takut tidak waktu untuk kuliah dan menyelesaikan tugas. Walaupun ide bisnis online ini cocok untuk anak kuliah, namun sayang kendalanya ada pada modal untuk berbisnis.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba berbisnis dengan sistem dropship. Nah, buat kamu yang belum paham apa itu dropship dan cara kerjanya, langsung simak aja nih!

Apa itu Dropship?

Apa itu Dropshipper

Apa itu Dropship?

Dropship merupakan salah satu metode dalam jual beli secara online yang dimana orang yang mendaftar menjadi dropshipper (pengecer) baik perorangan maupun badan usaha tidak melakukan penyetokan produk.

Produk yang dijual ini didapatkan dari menjalin kerjasama dengan brand atau perusahaan yang memiliki produk tersebut.

Pengertian singkatnya, metode jual beli online yang dimana pihak ketiga akan meneruskan barang dari produsen ke customer atau konsumen dengan hanya memberikan detail produknya saja.

Untuk stock hingga packing barang menjadi urusan produsen. Jadi dropshipper selaku dropship hanya melakukan pemasaran promosi aja. Jika ada yang membeli, barung diinformasikan detail pemesannya kepada produsen.

Baca Juga: Cara Menggunakan [email protected] untuk Bisnis Kamu

Istilah-istilah dalam Dropship

Sama seperti metode jual beli reseller, untuk metode jualan dropship terdapat istilah-istilah yang digunakan. Nah, berikut ini istilahnya:

1. Dropship

Apa itu Dropshipper

Dropship

Droship merupakan tindakan dari suatu bisnis yang dimana seseorang tidak perlu memiliki atau menyetok produk sendiri. Seluruh produk yang dijualkan merupakan milik pihak lain yaitu supplier.

2. Dropshipper

Apa itu Dropshipper

Dropshipper

Dropshipper ini merupakan sebutan untuk pelaku yang menggunakan sistem bisnis dropship. Tugasnya memasarkan atau mempromosikan produk yang dijual supplier dengan menggunakan nama brand sendiri.

3. Reseller

Apa itu Dropshipper

Reseller

Reseller merupakan metode bisnis yang dimana ia akan menjual produk supplier atau dropshipper dengan menyetok produk dan menggunakan modal sendiri. Tentu dengan menggunakan nama brand sendiri.

4. Supplier

Apa itu Dropshipper

Supplier

Sedangkan supplier adalah pihak baik perorangan maupun badan usaha yang memasok bahan baku, sumber daya atau produk yang dibutuhkan individu (costumer atau konsumen) dan badan usaha untuk dijadikan produk atau jasa.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Google

Keuntungan Menjadi Dropshiper

Nah setelah mengerti apa itu dropship, pasti kamu juga bertanya-tanya kan emang apa aja sih keuntungan yang didapat jika menggunakan sistem dropship. Nah, kalau kamu penasaran, langsung disimak aja ya!

1. Lebih Mudah dan Fleksibel

Apa itu Dropshipper

Lebih Mudah dan Fleksibel

Keuntungan yang pertama tentu kamu akan lebih mudah dalam melakukan penjualan. Kenapa? Karena, kamu hanya perlu memasarkan atau mempromosikan produk si supllier.

Selain itu, lebih fleksibel karena kamu bisa menjalankan bisnis online ini di mana pun dan kapan pun. Bahkan nggak perlu skill khusus untuk bisa menjadi dropshipper.

2. Pemasaran Masih Luas

Apa itu Dropshipper

Pemasaran Masih Luas

Keuntungan selanjutnya pemasaran menjadi lenih luas atau tidak terbatas. Yups, dengan menjadi dropshipper kamu bisa juga kok menjual ke luar negeri. Dengan begitu, akan banyak review bagus mengenai produk yang kamu jual.

3. Menguntung Kedua Belah Pihak

Apa itu Dropshipper

Menguntung Kedua Belah Pihak

Keuntungan berikutnya adalah menguntungkan kedua belah pihak. Yups, sebagai dropshipper kamu tentu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun bisnis sendiri.

Selain itu, dropshipper juga bisa menentukan harga produknya sendiri menjadi lebih tinggi dibandingkan harga supplier. Sedangkan keuntungan supplier adalah produknya akan dipasarkan ke jangkauan yang lebih luas dengan cepat.

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Sukses!

