Lifestyle

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Tubuh Kamu Mengalami Stress Berat!

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Banyak yang beranggapan kalau kanker paling mematikan di Indonesia terjadi karena seseorang yang sering mengalami stress. Yups, seperti yang kita ketahui kalau stress ini juga bisa menjadi sumber masuknya penyakit di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena saat stress, sistem kekebalan pada tubuh sedang menurun.

Sehingga virus dan bakteri penyebab penyakit akan lebih mudah masuk. Jadi, bukan hanya karena makanan penyebab kanker aja ya gaes. Oh iya, untuk mengetahui kamu dalam keadaan stress berlebihan, kamu bisa langsung simak tanda tubuh mengalami stress berat berikut ini aja gaes!

Awas Cepat Tua! Ini Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Nah, untuk mengurangi tanda stress berat berikut ini, kamu bisa dengan memulai makan makanan pencegah kanker gaes. Karena, makanan tersebut diyakini ampuh mengusir segala penyakit termasuk penyakit akibat stress yang berlebihan.

1. Terus Menerus Merasakan Sakit Kepala

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Terus Menerus Merasakan Sakit Kepala

Tanda tubuh kamu mengalami stress berat yang pertama adalah kamu terus menerus merasakan sakit kepala. Mungkin kamu sebelumnya tidak mengalami sakit kepala, namun kalau intensitas gejala ini terus menerus atau bahkan kamu mengalami migrain ada kemungkinan kamu mengalami stress yang begitu berat.

Hal ini disebabkan karena ketika kamu mengalami stress yang berat maka tubuh kamu akan melepaskan kimiawi yang mengakibatkan perubahan pada saraf dan juga pembuluh darah pada otak. Sehingga otak pada kepala menjadi tegang. Gejala ini juga termasuk salah satu penyakit akibat keseringan main game loh gaes.

2. Berat Badan Tidak Teratur

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Berat Badan Tidak Teratur

Tanda kamu mengalami stress berat yang kedua adalah berat badan yang tidak teratur. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa stress bisa memicu pelepasan kortisol loh gaes. Nah, hormon ini ternyata bisa mengganggu kemampuan tubuh kamu dalam proses metabolisme lemak.

Tidak hanya itu saja, hormon tersebut bisa mengganggu proses protein, karbonhidrat dan juga gula darah. Yaa, walaupun kamu tidak makan makanan yang menyebabkan gula darah naik. Hal tersebut akan membuat berat badan kamu naik atau bahkan turun drastis.

3. Rambut Mudah Rontok

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Rambut Mudah Rontok

Tanda tubuh mengalami stress berat yang ketiga adalah rambut menjadi mudah rontok. Salah satu peneliti ilmiah juha mengatakan kalau stress bisa memuat beberapa jumlah pada rambut menjadi mudah rontok dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan sistem imun dalam tubuh menyerang folikel pada rambut.

Sehingga berdampak rambut kamu mudah rontok gaes. Walaupun rontok, kamu jangan lupa untuk tetap membersihkannya ya! Karena, rambut termasuk salah satu bagian tubuh yang sering kali lupa dibersihkan saat mandi. Dengan membersihkannya kamu tetap merawat dengan rambut kok gaes.

4. Seringnya Muncul Jerawat di Wajah

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Seringnya Muncul Jerawat di Wajah

Tanda tubuh kamu mengalami stress berat yang keempat adalah seringnya muncul jerawat di wajah kamu. Mungkin hal ini nggak berlaku ya buat kamu perempuan yang sedang dalam masa menstruasi. Karena, saat menstruasi hormon jerawat memang lebih besar.

BACA
10 Aplikasi VPN Terbaik dan Tercepat di 2019

Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang mengalami stress yang berat gaes. Ketika kamu stress maka produksi kortisol akan semakin meningkat dan membuat kelenjar kulit memproduksi minyak yang lebih banyak sehingga menyebabkan jerawat. Tapi, tenang kalau lagi foto dan banyak jerawat sih pakai aplikasi edit foto aja biar nggak keliatan.

5. Munculnya Benjolan Merah pada Tubuh

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Munculnya Benjolan Merah pada Tubuh

Tanda kamu mengalami stress berat yang kelima adalah akan muncul benjolan merah pada tubuh. Jika terdapat benjolan pad atubuh, kamu jangan langsung kaget dan menduga itu adalah penyakit yang mematikan ya gaes. Karena, ketika kamu mendapatkan benjolan dan gatal itu menandakan kamu dalam keadaan stress.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stress yang berlebihan akan membuat sistem tubuh menjadi lebih rentan dan lemah, sehingga senyawa kimia histamin pun terlepas. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan benjolan bahkan gatal. Jadi, jangan langsung menduga gatal merupakan gejala penyakit kanker ya!

6. Sering Terserang Pilek

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Sering Terserang Pilek

Tanda tubuh mengalami stress berat yang keenanm adalah kamu akan lebih sering terserang pilek. Sama seperti yang sebelumnya, ketika kamu mengalami stress yang berlebihan makan akan membuat sistem kekebalan tubuh kamu melemah, sehingga kamu akan lebih rentan jatuh sakit.

Nah, ada yang mengatakan pilek ini menjadi tanda bahwa kamu memiliki tingkat stress yang cukup tinggi gaes. Eits, tapi kamu juga nggak boleh mengabaikan pilek yang tidak kunjung sembuh akibat stress ya gaes. Bisa saja pilek merupakan tanda orang yang terkena kanker paru-paru. Jadi, tetap jaga kesehatan kamu di dokter ya!

7. Pikiran Menjadi Tidak Karuan

Tanda Tubuh Mengalami Stress Berat

Pikiran Menjadi Tidak Karuan

Tanda tubuh kamu mengalami stress berat yang terakhir adalah pikiran kamu menjadi tidak karuan. Ternyata bukan hanya orang yang terkena sindrom patah hati saja yang membuat pikiran menjadi tidak karuan. Orang yang mengalami stress berlebihan juga bisa mengacaukan pikiran serta mental gaes.

Hal ini disebabkan karena saat stress terlalu banyak kortisol yang membuat kamu jadi sulit untuk konsentrasi dan akibatnya terjadi gangguan memori. Kalau pikiran sudah tidak karuan, maka kamu akan menjadi lebih mudah emosi dalam menanggapi hal-hal sepele.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih tanda kamu tubuh mengalami stress berat. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai tanda tubuh mengalami stress berat ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih tanda tubuh mengalami stress berat ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai tanda tubuh kamu mengalami stress berat ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top