Lifestyle

Bukan Hanya Kurang Tidur! Ini 5 Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Seperti yang kita ketahui banyak sekali permasalahan dalam kehidupan, salah satunya perihal soal tidur. Banyak orang yang sering mengalami hal aneh saat tidur, contohnya seperti merasa ditindihin ketika sedang tidur. Nggak cuma itu aja, ada juga yang bahkan tidur bisa tidur sama sekali karena mengalami insomnia.

Bahkan sampai ada yang membuat aplikasi untuk mengatasi insomnia loh gaes untuk mengatasi orang yang susah tidur. Walaupun tidur merupakan salah satu aktivitas untuk mengistirahatkan badan. Namun, ada juga gejala tidur yang seharusnya tidak dilakukan di jam produktif.

Gejala sebelum tidur itu dinamakan mengantuk. Ternyata mengantuk bukan karena kita kurang tidur loh. Nah, pas banget nih! Berikut ini kita bakalan membahas penyebab orang mudah mengantuk di jam produktif. Jadi, simak baik-baik ya!

Ternyata Bukan Kurang Tidur! Ini Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Selain mengantuk, gejala lainnya ketika sedang tidur adalah tidur dalam keadaan mangap atau mulut terbuka. Jika sedang berada di luar kemudian kamu terciduk tidur dalam keadaan mangap akan malu sekali, makanya ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap.

Salah satunya dengan rutin melakukan olahraga. Eits! Tapi untuk saat ini kita hanya membahas penyebab kenapa orang mudah mengantuk aja ya. Jadi, kamu harus perhatikan baik-baik nih!

1. Kurang Gerak

Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Kurang Gerak

Penyebab orang mudah mengantuk yang pertama adalah kurang gerak. Jika kamu merasa mudah sekali mengantuk, mungkin karena kamu kurang melakukan aktivitas gaes. Apalagi kalau kebiasaan yang paling sering dilakukan kamu hanya bekerja di depan komputer yang biasanya hanya duduk diam.

Pasti deh tiba-tiba kamu akan merasa lelah kemudian mengantuk. Nah, kalau sudah mengantuk, coba deh kamu melakukan gerakan sederhana seperti olahraga. Karena dengan adanya gerakan sederhana bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan kantuk kamu pun hilang.

2. Dehidrasi

Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Dehidrasi

Penyebab kenapa mudah mengantuk yang kedua adalah Dehidrasi. Sadar nggak sih gaes, kalau kurang minum juga bisa menyebabkan rasa kantuk kamu berlebihan? Apalagi kalau habis olahraga maupun bekerja di tempat yang ruangannya ber-AC. Kemudian kamu jadi lupa untuk minum.

Nah, kalau sudah lupa minum, maka nggak heran kalau kamu lebih mudah mengantuk. Padahal dengan minum air putih itu bisa menjaga sistem kekebalan tubuh kamu bekerja secara optimal dan kamu akan semangat dalam melakukan aktivitas. Eits! Tapi ingat ya! Minum air putih bukan minum minuman yang aneh-aneh.

3. Kurang Darah

Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Kurang Darah

Penyebab orang mudah mengantuk yang ketiga adalah kurang darah. Biasanya orang yang memiliki riwayat kurang darah atau anemia juga akan lebih mudah merasa letih, lesu, lunglai, lemah dan juga lemah. Jadi, nggak heran kalau orang yang kurang darah akan lebih mudah mengantuk.

BACA
7 Kepribadian Seseorang Berdasarkan Hari Lahirnya, Kamu Lahir di Hari Apa?

Hal ini disebabkan karena penderita kurang darah kekurangan asupan zat besi yang tentunya mengandung sel darah merah. Sel darah merah ini dibutuhkan karena bisa membawa oksigen ke jaringan atau organ tubuh yang kurang oksigen tentunya. Jadi, jangan lupa untuk makan makanan yang mengandung sel darah merah ya.

Eits! Tapi hati-hati juga, jangan sampai kamu makan makanan yang dilarang di malam hari juga walaupun makanan tersebut mengandung sel darah merah. Karena, bisa saja kamu terkena gula darah gaes.

4. Mengidap Suatu Penyakit

Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Mengidap Suatu Penyakit

Penyebab kenapa mudah mengantuk yang keempat adalah mengidap suatu penyakit tertentu. Mungkin banyak yang beranggapan kalau mengantuk itu disebabkan karena kurang tidur, padahal bisa saja kamu mengidap penyakit langka. Contohnya penyakit Narkolepsi, Parasomnia dan lain sebagaianya.

Beberapa penyakit tersebut bisa saja membuat kamu ingin tidur di waktu yang harusnya untuk beraktivitas dan bisa saja karena kamu memiliki prilaku tidur di waktu yang tidak normal. Sehingga, di beberapa waktu kamu akan merasa mudah mengantuk gaes. Nah, kalau sudah begini lebih baik kamu konsultasi ke dokter aja ya!

5. Stress Berat

Penyebab Orang Mudah Mengantuk

Stress Berat

Penyebab orang mudah mengantuk yang terakhir adalah stress berat. Ini juga menjadi salah satu penyebab yang sering kali dialami beberapa orang yang dirinya merasa mudah mengantuk. Mengapa demikian? Karena, saat kamu sedang stress maka kualitas tidur kamu akan kurang baik.

Yaa, walaupun kamu sudah tidur selama 8 jam lamanya tetap saja, saat kamu tidur nih kamu merasa tidak nyenyak dan selalu gelisah. Makanya kalau kamu sudah merasakan tanda tubuh mengalami stress berat, coba melakukan aktivitas yang menyenangkan lainnya seperti traveling untuk menghilangkan penat gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih penyebab orang mudah mengantuk. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai penyebab orang mudah mengantuk ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih penyebab orang mudah mengantuk. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai penyebab orang mudah mengantuk ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top