Internet

8 Cara Membuat Website Sendiri di WordPress, Mudah dan Praktis!

Home / Internet / 8 Cara Membuat Website Sendiri di WordPress, Mudah dan Praktis!

Cara Membuat Website Sendirii

Cara membuat website sendiri merupakan salah satu hal yang wajib diketahui oleh kamu yang ingin coba-coba membuat website. Pastinya kamu juga pernah berfikir apakah buat website sendiri itu harus bisa coding dulu?

Eitss… tidak perlu khawatir, di zaman serba canggih saat ini kamu sudah bisa membuat website tanpa harus menggunakan coding, yakni dengan memanfaatkan platform CMS seperti WordPress.

Munculnya WordPress bisa dibilang membantu semua orang yang ingin membuat website untuk pribadi ataupun bisnis dengan lebih mudah. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menggunakan coding yang tidak mudah dipahami untuk membuat website.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di dalam dashboard WordPress untuk membangun dan memaksimalkan tampilan website kamu agar terlihat profesional.

Bagi kamu yang penasaran dengan cara membuat website sendiri menggunakan WordPress, langsung saja simak ulasan berikut ini sampai habis!

Apa Itu WordPress?

Apa itu WordPress

Apa itu WordPress?

Beberapa dari kamu pasti sudah pernah mendengar tentang platform WordPress yang sering digunakan oleh banyak orang terutama para blogger. Tapi, apakah kamu tahu apa itu WordPress?

WordPress ialah salah satu Platform Content Management System (CMS) yang memiliki fungsi untuk membuat, mengatur, membaca, memperbarui, hingga mengembangkan suatu website.

WordPress ini sendiri muncul pertama kali pada tahun 2003 yang dibuat oleh Matt Mullenweg dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.

WordPress menyediakan berbagai fitur yang mana seseorang bisa membuat website dengan lebih mudah tanpa harus mengetahui atau memahami bahasa pemrograman.

Dengan kata lain, kamu bisa membuat website di WordPress tanpa harus menggunakan coding.

Cara Membuat Website di WordPress

Cara membuat website sendiri di WordPress itu tergolong mudah dilakukan, bahkan bisa dibilang sangat cocok untuk pemula.

Namun, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum ingin membuat suatu website di WordPress agar tidak bingung dan salah langkah.

Nah, berikut ini cara mudah membuat website sendiri di WordPress yang bisa kamu ikuti, simak baik-baik ya!

1. Pilih Jenis Website

Pilih Jenis Website

Pilih Jenis Website

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis website yang ingin dibuat. Sebelum membuat website, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tujuan membuat website itu sendiri.

Apa fungsi website yang akan kamu buat? Apakah website tersebut akan digunakan untuk pribadi atau untuk bisnis?

Sebab, dengan begitu kamu akan lebih mudah menentukan konsep yang akan kamu gunakan, tema, dan hal lainnya yang harus kamu lakukan dalam proses pengembangan website kamu nantinya.

Berikut ini beberapa referensi jenis website yang paling sering digunakan dan bisa kamu coba:

  • Toko Online. Jenis website yang satu ini berfungsi sebagai platform jual-beli suatu barang atau jasa secara online. Website toko online harus memiliki isi dan struktur tampilan yang lengkap, seperti detail produk, opsi pengiriman, metode pembayaran, dan lain sebagainya, dimana tujuan hal tersebut untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan aktivitas jual-beli online.
  • Blog. Merupakan salah satu jenis website yang saat ini cukup populer. Sebuah blog biasanya mengutamakan informasi terbaru. Jadi, nggak heran kalau sebuah blog berisi beragam konten yang selalu update dan memiliki audiens atau target market sendiri. Tidak hanya untuk pribadi saja, jenis website ini juga sering dimanfaatkan oleh pebisnis atau perusahaan. Sebab, blog sangat berpengaruh terhadap peningkatan trafik website dan engagement.
  • Portofolio. Tentunya kamu juga bisa menggunakan website untuk portofolio atau sebagai media mengumpulkan suatu pencapaian dari hasil kerja keras kamu. Dengan membuat website portofolio online, siapapun dan dimanapun seseorang bisa lebih mudah mengetahui keahlian yang kamu miliki. Bisa saja ada orang yang menawarkan pekerjaan menggiurkan dari portofolio online kamu.
  • Berita. Adalah jenis website yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk menyampaikan suatu artikel tentang berita atau informasi terbaru. Kamu bisa membuat website seputar berita, seperti teknologi terbaru, smartphone terbaik, game paling populer, dan lainnya.
  • Komunitas. Kamu bisa membuat jenis website ini sebagai platform untuk berbagi informasi pada suatu forum atau komunitas. Membuat website komunitas tentunya akan sangat bermanfaat jika di dalam komunitas tersebut ada banyak anggota yang berasal dari berbagai daerah. Dengan begitu, informasi dan bertukar pendapat tetap bisa dilakukan tanpa memikirkan jarak.

