Lifestyle

Jangan Sampai Terlambat! Ini Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Salah satu faktor kematian terbesar di Indonesia disebabkan karena banyak orang yang menderita kanker yang sangat mematikan. Kanker ini merupakan penyakit yang dimana daya tahan tubuh manusia sangat menurun karena sel normal dalam tubuh berubah menjadi sel-sel kanker.

Sebenarnya banyak gejala penyakit kanker yang mudah diketahui seperti gatal dan tubuh benjolan. Tapi, tetap saja kamu harus kontrol dengan dokter. Pasti kamu tau dong dengan pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati“?. Yups, pepatah ini berlaku untuk orang yang belum atau sudah terkena kanker.

Oleh sebab itu, sebelum terlambat mending kamu cegah gaes. Nah, pas banget nih! Berikut ini beberapa cara alami mencegah terkena kanker. Jadi, langsung simak aja yuk!

Jangan Sampai Terlambat! Ini Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Walaupun kanker bukan termasuk penyakit langka di dunia. Tapi tetap saja, jika sudah terserang penyakit ini akan sulit sekali untuk sembuh. Oleh sebab itu, kamu harus mencegahnya dengan ikuti cara berikut ini!

1. Kurangi Berat Badan Berlebih

Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Kurangi Berat Badan Berlebih

Cara alami mencegah terkena kanker yang pertama adalah dengan mengurangi berat badan berlebih. Siapa nih yang berat badannya oversize dari yang seharusnya? Kalau ada, coba deh untuk diet gaes. Karena, berat badan berlebih biasanya terdapat penumpukkan lemak.

Lemak ini bisa saja memicu terkenanya obesitas. Sedangkan obesitas pun termasuk salah satu faktor terkenanya resiko kanker. Jadi, mulai sekarang atur pola makan kamu ya, jangan sampai berlebihan dan jangan sampai tidur dalam keadaan perut kosong juga. Karena, bisa menyebabkan kamu cepat sakit gaes.

2. Jangan Makan Makanan Cepat Saji

Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Jangan Makan Makanan Cepat Saji

Cara alami mencegah resiko terkena kanker yang kedua adalah jangan makan makanan cepat saji. Kalau kamu sudah terbiasa dengan makanan cepat saji, coba deh untuk dikurangi. Karena, makanan cepat saji sangat beresiko sekali kamu untuk terkena kanker payudara.

Nggak cuma itu aja, makanan cepat saji bisa meningkatkan resiko kanker dengan cara merusak DNA. Sebenarnya nggak cuma makanan siap saji aja sih, makan kulit ayam berlebihan pun termasuk makanan yang bisa menyebabkan kanker.

Oleh sebab itu, kamu harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, kamu juga bisa makan makanan pencegah kanker, seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari resiko terkena kanker gaes.

3. STOP! Kebiasaan Merokok

Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

STOP! Kebiasaan Merokok

Cara alami mencegah terkena kanker yang ketiga adalah STOP! Kebiasaan merokok. Siapa nih di sini yang masih merokok? Hayoo coba dikurangi gaes kebiasaan merokoknya. Mengapa demikian? Karena, penyebab seseorang terkena kanker paru-paru itu paling banyak terserang oleh orang-orang yang merokok.

BACA
5 Permainan Tradisional yang Bisa Menggantikan Game Smartphone

Apalagi menurut data penelitian, rokok ini berpotensi menimbulkan kanker lainnya. Seperti kanker mulut, hidung, pankreas, usus, hati dan bahkan kanker serviks sekalipun. Karena, memang benar adanya zat yang terkandung pada rokok sangat berbahaya sekali.

4. Istirahat yang Cukup

Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Istirahat yang Cukup

Cara alami mencegah resiko terkena kanker yang keempat adalah istirahat yang cukup. Yaa, memang sih aktivitas kita sangat membutuhkan tenaga yang super. Oleh sebab itu, jika ada waktu luang coba kamu manfaatkan untuk beristirahat yang cukup gaes. Karena, tubuh yang lemah lebih rentan terkena resiko kanker loh.

Selain itu, kurang tidur di bawah 5 jam bisa menurunkan jumlah sel darah putih hingga 70% loh. Nah, kalau sel darah putih sudah turun jumlahnya, bakalan rentan sekali terkena kanker usus besar, prostat, payudara dan lain sebagainya.

Nggak cuma itu, kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi stres berat. Nah, stres yang berlebihan juga bisa beresiko terkena kanker. Oleh sebab itu, buat kamu yang lagi stres, coba deh untuk mengatasi stres berat tersebut, agar kamu tidak terkena kanker gaes.

5. Rutin Berolahraga

Cara Alami Mencegah Terkena Kanker

Rutin Berolahraga

Cara alami mencegah terkena kanker yang terakhir adalah dengan rutin berolahraga. Mengapa harus rutin berolahraga? Karena, dengan berolahraga kamu bisa membugarkan kembali badan kamu dan menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh, sehingga kamu terhindar dari resiko terkena kanker.

Nggak cuma itu aja, dengan rutin berolahraga kamu bisa menjaga tubuh kamu agar tetap fit. Sehingga kamu akan tetap awet muda walaupun umur kamu sudah tua. Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk rutin berolahraga ya dan jangan lupa untuk install aplikasi olahraga juga, agar olahraga kamu terpantau dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih cara alami mencegah terkena kanker. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai cara alami mencegah terkena kanker ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara alami mencegah terkena kanker. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai cara alami mencegah terkena kanker ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top