Tech-Fun!

7 Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru dari Gadget!

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau radiasi dari gadget sangat berbahaya, karena gadget memancarkan sinar biru yang membahayakan bagi mata. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kita harus mencegah radiasi sinar biru gadget agar tidak merusak mata.

Jadi, nggak hanya keseringan mengucek mata dengan tangan aja yang bisa membahayakan mata. Tapi, radiasi sinar biru dari gadget pun berpengaruh besar. Nah, biar kamu makin pintar, kamu juga harus tau nih fakta tentang radiasi sinar biru dari gadget berikut ini!

Wajib Tau Nih! Berikut Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru dari Gadget

Buat kamu yang belum tau banyak tentang radiasi sinar biru, bisa langsung simak ulasan berikut ini aja!

1. Asal Muasal Sinar Biru

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Asal Muasal Sinar Biru

Fakta tentang radiasi sinar biru dari gadget yang pertama adalah asal muasal sinar biru ternyata berasal dari penyusutan sinar matahari. Nah, sinar merah sampai sinar biru dari matahari ini kemudian membentuk sinar biru. Makanya gak heran kalau manfaat kacamata hitam itu penting sekali untuk terhindar dari sinar UV matahari.

Sehingga sinar biru memiliki gelombang yang lebih dekat dengan sinar matahari namun energi tidak cukup besar. Jadi, sinar biru bukan berasal dari matahari aja gaes, bisa juga dari smartphone, monitor, televisi dan lain sebagainya.

2. Mata Manusia Tidak Bisa Menghalau Radiasi Sinar Biru

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Mata Manusia Tidak Bisa Menghalau Radiasi Sinar Biru

Fakta tentang radiasi sinar biru yang kedua adalah bahwa mata manusia tidak bisa menghalau radiasi sinar biru. Walaupun mata orang dewasa sudah cukup sempurna menghalau dengan sinar UV yang masuk agar tidak masuk sampai ke retina.

Namun, mata orang dewasa tidak mampu menghalau sinar biru dari gadget maupun layar gadget. Hal ini bisa membahayakan retina yang berada di bagian belakang bola mata kita gaes. Oleh sebab itu, kita harus segera melindungi mata dari komputer yang memancarkan sinar biru.

3. Sinar Biru Menyebabkan Ketegangan pada Mata

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Sinar Biru Menyebabkan Ketegangan pada Mata

Fakta tentang radiasi sinar biru dari gadget yang ketiga adalah sinar biru bisa menyebabkan ketegangan pada mata. Yups, seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, kalau salah satu hal sepele yang bisa merusak mata adalah kamu membiarkan mata terus menegangkan.

Nah, ketegangan pada mata ini bisa disebabkan karena gelombang dari sinar biru masuk ke dalam mata dan menyebar hingga sampai ke retina. Sehingga, mata kamu lebih cepat tegang. Jika sudah begini, coba untuk mengkompres mata dengan air dingin atau hangat ya gaes!

4. Sinar Biru Menyebabkan Sulit Tidur

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Sinar Biru Menyebabkan Sulit Tidur

Fakta tentang radiasi sinar biru yang keempat adalah sinar biru bisa menyebabkan sulit tidur. Perlu kamu ketahui gaes , kalau sinar biru ternyata bisa mengurangi produksi hormon melatonin. Nah, hormon tersebut yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk pada manusia.

Jika hormon tersebut berkurang atau otak sudah tidak lagi memproduksi hormon melatonin yang cukup pada tubuh maka kamu akan kesulitan tidur, parahnya sampai insomnia. Hal ini menjadi salah satu dampak berbahaya jika kamu main HP sebelum tidur.

5. Faktor Penyebab Penyakit Mata

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Faktor Penyebab Penyakit Mata

Fakta tentang radiasi sinar biru dari gadget yang kelima adalah menjadi faktor penyebab penyakit pada mata. Yups, jika mata kamu keseringan mendapatkan radiasi sinar biru, hal ini bisa membahayakan sel sensitid pada mata.

Sehingga kemampuan penglihatan mata akan berkurang. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat merasa pusing, sulit fokus, terjadinya pembengkakan bahkan bisa menyebabkan buta. Makanya jika tidak ingin buta, kamu harus tau pemakaian yang salah saat menggunakan smartphone gaes.

6. Gunakan Kacamata Antiradiasi

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Gunakan Kacamata Antiradiasi

Fakta tentang radiasi sinar biru yang keenam adalah dengan menggunakan kacamata antiradiasi blue ray bisa mengurangi masuknya cahaya sinar biru lebih banyak ke dalam retina. Nah, ini juga menjadi salah satu fakta penting pengguna kacamata, khususnya yang minus maupun plus.

Eits, tapi nggak cuma untuk yang menderita rabun jauh maupun rabun dekat aja loh yang wajib menggunakan kacamata antiradisi sinar biru (blue ray). Tapi, buat mata normal yang kesehariannya menggunakan komputer atau laptop, wajib juga menggunakannya. Hal ini untuk mencegah kerusakan retina pada mata.

7. Sinar Biru Tidak Selalu Merugikan

Fakta Tentang Radiasi Sinar Biru

Sinar Biru Tidak Selalu Merugikan

Fakta tentang radiasi sinar biru dari gadget yang terakhir adalah kalau sinar biru ternyata tidak selalu merugikan loh gaes. Perlu kamu ketahui juga nih, kalau sinar biru bisa digunakan untuk terapi SAD atau Seasonal Affective Disorder.

Nggak hanya itu aja, bisa juga digunakan untuk menjaga ritme sirkadian, maupun jam biologis pada manusia yang tidak bisa terkena matahari langsung. Jadi, walaupun kamu punya kelainan, kamu juga tetap bisa merasakan sinar biru agar bisa mengurangi paparan sinar matahari.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih fakta tentang radiasi sinar biru. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai fakta tentang radiasi sinar biru ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih fakta tentang radiasi sinar biru. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai fakta tentang radiasi sinar biru ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top