Kelemahan Menjadi Dropshipper

Jika ada keuntungan tentu akan ada kelemahan juga dong. Nah, berikut ini beberapa kelemahan dengan menjadi dropshipper yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

1. Persaingan Harga Pasar yang Ketat

Apa itu Dropshipper

Persaingan Harga Pasar yang Ketat

Karena supplier membuka dropshipper bagi siapapun, tentu kamu akan memiliki banyak kompetitor juga. Walaupun jangkauan untuk memasarkan produk menjadi lebih luas, tentu kamu akan menemukan persaingan di pasar.

Salah satunya persaingan harga pasar. Apalagi perbedaan harga yang tipis pun bisa menjadi bahan pertimbangan customer untuk membeli. Oleh sebab itu, kamu harus riset, survey dan bijak ketika memutuskan untuk memberikan harga jual.

2. Kurangnya Keamanan

Apa itu Dropshipper

Kurangnya Keamanan

Kelemahan berikutnya adalah kurangnya keamanan. Maksudnya sistem jual beli dropship diperlukan pengecekan bahwa uang customer sudah diterima sebelum produk dikirim.

Hal ini dilakukan agar transaksi terjamin dan sebagai dropshipper tidak merasa dicurangi. Dengan kata lain, resiko dicurangi customer yang mengaku sudah membayar lebih besar.

Kecuali jika kamu menjualnya di aplikasi belanja online yang dimana customer harus menyelesaikan transaksi terlebih dahulu, baru kemudian produk dikirim.

3. Pemilihan Supplier Harus Hati-hati

Apa itu Dropshipper

Pemilihan Supplier Harus Hati-hati

Terakhir kelemahan dari dropship kamu harus berhati-hati dalam memilih supplier. Jika kamu memilih supplier yang buruk maka penilaian brand kamu di mata customer akan buruk juga.

Mengingat membangun bisnis kamu perlu kepercayaan customer. Selain itu, bisa saja terjadi kesalahpahaman mengenai produk yang dibeli customer. Sehingga kamu perlu memperhatikan kualitas produk yang dijual.

Baca Juga: Cara Membuat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit

Tips Menjadi Dropshipper Agar Omset Membludak

Jika kamu sudah mempertimbangkan untuk menjadi dropshipper, jangan lupa untuk mengikuti tips menjadi dropshipper berikut ini.

1. Pastikan Menjual Produk yang Berkualitas

Apa itu Dropshipper

Pastikan Menjual Produk yang Berkualitas

Tips yang pertama pastikan suplier menjual produk yang berkualitas. Jangan memilih supplier yang kerap menjual produk yang terdapat kecacatan produk.

Selain itu, pastikan kamu menjual produk yang awet penggunaannya. Sehingga customer merasa percaya kalau kamu memang menjual produk yang berkualitas.

2. Jalin Hubungan yang Baik dengan Supplier dan Customer

Apa itu Dropshipper

Jalin Hubungan yang Baik dengan Supplier dan Customer

Selanjutnya kamu juga harus menjalin hubungan yang baik dengan supplier dan customer. Dengan memperbanyak silaturahmi, kamu juga memperbanyak rezeki.

Dengan membangun hubungan yang baik ini tentu akan meningkatkan kredibilitas yang tinggi antara supplier dengan pedagang.

3. Punya Knowledge Mengenai Produk yang Dijual

Apa itu Dropshipper

Punya Knowledge Mengenai Produk yang Dijual

Ketika kamu menjadi pebisnis online, kamu wajib mengetahui detail barang yang kamu jual. Mengingat akan ada customer yang bertanya-tanya mengenai produk yang kamu jual.

Setidaknya kamu perlu mengetahui fungsi, kelebihan dan detail pentingnya. Dengan begitu, kamu tidak akan terlihat seperti tidak menguasai produk yang kamu jual.

4. Buat Sistem Jualan yang Benar

Apa itu Dropshipper

Buat Sistem Jualan yang Benar

Untuk bisa sukses dropship tentu kamu perlu sistem jualan yang benar. Seperti promosi, metode pembayaran, testimoni, diskon dan lain sebagainya.

Dengan sistem jualan yang benar ini tentu akan membuat brand kamu terlihat profesional dan berkualitas. Sehingga kamu lebih mudah untuk nge-branding.

So, itu dia gaes penjelasan tentang dropship. Oh iya, jangan lupa juga ya untuk share artikel ke teman-teman kamu ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top