Internet

Cara Membuat Website Secara Gratis, Cocok untuk Pemula!

Home / Internet / Cara Membuat Website Secara Gratis, Cocok untuk Pemula!

Cara Membuat Website Gratis

Di zaman serba canggih saat ini, segala hal aktivitas sudah menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk cara membuat website gratis. Menariknya per Agustus 2021 sudah ada lebih dari 200 juta website yang aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Di antara pemilik website tersebut dibuat oleh secara individu, organisasi, hingga perusahaan besar.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini membuat siapapun bisa menciptakan situs web dengan tingkat kesulitan teknis tertentu.

Meski terlihat sulit, namun kini sudah tersedia tool atau alat yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website dengan lebih mudah dan gratis.

Bahkan bisa dibilang siapapun bisa membuat situs web atau blog dengan instan dan cepat. Untuk cara membuatnya juga tergolong banyak, diantaranya yang populer saat ini adalah membuat website menggunakan WordPress dan Blogger.

Nah, kali ini TipsPintar akan memberitahu kamu cara membuat website melalui WordPress dan Blogger. Simak ulasan berikut ini sampai habis ya!

Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Cara membuat website secara gratis yang pertama adalah dengan menggunakan WordPress. Kamu bisa membuat website profesional dengan hosting yang gratis menggunakan salah satu platform CMS populer, yakni WordPress.

Platform ini seringkali digunakan untuk kebutuhan organisasi, bisnis, maupun keperluan besar yang lain.

Hal itu dikarenakan di WordPress terdapat fitur canggih bernama Plugins. Fitur tersebut bisa membuat suatu tampilan website bisa menjadi lebih lengkap dengan berbagai kebutuhan yang kompleks.

Nggak heran kalau banyak website pebisnis dan brand besar yang menggunakan platform ini. Tidak hanya mereka saja, kamu juga bisa menggunakan WordPress untuk membuat website pribadi.

Bagi kamu yang penasaran dengan cara membuat website menggunakan WordPress, langsung simak saja langkah berikut ini!

1. Daftar ke WordPress

Daftar ke WordPress

Daftar ke WordPress

Bisa dibilang saat ini ada berbagai platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat situs web baru atau biasa disebut dengan Content Management Systems (CMS).

Salah satu platform CMS terkenal saat ini dan sering digunakan oleh banyak orang ialah WordPress.

Sebelum bisa membuat website di platform ini, kamu harus mengunjungi situs WordPress.com terlebih dahulu, lalu klik tombol Buat situs web Anda.

Setelah itu, isi kolom data pendaftarnya, seperti Alamat email Anda, Nama Pengguna, dan Pilih kata sandi.

Jika sudah selesai mengisi kolom data pendaftarnya, klik tombol Buat akun Anda. Di bagian ini, kamu juga bisa melakukan pendaftarannya menggunakan akun Google atau Apple kamu.

2. Tentukan Nama Domain dan Hosting

Tentukan Nama Domain dan Hostingg

Tentukan Nama Domain dan Hosting

Ketika kamu sudah berhasil login ke dalam WordPress.com, selanjutnya kamu bisa menentukan nama domain dari situs web-nya.

Domain sendiri ialah alamat yang akan digunakan untuk menemukan situs web kamu.

Bagian yang satu ini merupakan salah satu aspek yang cukup menyenangkan dari keseluruhan dalam proses pembuatan website.

Kamu memiliki kebebasan dalam menentukan nama domain apapun yang diinginkan untuk situs web kamu. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menentukan nama situs web agar terlihat lebih profesional, diantaranya adalah:

  • Memiliki unsur nama website yang unik dan berbeda dari situs web lainnya.
  • Singkat, padat, mudah di eja, ditulis, dan diingat.
  • Cek ketersediaan nama domain menggunakan tool cek domain, seperti¬†domainr.com.
  • Tentukan nama domain terbaik.

Jika sudah selesai menentukan nama domain-nya, kamu bisa memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Web Hosting adalah sebuat tempat penyimpanan online yang dapat digunakan untuk menyimpan semua data yang ada di dalam suatu website.

