Tech-Fun!

5 Jenis HOAX yang Sering Disebarkan di Media Sosial

Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Mungkin kamu di sini sudah tau ya arti dari HOAX? Yups, HOAX merupakan sebuah berita palsu atau bohong yang isinya tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya namun seolah-olah berita tersebut merupakan kebenaran. Nggak heran kalau tidak sedikit orang percaya dengan HOAX padahal hal tersebut bisa saja sudah dimanipulasi.

Apalagi kalau beritanya dilengkapi dengan foto. Oleh sebab itu, kamu harus mengecek orginalitas foto tersebut HOAX atau asli. Bisa saja kan mereka yang membuat beritanya mengarang dan juga menggunakan aplikasi edit foto agar terlihat seperti asli.

Perlu kamu ketahui gaes kalau HOAX itu ada jenis-jenisnya. Nah, berikut ini jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial, lengkap dengan penjelasnnya! Jadi, simak baik-baik ya.

Jangan Percaya! Ini 5 Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Jenis-jenis HOAX berikut ini sering banget kesebar di beberapa aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kamu harus tau juga nih penjelasannya berikut ini!

1. Konten Palsu (Fabricated Content)

Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Konten Palsu (Fabricated Content)

Jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial yang pertama adalah Konten Palsu atau yang dikenal dengan nama Fabricated Content. Kalau yang satu ini merupakan salah satu konten yang sengaja dibuat baru dan tentu isinya tidak bisa dipercaya sama sekali.

Salah satu contoh yang biasa disebarkan adalah konten mengenai lowongan pekerjaan. Banyak yang mengatasnamakan perusahaan tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari calon pelamar kerja. Makanya, untuk mengetahui kebenaran lowongan tersebut, lebih baik kamu cari saja di situs lowongan kerja terpercaya gaes.

2. Konten yang Dimanipulasi (Manipulated Content)

Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Konten yang Dimanipulasi (Manipulated Content)

Jenis HOAX yang sering disebarkan yang kedua adalah Konten yang Dimanipulasi atau yang disebut juga Manipulated Content. Nggak jarang orang mudah percaya dengan informasi tertentu. Padahal mungkin informasi tersebut sudah dimanipulasi atau sudah diedit untuk menggiring opini tertentu.

Apalagi saat ini sudah banyak yang bisa mengedit foto melalui aplikasi edit foto untuk memanipulasi gambar yang merupakan informasi. Nggak hanya itu aja, berita di salah satu situs berita online pun banyak yang diisengin untuk merubah isi kontennya.

3. Konten yang Salah Konteks (False Context)

Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Konten yang Salah Konteks (False Context)

Jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial yang ketiga adalah Konten yang Salah Konteks atau yang disebut juga False Context maupun False Connection. Nah, ini nggak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, namun jenis konten HOAX ini seperti kesalahan informasi gitu gaes.

BACA
425+Tema LINE Official Gratis untuk Android dan iOS

Contohnya adalah judul, caption, isi bahkan gambar dari berita tersebut tidak sesuai dengan faktanya. Biasanya hal ini dilakukan oleh oknum tersebut untuk mendapatkan uang dari internet dengan membuat konten viral sehingga banyak yang mengikuti dan banyak yang mulai endorse gitu. Padahal informasi yang diberikan berbeda dengan faktanya.

4. Konten yang Sesat (Misleading Content)

Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Konten yang Sesat (Misleading Content)

Jenis HOAX yang sering disebarkan yang keempat adalah Konten yang Sesat atau yang disebut juga Misleading Content. Konten HOAX ini juga nggak jauh berbeda sih dengan yang sebelumnya, bedanya konten HOAX yang dimuat ini merupakan konten lama yang judul, captionnya diubah.

Biasanya hal ini dilakukan untuk menggiring opini publik atau untuk adu domba gitu gaes. Nah, konten ini sering banget disebarkan berupa video gitu dan ketika sedang ada konflik. Makanya nggak heran kalau ada beberapa negara yang memblokir YouTube karena terdapat banyak sekali konten HOAX.

5. Konten Sindiran (Satir Content)

Jenis HOAX yang Sering Disebarkan

Konten Sindiran (Satir Content)

Jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial yang terakhir adalah Konten Sindiran atau yang dikenal juga dengan Satir Content. Kalau yang satu ini sering banget muncul ketika sedang pesta politik gitu gaes. Biasanya konten HOAX ini dikemas dengan cara sakarsme maupun parodi.

Selain itu, isi dari konten ini juga berupa kritik untuk kelompok maupun individu tertentu. Walaupun tidak membahayakan, namun banyak juga yang percaya dengan konten ini padahal faktanya mungkin tidak seperti itu ya gaes. Oleh sebab itu, konten ini termasuk hal yang seharusnya tidak kamu bagikan di media sosial.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih jenis – jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial saat ini. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel daftar jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial saat ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar jenis HOAX yang sering disebarkan di media sosial ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top