Tips

Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC dengan Mudah

Home / Windows / Tips / Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC dengan Mudah

Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Seperti yang kita ketahui, foto maupun video menjadi salah satu media yang sangat penting. Karena hadirnya bisa menjadi suatu kenangan dari suatu momen. Makanya gak heran kalau sekarang banyak orang yang membeli smartphone dengan kamera terbaik.

Karena dengan begitu, kamu bisa mengabadikan foto maupun video dengan kualitas yang bagus. Jadi gak heran kalau sekarang banyak merk smartphone terbaik yang berlomba-lomba membuat smartphone dengan kamera terbaik.

Setiap momen yang direkam dan difoto pun saat ini bisa langsung dibagikan di media sosial. Makanya sekarang hampir semua orang memiliki kurang lebih 2 smartphone terbaik, yang mana fungsinya berbeda. Ada yang untuk merekam video dan memotret foto.

Tapi walaupun kamu hanya memiliki satu smartphone aja, kamu bisa kok memotret foto saat merekam video loh! Bahkan kamu juga bisa mengambil foto yang ada di dalam video. Jadi  kamu bisa mengambil gambar dari video.

Apalagi sekarang kamu bisa mengambil foto dari video di iPhone. Nah, pas banget nih! Kali ini kami akan menjelaskan gimana sih cara ambil gambar dari video lewat PC. So, yuk disimak baik-baik langkah-langkahnya berikut ini!

Ini Cara Mengambil Gambar dari Video Lewat PC

Sama seperti mengambil gambar dari video di YouTube, ada 2 cara nih untuk ambil gambar dari video melalui PC atau laptop. Salah satunya melalui Windows Media Player dengan mengandalkan tombol Print Screen dan melalui software Screenpesso.

Nah, untuk caranya pun hampir sama dan tentunya mudah, untuk selengkapnya kamu bisa langsung simak aja langkah-langkahnya berikut ini ya!

1. Melalui “Windows Media Player

Sebelum kamu mencoba cara ini, pastika kalau PC kamu sudah terinstal software “Windows Media Player“. Karena software ini otomatis tersedia untuk pengguna sistem operasi Windows Media Player. Jika sudah ada, kamu tidak perlu menginstalnya lagi. Nah, untuk cara lengkapnya kamu bisa langsung simak berikut ini ya!

  • Pertama, cari video yang kamu ambil gambarnya > Kemudian klik kanan pada video tersebut.

 

Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik Kanan Pada Video

  • Kedua, setelah itu pilih “Open with” dan klikWindows Media Player” agar video tersebut diputar melalui software Windows Media Player.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik “Windows Media Player”

  • Ketiga, berikutnya video akan diputar di software Windows Media Player > Lalu kamu klik iconView full screen” yang ada di pojok kanan bawah layar > Selanjutnya ketika video diputar kamu bisa langsung tekan tombol “Windows + Print Screen” pada keyboard untuk mengambil gambar yang kamu inginkan. Jadi pastikan saat bagian gambar yang ingin kamu ambil, kamu sudah ancang-ancang menekan tombol tersebut.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik Icon “View full screen”

  • Nah!! Kira-kira begini hasil ambil gambar dari video lewat PC. Gimana? Mudah banget kan gaes?
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Hasil Mengambil Gambar Lewat PC

2. Melalui Software “Screenpesso

Untuk cara selanjutnya kamu membutuhkan software Screenpesso, dimana software ini bisa mengambil gambar video. Bukan cuma itu, kamu juga bisa merekam layar PC melalui software ini dengan mudah. Nah, untuk mengambil gambar melalui video di PC, kamu bisa simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Pertama, kamu diharuskan download dan install software “Screenpesso” seperti biasa di PC kamu.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Download dan Install Software “Screenpesso”

  • Kedua, lalu cari video yang kamu ambil gambarnya > Kemudian klik 2x pada video tersebut.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik 2 Kali Pada Video

  • Ketiga, maka video akan diputar di software Films & TV > Selanjutnya klik iconFull Screen” yang ada di pojok kanan bawah.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik Icon “Full Screen”

  • Keempat, lalu cari bagian gambar yang ingin kamu ambil dari video. Jika sudah ancang-ancang tekan tombol “Print Screen” pada keyboard > Selanjutnya atur bagian gambar yang ingin kamu ambil dengan cara drag garis menggunakan mouse.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Tekan Tombol “Print Screen” Pada Keyboard

  • Kelima, setelah itu akan tampil gambar-gambar yang telah kamu ambil di software “Screenpesso“. Jika ingin melihatnya kamu tinggal klik saja gambarnya.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Tampil Hasil Ambil Gambar dari Video

  • Kelima, selanjutnya kamu bisa mengedit hasil gambar yang tadi diambil dari video. Jika sudah mengeditnya dan ingin menyimpannya, kamu bisa klik menu “Save as” yang ada di kiri atas layar.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik Menu “Save as”

  • Keenam, kemudian cari folder untuk menyimpan gambar yang tadi kamu ambil. Ganti nama file dan klik tombol “Save” untuk menyimpan gambar.
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Klik Tombol “Save”

  • Tara!!! Sekarang kamu sudah berhasil deh mengambil gambar dari video menggunakan PC. Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut ini!
Cara Ambil Gambar dari Video Lewat PC

Hasil Mengambil Gambar dari Video Melalui PC

TIPS

  • Untuk bisa mendapatkan hasil gambar dengan kualitas tinggi atau, pastikan video yang ingin kamu ambil gambrnya memiliki resolusi yang paling tinggi.
  • Pastikan sebelum bagian video yang ingin kamu ambil gambarnya, jari kamu sudah stand by di tombol Print Screen.
  • Jika hasil gambarnya kurang bagus dikarenakan resolusi video yang rendah, kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi edit foto PC dengan mengatur kontras cahaya.

So, itulah beberapa rekomendasi cara ambil foto dari video di PC atau laptop. Gimana nih gaes, mudah banget kan cara mengambil foto dari video lewat PC atau laptop? Oh iya, kalau kamu ada kritik dan saran, silakan tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes.

Jangan lupa juga untuk share artikel cara mengambil gambar dari video di PC atau laptop ini ke teman-teman kamu ya gaes, siapa tau mereka belum tau cara mudahnya untuk ambil foto dari video khusus pengguna laptop atau PC 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top