Ada beberapa jenis web hosting yang sedang naik daun saat ini dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting.

Namun, jika bingung kamu juga bisa menggunakan web hosting bawaan dari WordPress, yakni WordPress hosting.

Layanan hosting di WordPress menawarkan fitur otomatis yang membuat pengelolaan WordPress menjadi lebih mudah dilakukan hanya dengan beberapa kali klik saja.

3. Pelajari UI WordPress

Pelajari UI WordPresss

Pelajari UI WordPresss

Setelah selesai menentukan nama domain dan hosting, kamu bisa masuk ke dalam WordPress dan kamu akan diperlihatkan User Interface (UI) atau antarmuka utama WordPress dengan berbagai Menu, seperti:

  • Beranda Saya, tempat untuk mempublikasikan, mengedit dan mengembangkan website.
  • Stat, merupakan tempat untuk mengetahui aktivitas dan perilaku pengunjung website.
  • Kotak Masuk, tempat utama untuk mengakses, menyiapkan, dan mengelola email yang kamu masukkan ke dalam website.
  • Post, tempat dimana kamu bisa membuat, edit, dan kelola blog atau artikel website.
  • Media, tempat yang dapat digunakan untuk mengelola semua media website kamu, seperti gambar, video, dan lain sebagainya.
  • Laman, tempat untuk menampilkan artikel atau blog terbaru yang kamu pos di website.
  • Komentar, tempat untuk melihat, balas, dan mengelola komentar yang ada di website.

Kamu juga bisa menggunakan platform bantuan seperti Websitebos.com untuk mendalami seputar fungsi UI, fitur, dan cara membuat website profesional melalui WordPress.

4. Pilih Tema Website

Pilih Tema Website

Pilih Tema Website

Ketika kamu sudah memahami UI WordPress, berikutnya adalah memilih tema atau bentuk yang ingin kamu tampilkan di website kamu.

Di WordPress sendiri sudah tersedia berbagai tema website yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Hanya dengan sekali klik maka tampilan website kamu akan berubah sesuai dengan tema yang sudah kamu pilih.

5. Mulai Post Artikel di WordPress

Mulai Post Artikel di WordPress

Mulai Post Artikel di WordPress

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan dalam membuat website di WordPress adalah dengan memulai post informasi atau artikel yang ingin kamu sampaikan.

Untuk membuat posting artikel baru, kamu bisa kunjungi menu Pos lalu klik tombol Tambahkan Pos Baru. Kemudian buat artikel untuk website kamu dan di bagian ini terdapat 3 tombol yang memiliki fungsi berbeda.

Tombol Simpan draf berfungsi untuk menyimpan artikel yang kamu buat, lalu tombol Pratinjau untuk melihat tampilan artikel kamu di website nantinya, dan menu Terbitkan berfungsi untuk memposting artikel yang kamu buat ke website.

Tampilan opsi, dan fungsi pada menu Pos ini sendiri hampir sama dengan menu yang ada di dalam menu Laman.

Cara Membuat Website Menggunakan Blogger

Blogger merupakan salah satu platform terkenal yang biasanya digunakan untuk membuat website jenis blog. Sudah banyak orang yang membuat website melalui platform CMS yang satu ini.

Blogger sendiri dirilis pada tahun 1999 lalu dan kini telah berkembang pesat yang diiringi dengan peningkatan fitur yang cukup signifikan.

Blogger juga bisa dibilang sebagai platform alternatif untuk kamu yang ingin memiliki website, tapi belum paham bahasa pemrograman atau teknikal coding.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat website dengan lebih mudah, Blogger juga memiliki beragam fitur gratis yang bisa kamu gunakan.

Berikut ini cara membuat website dengan mudah menggunakan Blogger yang bisa kamu ikuti.

1. Login ke Platform Blogger

Login ke Platform Blogger

Login ke Platform Blogger

Cara pertama untuk membuat website di platform Blogger adalah dengan membuka halaman Blogger.com terlebih dahulu.