2. Daftar dan Login ke Website WordPress

Daftar ke WordPress

Daftar dan Login ke WordPress

Sebenarnya saat ini ada berbagai macam platform Content Management System (CMS) yang bisa kamu gunakan untuk membuat website.

Tapi, kamu bisa menggunakan salah satu platform CMS yang paling populer saat ini, yakni WordPress yang dapat kamu andalkan dalam membangun suatu website.

Sebelum bisa membuat di platform ini, kamu harus mengunjungi situs WordPress.com terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran dengan cara klik tombol Buat situs web Anda.

Kemudian kamu isi data pendaftarnya, mulai dari Alamat email Anda, Nama Pengguna, sampai Pilih kata sandi.

Setelah selesai mengisi kolom data pendaftarnya, kamu bisa klik tombol Buat akun Anda. Pada bagian ini, kamu juga bisa melakukan pendaftarannya menggunakan akun Google atau Apple milikmu.

3. Tentukan Nama Domain dan Hosting

Tentukan Nama Domain dan Hostingg

Tentukan Nama Domain dan Hosting

Domain merupakan nama yang akan digunakan sebagai alamat yang ditujukan kepada sebuah website tertentu.

Selain itu, domain juga memiliki fungsi sebagai pengganti alamat IP yang mana isinya itu adalah kumpulan angka yang rumit dan bisa menyusahkan pengguna yang ingin mencari website kamu.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membuat dan menentukan nama domain yang mudah dicari serta diingat oleh pengunjung website kamu.

Tidak hanya itu, pastikan kamu juga membuat nama domain yang sesuai dengan isi konten atau artikel yang nantinya akan kamu buat di website kamu.

Misalnya kamu ingin membuat website yang berhubungan dengan berita terbaru, maka kamu bisa membuat nama domain-nya, seperti www.beritaterbaru.id.

Sebaiknya kamu juga menggunakan ekstensi domain yang populer, seperti .com, .id, .net, dan lain sebagainya.

4. Pilih Tema Website

Pilih Tema Website

Pilih Tema Website

Setelah selesai membuat nama domain, langkah membuat website di WordPress berikutnya adalah memilih tema atau bentuk tampilan website yang kamu inginkan.

WordPress sendiri menyediakan berbagai tema website yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Hanya dengan sekali klik saja, maka tampilan website kamu akan berubah secara otomatis sesuai dengan tema yang sudah kamu pilih.

5. Pahami UI WordPress

Pelajari UI WordPresss

Pahami UI WordPresss

Pada saat sudah memilih tema website, kamu akan diarahkan untuk masuk ke dalam dashboard WordPress. Nah, di bagian ini kamu juga akan diperlihatkan User Interface (UI) WordPress dengan beragam Menu yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Berikut ini penjelasan beberapa fungsi Menu utama yang ada di dalam dashboard WordPress yang bisa kamu pahami:

  • Beranda Saya. Tempat untuk mempublikasikan, mengedit, sekaligus mengembangkan website.
  • Stat. Halaman yang berfungsi untuk mengetahui aktivitas dan perilaku pengunjung website.
  • Kotak Masuk. Tempat yang berguna untuk mengakses, menyiapkan, dan mengelola email yang dicantumkan di dalam website.
  • Post. Merupakan halaman yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengelola blog atau artikel website.
  • Media. Ialah tempat yang memiliki fungsi untuk mengelola semua media yang kamu masukkan ke dalam website, seperti gambar, video, dan lain sebagainya.
  • Laman. Adalah halaman untuk menampilkan artikel atau blog terbaru yang kamu pos di website.
  • Komentar. Tempat yang mana kamu bisa melihat, balas, serta mengelola komentar yang ada di website.

