Kepo

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Home / Kepo / Lifestyle / Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Seperti yang Kita semua tau, bahwa Coronavirus menjadi salah satu virus dan penyakit langka yang cukup membahayakan dan membawa dampak buruk bagi tubuh. Dengan gejala yang berkembang dari hari ke hari membuat jumlah kasus terinfeksi dari seluruh belahan dunia ini mencapai 183.202 orang di 162 negara, dengan angka kematian 7.177 orang dan total pasien sembuh sebanyak 79.905 orang. Saat ini pun, warga Negara yang dinyatakan positif di Indonesia telah mencapai angka 227 orang dengan 19 orang meninggal dunia dan 11 sembuh.

Center for Disease Control and Prevention CDC China mengungkapkan bahwa sekitar 80% pasien yang positif terinfeksi Coronavirus menimbulkan gejala ringan, dari banyak nya pasien yang terinfeksi hanya 15 orang yang mengalami kondisi parah dan 5 pasien lainnya dengan kondisi kritis. Nah, Sebelumnya Kamu sudah tau belum gejala dan cara mencegah agar tidak tertular Coronavirus ini? Langsung aja yuk disimak artikel di bawah ini!

Waspadai Gejala Virus Corona dan Begini Cara Mencegahnya

Coronavirus kerap menimbulkan gejala yang ringan sehingga terkadang membuat Kamu berfikir bahwa itu hanya demam biasa. Nah, kalau sudah merasakan gejala-gejala seperti yang di bawah ini berarti Kamu harus segera periksa ke Dokter ya!

Gejala Virus Corona

Ada banyak gejala-gejala yang akan pasien alami untuk pertama kali sebelum akhirnya terinfeksi. Karena penyakit ini termasuk penyakit langka yang cukup membahayakan dan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Jadi, ketika Kamu sudah merasakan gejala-gejala ini maka Kamu harus segera memeriksakannya ya!

1. Batuk Kering dan Nyeri Otot 

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Batuk Kering

Pada umumnya, gejala pada hari pertama pasien akan mengalami demam biasa, seperti suhu tubuh yang mulai menghangat dan nyeri pada otot. Pasien juga akan mudah merasa lelah, kesulitan untuk tidur, mengalami batuk kering dan sebagian pasien mengalami diare selama satu atau dua hari.

2. Sesak Nafas

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Sesak Nafas

Pada hari kelima, banyak pasien yang kerap kali akan mengalami sesak nafas atau kesitan untuk bernafas. Keluhan ini biasanya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia tau mempunyai penyakit lain, seperti penyakit kanker paru paru dan lain-lain.

3. Kehilangan Nafsu Makan

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Kehilangan Selera Makan

Jika kesehatan pasien mulai memburuk, biasanya rumah sakit akan menyarankan pasien untuk menjalankan perawatan di ICU. Pasien dengan kondisi yang memburuk akan merasakan sakit perut dan kehilangan nafsu makannya.

Namun Kamu tidak perlu khawatir secara berlebihan ya, karena tingkat kematian pada virus ini hanya 2% saja. Nah, jika Kamu sudah mengalami beberapa gejala di atas jangan lupa untuk periksa ke rumah sakit terdekat ya gaes!

Mencegah Terkena Virus Corona

Selain memperhatikan gejala-gejala dari Coronavirus, Kamu juga perlu memperhatikan cara mencegah diri Kamu sendiri agar tidak tertular Coronavirus tersebut. Karena ada beberapa bagian tubuh yang amat sangat sensitif sehingga virus dengan mudahnya masuk dan berkembang dalam tubuh. Yuk dibaca sampai habis cara mencegah coronavirus berikut.

1. Cuci Tangan

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Cuci Tangan

Tangan pada dasarnya adalah sumber kuman berkumpul, karena tangan kita tanpa sadar seringkali memegang benda-benda yang tidak kita ketahui bersih atau tidaknya dan biasanya tangan banyak sekali menyentuh permukaan yang bisa saja virus menempel di sana.

Jadi, untuk mencegah terjadinya penularan virus corona Kamu perlu mencuci tangan Kamu sesering mungkin dan menggunakan hand sanitizer sesudah atau sebelum menyentuh area wajah. Karena tangan sendiri termasuk salah satu bagian tubuh yang sering lupa untuk dibersihkan

2. Menggunakan Masker Saat Keluar Rumah

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Menggunakan Masker

Nah, untuk mencegah terjadinya penularan melewati area hidung dan mulut, Kamu bisa menggunakan masker bedah atau masker N95.

Masker bedah atau sering disebut sebagai Surgical Mask ini merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Selain karena mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau, masker ini mampu menyaring kuman dari udara sehingga area mulut dan hidung Kamu aman dari kuman ketika berpergian keluar.

3. Menjaga daya Tahan Tubuh

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Meskipun Kamu tidak merasakan gejala-gejala di atas, Kamu tetap harus menjaga kesehatan tubuh Kamu ya gaes! Jaga kesehatan tubuh Kamu dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan makanan yang banyak mengandung protein.

Selain mengonsumsi makanan-makanan sehat, Kamu juga perlu memperbanyak olahraga. Karena akan banyak sekali dampak buruk jika Kamu tidak berolahraga, seperti Kamu yang akan cepat mengantuk dan cepat merasa lelah. Karena tidur yang cukup juga membantu untuk meningkat kan daya tahan tubuh Kamu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi olahraga yang bisa membantu Kamu untuk olahraga di dalam rumah.

4. Hindari Menyentuh Daerah Wajah

Ketahui Gejala Coronavirus dan Cara Mencegahnya

Hindari Menyentuh Daerah Wajah

Telapak tangan seringkali menyentuh permukaan-permukaan benda yang bisa saja kuman atau virus bersarang di sana, untuk mencegah tertularnya virus maka Kamu harus mengurangi untuk menyentuh area wajah sebelum Kamu pastikan bahwa sudah mencuci tangan.

Karena setelah telapak tangan terkontaminasi oleh kuman atau virus, telapak tangan bisa menyebarkannya ke hidung, mulut, atau mata Kamu. Dari situlah virus bisa masuk ke dalam tubuh dan berkembang di dalam tubuh.

Nah, bagaimana sobat Pintar? Sekarang Kamu sudah tau kan gejala dan cara mencegah dari tertularnya virus corona? Tetap jaga daya tahan tubuh dan jangan lupa share artikel ini ya gaes! Oh iya, kalau ada pertanyaan atau kritik dan saran tentang artikel ini, bisa langsung komen di kolom komentar bawah ya.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top