Lifestyle

5 Hal Berbahaya Jika Terlalu Sering Mengucek Mata dengan Tangan

bahaya terlalu sering mengucek mata

Banyak orang yang tidak sadar telah melakukan hal yang sepele sehingga merusak mata. Salah satunya, kamu terlalu sering menatap layar komputer. Padahal kalau terlalu sering menatap layar komputer bukan tidak mungkin kamu terkena radiasi mata.

Oleh sebab itu, kamu harus melindungi mata di depan komputer agar tidak terkena radiasi. Selain itu, hal sepele yang sering dilakukan orang pada matanya adalah mengucek mata ketika sedang merasakan gatal atau kelilipan debu.

Padahal ketika mata gatal, alangkah lebih baiknya menggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa gatalnya. Karena, ada beberapa hal yang berbahaya jika kamu terlalu sering mengucek mata. Nah, berikut ini kita jelaskan bahaya terlalu sering mengucek mata dengan tangan gaes!

STOP! Ini Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata dengan Tangan

Oh iya, kalau kamu nonton film paling sedih yang bikin banjir air mata juga jangan menghapus air matanya sambil dikucek ya. Karena, sangat berbahaya banget untuk kesehatan mata.

Nah, berikut ini beberapa hal berbahaya jika kamu keseringan mengucek mata menggunakan tangan!

1. Kornea Mata Menjadi Tergores

bahaya terlalu sering mengucek mata

Kornea Mata Menjadi Tergores

Bahaya jika terlalu sering mengucek mata dengan tangan yang pertama adalah kornea mata akan menjadi tergores. Mungkin kamu merasakan gatal yang luar biasa di area mata, makanya kamu tergoda untuk mengucek mata dengan tangan.

Akan tetapi, kalau kamu menguceknya dengan tangan justru akan membuat kornea mata menjadi tergores. Apalagi kalau tangan yang kamu gunakan untuk mengucek kotor. Ini bisa berpindah gaes bakterinya ke mata. Jadi, lebih baik menggunakan air untuk menghilangkan rasa gatal pada mata tersebut.

2. Glaukoma

bahaya terlalu sering mengucek mata

Glaukoma

Bahaya yang kedua jika terlalu sering mengucek mata dengan tangan adalah akan menyebabkan kamu terkena Glaukoma. Glaukoma ini merupakan penyakit langka yang mengerikan. Jadi, nanti di mata kamu akan ada tekanan cairan di dalam mata gitu deh.

Tekanan cairan pada mata terlalu tinggi sehingga terlihat seperti katarak gitu gaes. Nah, penyebab terjadinya Glaukoma salah satunya kamu sering mengucek mata dengan tangan yang kotor tersebut.

3. Bertambahnya Minus pada Mata

bahaya terlalu sering mengucek mata

Bertambahnya Minus pada Mata

Bahaya jika terlalu sering mengucek mata dengan tangan yang ketiga adalah bertambahnya minus pada mata. Salah satu kebiasaan mengucek mata yang sulit dihilangkan saat mata terasa gatal. Padahal mengucek mata hanya akan memperburuk mata kamu loh gaes.

Khususnya untuk kamu yang terkena mata minus atau rabun jauh. Jika kamu terus menerus melakukan kebiasaan mengucek mata, maka kemungkinan besar minus kamu akan bertambah. Oleh sebab itu, untuk mengatasi mata minus bertambah, coba deh dengan menghilangkan kebiasaan mengucek mata.

4. Kerusakan Saraf Mata

bahaya terlalu sering mengucek mata

Kerusakan Saraf Mata

Bahaya yang keempat jika terlalu sering mengucek mata dengan tangan adalah akan terjadi kerusakan pada saraf mata. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau kamu sering mengucek mata maka akan ada tekanan cairan yang begitu tinggi, sehingga terjadinya Glaukoma.

Nah, kalau sudah terkena Glaukoma dan mata kamu mengalami gangguan aliran darah ke belakang mata, maka akan ada kemungkinan kamu mengalami kerusakan saraf. Ini akan sangat membahayakan mata kamu gaes. Jadi, jangan keseringan mengucek mata ya.

5. Menyebabkan Kebutaan

bahaya terlalu sering mengucek mata

Menyebabkan Kebutaan

Bahaya jika terlalu sering mengucek mata dengan tangan yang terakhir adalah menyebabkan kebutaan. Nah, ini yang paling mengerikan kalau kamu keseringan mengucek mata gaes. Mungkin awalnya kamu akan mengalami Glaukoma, katarak, infeksi dan lain sebagainya.

Namun, kalau kamu terus menerus melakukan kebiasaan tersebut dan mata kamu dalam kondisi yang kurang baik, bukan berarti tidak mungkin kamu mengalami kebutaan. Kalau sudah buta, ini akan merugikan diri sendiri loh gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih bahaya terlalu sering mengucek mata dengan tangan. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai bahaya terlalu sering mengucek mata dengan tangan ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau bahaya terlalu sering mengucek mata dengan tangan. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai bahaya terlalu sering mengucek mata dengan tangan ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top