Untuk mendalami seputar fungsi UI, menu, dan juga membuat website secara profesional, kamu juga bisa menggunakan platform bantuan seperti Websitebos.com lho.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diajarkan tentang cara menghasilkan uang melalui website juga, menarik banget kan?

6. Install Plugin

Install Plugin

Install Plugin

Dalam membuat dan membangun website, jangan lupa untuk meng-install berbagai plugin gratis yang sudah disediakan oleh WordPress.

Hal tersebut dikarenakan plugin sendiri merupakan suatu program tambahan yang dibuat untuk menjalankan beberapa fungsi khusus pada website.

Kamu bisa mengunduh plugin-plugin populer saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan website kamu.

Berikut ini beberapa plugin WordPress terpopuler yang sering digunakan oleh banyak orang:

  • Yoast SEO. Merupakan salah satu plugin WordPress terbaik yang memiliki fungsi untuk menilai konten kamu sudah SEO Friendly atau belum. SEO sendiri adalah sebuah teknik untuk meningkatkan visibilitas website kamu di halaman hasil mesin pencari (SERP). Mulai dari keyword, judul, struktur, dan lainnya dapat mempengaruhi Google untuk memberikan peringkat website kamu.
  • UpdraftPlus. Ialah plugin WordPress yang berfungsi untuk mencadangkan data website. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir terjadinya resiko kehilangan data apabila terjadinya kerusakan sistem, hard drive, sampai masalah keamanan website kamu. UpdraftPlus sendiri bisa menyimpan berbagai jenis data, seperti tema, Plugin, postingan, dan database.
  • Smart Slider. Adalah plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membuat slider atau slide pada website kamu, dan lain sebagainya.

Kamu bisa melakukan instalasi plugin di WordPress, yakni dengan cara klik menu Plugin, lalu pilih yang Add New. Setelah itu, kamu install plugin yang menurutmu paling penting dalam perkembangan website yang kamu buat.

7. Tambah Halaman Website

Tambah Halaman Website

Tambah Halaman Website

Meskipun kamu sudah menggunakan tema gratis dari WordPress, tapi tentunya ada beberapa bagian yang tidak sesuai dengan keinginan. Misalnya halaman pada menu About Us dan Contact yang ada di website kamu.

Nah, untuk menambahkan halaman website yang baru, kamu cukup klik menu Laman pada dashboard WordPress, lalu klik Tambah Baru.

Kemudian, kamu bisa pilih Menu dan halaman dengan isi tampilan yang sesuai dengan keinginan kamu. Setelah itu, isi template atau halaman barunya dengan informasi yang kamu ingin sampaikan.

8. Tambahkan Slider

Tambahkan Slider

Tambahkan Slider

Langkah terakhir membuat website di WordPress yang bisa kamu ikuti adalah menambahkan slider pada website. Hal ini dilakukan agar tampilan website kamu menjadi lebih bagus dan menarik.

Salah satu cara menambahkan slider pada website, yaitu dengan install plugin seperti Smart Slider 3. Setelah berhasil di-install, berikut ini cara menambahkan slider pada website:

  • Klik menu Smart Slider 3 > Lalu klik New Slider.
  • Kemudian berikan nama untuk slider-nya.
  • Setelah itu, pilih preset yang kamu butuhkan, dan tekan tombol Create.
  • Lalu klik Add Slide dan pilih gambar atau video yang kamu ingin masukkan ke dalam slider tersebut.
  • Jika ingin mengubah gambarnya, kamu bisa klik tombol Edit pada tengah gambar yang sudah di posting. Kemudian jika sudah selesai, klik tombol Save.
  • Selanjutnya klik Pages > All Pages.
  • Klik halaman yang ingin ditambahkan slider, kemudian klik Edit with Elementor. Dibagian ini, pastikan kamu sudah install plugin Elementor ya.
  • Setelah itu, kamu bisa klik tombol Smart Slider 3 dan drag slider tersebut ke arah posisi yang kamu inginkan, kemudian klik Update.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara membuat website sendiri di WordPress tanpa menggunakan coding. Menurutmu gimana, cara membuat website-nya mudahkan? Langsung saja coba dan rasakan membuat website sendiri dengan leluasa!

Oh iya, jangan lupa juga untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya, agar mereka bisa mengetahui cara membuat website sendiri tanpa coding. Semoga bermanfaat!

Baca Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top