Tech-Fun!

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Seperti yang kita ketahui, salah satu cara mendapatkan uang dari internet selain menjadi YouTuber, ada juga yang menjadi blogger. Apalagi dengan menjadi blogger ini bisa dilakukan dimana pun dan kapanpun. Makanya blogger menjadi salah satu pekerjaan part time yang paling cocok untuk anak kuliahan.

Walaupun menjadi blogger kelihatannya mudah tapi belum tentu juga loh gaes. Karena, untuk bisa menghasilkan uang dari blog kamu harus melewati beberapa proses terlebih dahulu. Salah satunya hal yang paling penting sebelum membuat blog.

Nah, pas banget nih! Kali ini kita bakalan bahas hal yang perlu diketahui sebelum membuat blog. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

Catat! Berikut Ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Kalau kamu ingin mendapatkan uang dari blog, kamu harus mengikuti hal yang perlu diketahui sebelum membuat blog berikut ini ya!

1. Menentukan Konsep untuk Blog

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Menentukan Konsep untuk Blog

Hal yang perlu diketahui sebelum membuat blog yang pertama adalah kamu harus menentukan konsep blog. Konsep ini juga meliputi topik yang nantinya akan kamu bahas di blog. Sama halnya dengan membuka online shop, kamu harus tau nih konsep apa sih yang harus ditampilkan dan diberikan.

Jangan sampai kamu menentukan konsep yang bisa membuat orang lain cepat bosan. Selain itu, dengan menentukan konsep, kamu juga harus menentukan target pembaca blogmu. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan baik dan benar.

2. Buatlah Blog yang Sesuai dengan Passion

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Buatlah Blog yang Sesuai dengan Passion

Hal yang perlu diketahui ketika akan membuat blog yang kedua adalah dengan membuat blog yang sesuai dengan passionmu. Yups, setelah kamu sudah menentukan konsep blog, jangan lupa kamu harus membuat blog yang sesuai dengan passionmu. Hal ini betujuan agar kamu tidak cepat bosan ketika akan membuat blog.

Karena, banyak yang gagal dalam membuat blog karena mereka tidak suka dengah tulisan yang mereka buat. Jadi, kalau kamu sudah malas membuat blog, kapan dong kamu bisa diterima Google AdSense-nya, kalau menulis blog saja sudah malas?

3. Persiapkan Strategi Blogging

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Persiapkan Strategi Blogging

Hal yang perlu diketahui sebelum membuat blog yang ketiga adalah dengan mempersiapkan strategi blogging. Sebelum kamu mengimplementasikan blog ke publik, coba deh kamu pikirkan strategi apa aja sih yang harus dilakukan agar trafik blog kamu bagus.

BACA
10 Hobi yang Menghasilkan Uang Banyak, Mungkin Ini Hobi Kamu!

Contohnya seperti membuat konten yang konsisten, kemudian bisa juga dengan membuat artikel yang sudah terjadwal, tema blog, kata kunci yang digunakan, membagikan artikelnya ke aplikasi media sosial dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa terus meningkatkan kualitas blog yang kamu rintis.

4. Pilih Platform dan Domain Blog

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Pilih Platform dan Domain Blog

Hal yang perlu diketahui ketika akan membuat blog yang keempat adalah dengan memilih platform dan domain blog. Nah, ini juga gak kalah pentingnya gaes! Jangan sampai kamu salah memilih platform untuk membuat bloging dan jangan sampai domain yang kamu gunakan sulit diingat.

Oh iya, domain yang baik itu, domain yang mudah diingat dan tentunya unik dibandingkan yang lain. Jangan lupa dengan hosting yang kamu gunakan. Karena, kapasitas hosting yang sedikit bisa mempengaruhi web menjadi lemot, jadi itu bukan karena kecepatan internet yang lemot loh! Tapi, penggunaan hosting yang memang terbatas.

5. Optimalkan Blog

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Optimalkan Blog

Hal yang perlu diketahui sebelum membuat blog yang terakhir adalah dengan optimalkan blog. Mungkin banyak yang berpendapat kalau membuat blog mudah, padahal tidak loh gaes! Ketika kamu sudah membuat blog, maka kamu harus terus mengoptimalkannya.

Banyak hal yang bisa kamu optimalkan di dalam blog, salah satunya dengan mengenal algoritma Google dan mengimplementasikan algoritma tersebut ke dalam blog kamu. Sehingga, blog kamu bisa tampil di halaman 1 Google dan juga mendapatkan trafic yang banyak.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top