Kepo

AWAS, Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari!

Home / Kepo / AWAS, Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari!

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Mengenal ciri-ciri kolesterol tinggi penting untuk diketahui supaya Kamu bisa dengan bijak menangani atau mengantisipasi permasalahan kesehatan tersebut agar tidak terjadi dalam tubuh mu.

Bukan cuma itu, jika Kamu abai dengan kadar kolesterol yang tinggi bisa saja Kamu akan terkena risiko masalah kesehatan lainnya, terutama pada kesehatan jantung entah itu stroke atau serangan jantung koroner.

Ciri-ciri kolesterol tinggi ini sendiri dapat muncul tanpa disadari, lho! Jadi, gimana sih cara mengetahuinya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Mengenal Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Terkadang, kadar kolesterol tinggi jarang disadari oleh pengidapnya. Gejala umum yang biasanya terjadi adalah mudah lelah dan juga kesemutan. Jika hal tersebut sering dialami, maka Kamu harus mewaspadainya!

Nah, selain dua ciri umum tersebut, ada ciri-ciri lain yang biasanya menandakan bahwa tubuh mu memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

1. Benjolan di Sekitar Mata

Benjolan di sekitar mata

Benjolan di sekitar mata

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah munculnya benjolan di sekitar area mata atau yang dikenal sebagai xanthoma. Kondisi ini terjadi saat lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit.

Xanthoma sering dijumpai pada area kelopak mata dengan bentuk berupa gumpalan lemak yang memiliki warna sedikit kekuningan. Namun, xanthoma ini bukan hanya tumbuh di area bawah mata, namun juga bisa tumbuh pada organ dalam lainnya.

Sebenarnya, kondisi ini sendiri tidak berbahaya namun menjadi salah satu indikasi bahwa ada gangguan kesehatan tertentu dalam tubuh mu, salah satunya kadar kolesterol yang tinggi.

2. Sering Merasa Ngantuk

Mudah merasa ngantuk

Mudah merasa ngantuk

Ciri-ciri lain dari kadar kolesterol yang tinggi adalah rasa mudah mengantuk bagi para pengidapnya. Hal ini dapat terjadi sebab kadar kolesterol tinggi yang menghambat aliran darah sehingga pengaliran oksigen tidak berjalan dengan normal.

Selain mengantuk, Kamu juga bisa merasa lebih mudah lelah saat melakukan aktivitas meski itu kegiatan ringan sekalipun. Cobalah untuk mengonsumsi air mineral yang cukup agar oksigen dalam darah dapat mengalir lebih baik.

3. Nyeri Dada

Nyeri Dada

Nyeri Dada

Ciri-ciri kolesterol tinggi lain yang patut Kamu waspadai adalah munculnya rasa nyeri pada dada. Hal tersebut dapat terjadi karena tingginya kadar kolesterol yang dapat membuat endapan di dinding arteri yang kemudian mengurangi aliran darah.

Gejala ini jangan sampai Kamu anggap sepele ya, karena dikhawatirkan dapat memicu penyakit serius lainnya seperti serangan jantung, stroke, dan sebagainya.

4. Rasa Pegal Pada Leher

Nyeri pada leher

Nyeri pada leher

Di saat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, beberapa pembuluh darah di dalam tubuh akan mengalami penyumbatan yang dapat memengaruhi sirkulasi darah baik ke jantung atau pun ke kepala.

Hal tersebut lah yang menyebabkan seseorang dengan kadar kolesterol tinggi akan mengalami rasa pegal atau nyeri di sekitar punggung dan leher.

5. Nyeri Kaki

Nyeri Kaki

Nyeri Kaki

Munculnya rasa nyeri pada Kaki yang membuat Kamu kesulitan beraktivitas dapat menjadi salah satu pertanda bahwa kadar kolesterol dalam tubuhmu itu cukup tinggi.

Meski demikian, gejala ini bisa jadi juga dikarenakan efek dari terlalu lama berjalan kaki atau aktivitas fisik lain seperti olahraga yang mengandalkan kemampuan otot Kaki.

Namun, jika hal ini terjadi secara konsisten maka alangkah baiknya Kamu coba mengukur kadar kolesterol mu di fasilitas kesehatan terdekat.

6. Nafsu Makan Menurun

Nafsu Makan Menurun

Nafsu Makan Menurun

Biasanya, orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, gejala yang satu ini sering kali tidak disadari.

Jadi, jika Kamu merasakan ada indikasi kolesterol dan merasa nafsu makan menurun di saat yang bersamaan, ada baiknya melakukan tes kolesterol sesegera mungkin.

Dengan melakukan tes lebih awal, Kamu bisa lebih cepat mengambil tindakan untuk menangani permasalahan kesehatan tersebut sebelum berlanjut pada komplikasi penyakit lainnya.

7. Kram di Area Kaki

Kram Kaki

Kram Kaki

Gejala kolesterol tinggi lain yang patut diwaspadai adalah timbul kram di area kaki pada malam hari. Kondisi ini sendiri tidak jarang disebabkan karena kesalahan pada posisi saat tidur. Namun, yang membedakannya dengan gejala kolesterol adalah rasa kram yang muncul pada area telapak kaki, jari-jari, dan juga tumit.

Nah, untuk mengatasi kram tersebut, Kamu dapat meluruskan kaki di atas kasur kemudian pegang telapak kaki dan dorong ke arah dalam secara perlahan agar aliran darah kembali lancar.

8. Stres yang Berlebih

Stress yang berlebih

Stress yang berlebih

Kamu perlu tahu bahwa mengalami stres yang berlebih menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Ya, hal ini bisa terjadi sebab kadar kolesterol jahat dalam otak yang terlalu yang dapat mengakibatkan gangguan pada kemampuan otak dalam mengatur emosi.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan akan berakibat pada depresi hingga alzheimer. Jadi bukan hanya sekedar menurunkan kadar kolesterol, tapi kemampuan Kamu untuk mengendalikan stres juga sangat dibutuhkan.

9. Kehilangan Keseimbangan

Kehilangan keseimbangan

Kehilangan keseimbangan

Jika Kamu tiba-tiba mengalami kehilangan keseimbangan, bisa jadi Kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Selain gejala kolesterol, kehilangan keseimbangan pun juga menjadi salah satu tanda-tanda gejala stroke.

Nah, kehilangan keseimbangan ini sendiri juga sering diiringi dengan kesulitan untuk menggerakkan mulut, tangan, atau kaki yang terasa lemas sehingga sulit untuk berjalan.

10. Kuku yang Kekuningan

Kuku kekuningan

Kuku kekuningan

Penumpukan plak di arteri yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi juga bisa membatasi aliran darah ke kuku. Hal tersebut dapat menyebabkan kuku jadi memilikir garis-garis gelap di area bawah yang biasanya searah dengan arah pertumbuhan kuku.

Nah, itulah beberapa informasi terkait ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu Kamu waspadai untuk meminimalisir permasalahan kesehatan yang lainnya.

Selain mengantisipasi, ada baiknya Kamu melakukan pemeriksaan rutin ya di rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya, guna memastikan Kamu memiliki kadar kolesterol yang normal.

Kira-kira bahas apalagi, nih? Coba tulis di kolom komentar ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top