Media Sosial

Waspada! Ini Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Walaupun media sosial kini menjadi salah satu wadah untuk mendapatkan uang. Namun, tidak serta merta kamu bisa upload semua foto dan video di Instagram ya gaes. Karena, beberapa hal yang seharusnya tidak dibagikan di media sosial, salah satu contohnya adalah konten HOAX.

Nggak hanya itu aja sih, foto yang bisa beresiko untuk disalahgunakan oleh orang lain pun akan sangat berbahaya jika kamu bagikan. Makanya kenapa kamu dilarang pamer kemesraan di media sosial. Karena, bisa saja disalahgunakan.

Nah, berikut ini beberapa jenis foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial karena berbahaya!

Waspada! Ini Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Oh iya, bukan hanya aplikasi media sosial yang populer aja loh, tapi di aplikasi media sosial buatan bangsa Indonesia juga kamu jangan mengupload jenis foto berikut ini!

1. Foto Kartu Identitas

Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Foto Kartu Identitas

Foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial yang pertama adalah foto kartu identitas pribadi maupun milik orang lain. Kartu identitas itu sangat vital sekali loh gaes. Karena isinya yang berupa nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, foto, nomor identitas dan lain sebagainya.

Informasi yang terdapat pada kartu identitas itu sangat lengkap dan berpotensi sekali jika disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika sudah disalahgunakan maka akan sulit untuk mencegahnya. Apalagi saat ini sudah ada trik membuka HP yang terkunci dengan KTP. Jadi, berhati-hati ya!

2. Foto Boarding Pass

Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Foto Boarding Pass

Foto yang tidak boleh dishare di media sosial yang kedua adalah foto boarding pass. Biasanya hal ini dilakukan oleh-oleh orang yang suka banget travelling ke luar negeri nih! Selain update pemandangan sebelum pergi juga suka update memamerkan boarding pass.

Namun, taukah kamu kalau di boarding pass tersebut terdapat informasi tentang kamu. Salah satunya terdapat kartu identitas, lokasi tujuan, tempat dan tanggal lahir, serta pesawat maupun transportasi yang terdapat di boarding tersebut.

Hal ini bisa saja seorang hacker memanfaatkan foto tersebut untuk mencuri informasi dan disalahgunakan. Dengan begitu, bisa saja media sosial kamu dihack. Kalau sudah begitu, akan sulit untuk mengembalikan akun Instagram yang sudah dihack gaes.

3. Wajah Anak yang Masih di Bawah Umur

Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Wajah Anak yang Masih di Bawah Umur

Foto yang tidak boleh dishare di media sosial yang ketiga adalah wajah anak yang masih di bawah umur. Mungkin kamu merasa kalau tingkah anak-anak sangat lucu dan imut, kemudian kamu merekamnya dan membagikannya. Akan tetapi, hal itu bisa saja malah membawa petaka buat kamu.

BACA
Cara Nonton YouTube Offline Tanpa Koneksi Internet

Karena, seperti yang kita ketahui ya kalau anak kecil itu belum mengerti media sosial. Nah, hal tersebut termasuk salah satu pelanggaran privasi anak kecil loh. Selain itu, bisa saja menimbulkan bullying, penculikan, pedofil bahkan penjualan anak.

4. Dokumen Rahasia

Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Dokumen Rahasia

Foto yang tidak boleh dishare di media sosial yang keempat adalah dokumen rahasia. Memang sih tidak dilarang untuk membagikan apapun di media sosial, namun membagikan dokumen rahasia perusahaan, sekolah dan apapun itu tidak disarankan ya gaes.

Karena, bisa saja dokumen tersebut dijadikan konten HOAX oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi saat ini sudah banyak sekali jenis HOAX yang beredar di media sosial. Karena banyaknya orang membagikan dokumen rahasia ini.

5. Foto Hasil Orang Lain

Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Foto Hasil Orang Lain

Foto yang tidak boleh dishare di media sosial yang terakhir adalah foto hasil orang lain. Nah, di media sosial sudah banyak sekali nih akun-akun yang membagikan ulang karya seseorang. Apalagi saat ini sudah banyak sekali aplikasi repost yang biasa digunakan untuk membagikan ulang hasil foto orang lain.

Perlu kamu ketahui gaes, kalau membagikan foto hasil karya orang lain juga termasuk salah satu pelanggaran copyright atau yang biasa kita sebut hak cipta. Apalagi kalau kamu tidak mendapatkan izin dari orang tersebut gaes. Lebih baik jangan dibagikan ya!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai foto yang tidak boleh dibagikan di media sosial ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top