Kemudian kamu bisa melakukan pendaftaran dengan cara klik tombol CREATE YOUR BLOG dan masukkan akun Google yang kamu miliki.

Hal itu dikarenakan saat ini Blogger sudah milik perusahaan Google sehingga dibutuhkan akun Google agar kamu bisa membuat website di platform CMS yang satu ini.

2. Masukkan dan Konfirmasi Profil Blogger

Masukkan dan Konfirmasi Profil Blogger

Masukkan dan Konfirmasi Profil Blogger

Jika sudah selesai melakukan pendaftaran, kamu bisa konfirmasi dan pastikan profil yang kamu daftarkan ke Blogger itu sudah valid. Setelah selesai, klik bagian “Lanjutkan ke Blogger”.

3. Pilih Judul Blog

Pilih Judul Blog

Pilih Judul Blog

Kemudian kamu akan masuk ke halaman ini yang mana kamu bisa memilih nama judul untuk Blog website kamu. Pastikan judul blog yang kamu gunakan itu masih berhubungan dengan apa yang akan kamu buat pada website kamu nantinya.

Sebab, dengan begitu judul dan tampilan website kamu akan selaras serta konsisten dalam memberikan informasi tertentu.

Setelah selesai menentukan judul blog, kamu bisa tekan tombol Berikutnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Tentukan Nama Domain dan Template Website

Tentukan Nama Domain dan Template Website

Tentukan Nama Domain dan Template Website

Di langkah ini, kamu harus menentukan nama domain sebagai alamat situs web kamu. Sebaiknya kamu memilih nama untuk situs web-nya itu singkat, jelas, unik, dan berhubungan dengan informasi yang akan kamu buat.

Misalnya, jika kamu ingin membuat website dengan informasi seputar makanan, kamu bisa memberikan nama domain-nya, seperti duniamakanan.blogspot.com atau asikmakan.blogspot.com.

Akhiran domain .blogsport.com itu secara otomatis bisa kamu gunakan apabila kamu menginginkan domain yang gratis.

Kalau sudah menemukan nama domain-nya, pilih Tema website yang kamu inginkan, dimana Tema ini nantinya bisa kamu ubah kapanpun.

5. Posting Artikel Website

Posting Artikel Website

Posting Artikel Website

Posting artikel merupakan langkah terakhir dalam proses pembuatan website di Blogger secara gratis.

Kamu bisa posting informasi atau artikel dengan menambahkan unsur visual, seperti gambar dan video untuk memperbagus tampilan website kamu, sehingga pengunjung website bisa nyaman dalam membaca informasinya.

Cara posting artikel nya adalah dengan mengunjungi menu Posting Baru, lalu buat artikelnya, dan jika sudah selesai kamu cukup klik tombol Publikasikan.

Dengan begitu, maka artikel yang kamu buat akan secara otomatis muncul di halaman website kamu.

Penutup

Itulah beberapa cara membuat website gratis yang cocok untuk pemula dan bisa kamu ikuti.

Dengan membangun website pribadi, kamu jadi memiliki media untuk menumpahkan segala sesuatu hal kreatif, seperti menulis kegiatan unik yang kamu lakukan sehari-hari ataupun menceritakan pengalaman seru yang pernah kamu alami.

Namun, kalau kamu ingin membangun situs web untuk keperluan bisnis, maka tentunya kamu harus mengetahui apa yang diinginkan oleh target market atau pelanggan kamu, jadi tidak hanya ingin memberikan apa yang ingin kamu sampaikan.

Sebab, apabila kamu menghiraukan kebutuhan target market kamu, maka itu akan berpotensi website kamu sepi pengunjung.

Selain itu, kamu juga bisa update website secara bertahap, terutama pada saat kamu memberikan informasi terkait harga, untuk menghindari terjadinya kesalahan informasi.

Gunakan pengoptimalan mesin telusur Google atau SEO agar situs web mudah ditemukan oleh pelanggan kamu.

Oh iya, jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya, agar bisa menjadi referensi mereka yang ingin membuat website secara gratis. Semoga membantu!

Baca Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top