Lifestyle

Berbahaya! 5 Penyakit Ini Datang Akibat Keseringan Main Game

Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Memang sih bermain game tidak sepenuhnya buruk dan ada beberapa manfaat lainnya ketika main game. Salah satunya kamu akan dilatih untuk berpikir kreatif dan menjadi orang yang sabar. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bermain game ada juga dampak buruknya.

Seperti halnya dampak buruk kecanduan bermain game MOBA, kamu mudah menjadi orang yang emosian dan kasar. Tidak hanya itu, kamu juga akan rentan terkena berbagai penyakit akibat keseringan bermain game. Nah, berikut ini beberapa penyakit akibat keseringan main game yang wajib kamu ketahui!

Kurang-Kurangin! Ini 5 Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Nggak cuma penyakit aja sih gaes, kalau kamu keseringan bermain game, kamu akan terpapar radiasi dari smartphone dan akan sulit untuk mencegah terpaparnya radiasi dari smartphone dibandingkan terkena penyakit berikut ini!

1. Migrain

Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Migrain

Penyakit akibat keseringan main game yang pertama adalah Migrain. Penyakit ini sering menyerang orang yang sangat jarang lupa minum air putih. Tidak menutup kemungkinan orang yang sering main game akan terkena penyakit ini karena mereka terlalu sibuk main game.

Perlu kamu ketahui gaes, ketika kamu mengalami migrain di satu sisi, hati-hati penyakit ini bisa menyebar ke bagian otak lainnya. Parahnya lagi, migrain bisa membuat seseorang merasa mual bahkan muntah, kemudian sangat sensitif dengan cahaya terlalu terang.

2. Insomnia (Gangguan Tidur)

Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Insomnia (Gangguan Tidur)

Penyakit  kedua yang diakibat keseringan main game adalah Insomnia atau gangguan tidur. Ketika kamu sudah kecanduan main game, maka siklus untuk tidur lelap akan terganggu. Hal ini disebabkan karena otak kamu terus menerus kepikiran dengan game yang sedang kamu mainkan.

Efeknya kamu akan tidak akan bisa tidur cepat, tidur lelap bahkan tidak bermimpi sama sekali. Dengan begitu, kamu akan merasa terus menerus kelelahan akibat kurangnya kualitas tidur yang baik. Jadi, cobalah untuk main game yang sewajarnya saja.

Baca Juga: 7 Kampus Khusus Gamers Terbaik di Dunia

3. Sakit Punggung

Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Sakit Punggung

Penyakit akibat keseringan main game yang ketiga adalah sakit punggung. Sakit punggung ini termasuk ke dalam gamers yang kecanduan games PC. Karena, mereka terus menerus duduk sambil bermain game, sehingga lupa untuk melakukan peregangan dan minum air putih, bahkan posisi yang tidak bagus saat bermain game, apalagi kalau kamu tidak menggunakan kursi gaming.

BACA
Mendarat di Es? Cuplikan Pendaratan Pesawat di Bandara Paling Mengerikan di Dunia

Biasanya penyakit ini pertama kali timbul, kamu akan merasakan nyeri yang luar biasa. Kalau didiamkan terus menerus atau tidak diobati bisa saja akan terkena punggung kronis bahkan kamu bisa saja terkena kanker paling mematikan di area punggung loh gaes.

4. Carpal Tunnel Syndrome

Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Carpal Tunnel Syndrome

Penyakit keempat yang diakibat keseringan main game adalah Carpal Tunnel Syndrome. Carpal Tunnel Syndrome merupakan penyakit kesemutan, rasa kaku, nyeri dan bengkak pada area tangan baik di sela-sela jari, telapak tangan maupun pergelangan tangan.

Penyakit ini sebenarnya sering kali menyerang orang yang setiap hari menggunakan komputer, makanya gamer PC pun akan berpeluang besar menderita penyakit ini. Hal ini sebabkan karena kamu terlalu lama menggunakan mouse dan juga keyboard gaming ketika sedang bermain game.

5. Computer Vision Syndrome

Penyakit Akibat Keseringan Main Game

Computer Vision Syndrome

Penyakit akibat keseringan main game yang terakhir adalah Computer Vision Syndrome. Penyakit ini menimbulkan gejala sakit kepala yang berlebihan, penglihatan yang mulai kabur, sakit leher, kelelahan, iritasi mata bahkan sampai ada yang menyebabkan mata menjadi buta.

Biasanya hal ini disebabkan karena kamu keseringan menatap layar smartphone dan juga PC. Sehingga menyebabkan mata kamu kelelahan dan kamu sangat sensitif dengan pencahayaan yang terlalu terang. Oleh sebab itu, kurang-kurangi bermain game di PC dan smartphone ya gaes.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan penyakit apa aja yang akan menyerang kamu kalau keseringan main game. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai penyakit akibat keseringan main game ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih penyakit yang menyerang orang ketika keseringan main game. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai penyakit akibat keseringan main game ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top