Kepo

Kolesterol Tinggi? Intip Makanan Penurun Kolesterol Ini, Yuk!

Home / Kepo / Kolesterol Tinggi? Intip Makanan Penurun Kolesterol Ini, Yuk!

Makanan Penurun Kolesterol

Bicara soal kadar kolesterol tinggi dalam tubuh pasti tidak jauh dari dampak-dampak buruk yang bisa terjadi, seperti peyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, dan lain sebagainya. Maka dari itu Kamu perlu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil, salah satunya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Ada beragam macam makanan yang dapat Kamu konsumsi guna menurunkan kadar kolesterol tinggi dan menjaganya agar tetap normal. Nah, berikut ini TipsPintar akan memberikan rekomendasi makanan penurun kolesterol yang dapat Kamu coba!

Makanan Penurun Kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol yang Cocok Aman untuk Dikonsumsi

Selain memahami gejala atau ciri-ciri kolesterol yang tinggi, Kamu juga harus memperhatikan makanan yang layak untuk dikonsumsi guna menjaga kadar kolesterol. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai makanan yang aman untuk Kamu konsumsi guna membantu penurunan kadar kolesterol yang tinggi.

1. Buah Pisang

Pisang

Pisang

Pisang menjadi salah satu buat yang sangat bagus guna menurunkan kadar kolesterol. Buah ini pun cukup mudah untuk didapatkan sehingga Kamu bisa mengonsumsinya kapan pun itu. Pisang ini baik dikonsumsi bagi pengidap kolesterol tinggi sebab Pisang mengandung zat inulin yang dapat membantu tubuh dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil.

Tapi, usahakan untuk tidak konsumsi pisang dengan pemanis tambahan lainnya ya, entah itu gula, susu, atau sebagainya, untuk mencegah kadar gula darah. Sebab pisang sendiri sudah mengandung gula yang cukup untuk dikonsumsi tubuh secara berkala.

2. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Selain mengonsumsi buah yang kaya dengan inulin, makan makanan sayur yang berdaun hijau seperti bayam, kangkung, pakcoy, dan sebagainya juga bagus guna mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Sayuran hijau sendiri dikenal dengan antioksidannya yang mampu mengikat kolesterol, jadi kadar kolesterol dalam darah pun dapat dikurangi.

Bukan hanya mengontrol kadar kolesterol tinggi, sayuran hijau juga bagus untuk mengurangi resiko penyakit lain seperti flu atau bahkan serangan jantung apabila dikonsumsi secara rutin.

3. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal

Makanan lain yang dapat Kamu coba untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, adalah oatmeal. Yaps, Oatmeal dapat menjadi salah satu opsi terbaik untuk menjaga kadar kolesterol sebab oatmel mengantung senyawa yang bernama beta glucan. Senyawa tersebut dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol juga gula darah.

Sebagai rekomendasi Kamu dalam mengonsumsinya, coba untuk konsumsi 1,5 cangkir oatmeal setiap harinya untuk menurunkan kadar kolesterol 5% s.d 8%.

4. Beras Merah

Beras Merah

Beras Merah

Beras merah sangat cocok dalam makanan penurun kolesterol, sebab beras merah mempunyai vitamin B, mangnesium, selenium, dan juga fitonutrien yang bagus untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga bisa mengontrol gula darah tubuh agar tetap normal.

5. Ikan Salmon

Salmon

Salmon

Menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki dagung lembut serta kaya akan gizi. Mengonsumsi ikan salmon sendiri sangat bagus guna menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun, ada baiknya Kamu tidak menggunakan minyak saat menggorengnya ya agar bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.

Jika Kamu kesulitan untuk mendapatkan ikan Salmon, Kamu bisa menggantinya dengan jenis ikan lain. Pilihlah jenis ikan yang kaya akan lemak omega-3, seperti sarden, tuna, makarel, atau ikan kembung. Kandungan omega-3 di dalam ikan-ikanan tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Alpukat

Alpukat

Alpukat

Selain buah pisang, Alpukat pun juga bagus dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, lho! Yap, Alpukat ini kaya akan serat serta lemak tak jenuh yang dapat mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh untuk tetap normal bahkan cenderung rendah jika dikonsumsi dengan rutin.

7. Buah Beri

Berry

Berry

Bukan hanya pisang dan alpukat, ternyata buah beri juga termasuk dalam daftar buah yang baik untuk menurunkan kolesterol dan layak dikonsumsi setiap hari. Buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, memiliki indeks glikemik rendah.

Ini berarti bahwa selain membantu menurunkan kolesterol, buah beri juga efektif dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Mengonsumsi buah beri secara rutin pun dapat memberikan manfaat ganda bagi kesehatan jantung dan metabolisme tubuh, lho!

8. Terong

Terong

Terong

Siapa sih yang gak mengenali terong? Yap, salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa yang cenderung pahit ini dapat membantu Kamu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi terong secara rutin ini memang sangat bagus karena terong mengantung senyaman asam yang terkenal bagus untuk antioksidan yang mampu membuat tubuh lebih kuat dari serangan kanker, bakteri, berbagai macam virus, dan juga kadar kolesterol jahat yang tinggi.

9. Kacang Merah

Kacang Merah

Kacang Merah

Makanan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, adalah kacang merah. Yap, kacang merah dapat menjadi sumber serat tinggi bagi tubuh. Jadi Kamu bisa jadikan salah satu kacang-kacangan ini sebagai alternatif bagi Kamu yang sedang berusaha mengurangi kadar kolesterol tinggi.

Kacang merah ini sangat bagus terutama bagi Kamu yang sedang dalam program diet, karena kacang merah ini bisa bikin Kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, Kamu bisa menghindari makan makanan lemak yang berlebih.

10. Dark Chocolate

Dark Chocolate

Dark Chocolate

Dark Chocolate atau cokelat hitam merupakan salah satu makanan penurun kolesterol sebab memiliki kandungan zat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam proses penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, jika Kamu sedang dalam proses diet disarankan untuk batasi konsumsi cokelat ya, karena coklat memiliki kalori yang cukup tinggi, jadi tidak cocok jika dikonsumsi saat diet berlangsung.

Nah, itulah beberapa jenis makanan penurun kolesterol yang dapat Kamu konsumsi dengan mudah dan aman. Namun, jika Kamu merasa gejala kolesterol yang cukup berat, lebih baik segera konsultasi dengan dokter terdekat ya guna mendapatkan penanganan yang tepat!

Kira-kira bahas apalagi nih? Coba tulis di kolom komentar ya ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top