Tech-Fun!

5 Jenis Hacker dan Cara Kerjanya yang Wajib Diketahui

Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

Hacker adalah seseorang yang melakukan peretasan atau menembus sistem keamanan server atau website seseorang. Cara menjadi hacker pun harus banyak belajar mengenai codingan sistem komputer. Oh iya, banyak loh yang mengira kalau seorang hacker adalah orang yang jahat. Namun tidak semua hacker merupakan orang jahat.

Mungkin kalau semua hacker jahat, hacker asal Indonesia seperti Pak Onno W Purbo tidak akan bekerja sebagai pakar IT di Indonesia. Nah, supaya kamu lebih paham, berikut ini kita sudah jelaskan jenis hacker dan cara kerjanya. Jadi, simak baik-baik ya gaes.

Kamu Wajib Tau! Ini 5 Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

Perlu kamu ketahui juga gaes, ternyata ada loh hacker cilik yang ditakuti di dunia. Beberapa dari mereka termasuk salah satu jenis hacker berikut ini!

1. White Hat Hacker

Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

White Hat Hacker

Jenis hacker yang harus kamu ketahui pertama adalah White Hat Hacker. Hacker ini biasanya hanya menguji suatu ketahanan suatu sistem jaringan dari berbagai website atau teknologi yang terkenal. Nah, biasanya mereka tidak akan mengubah sistemnya.

Jadi, White Hat Hacker sudah pasti tidak akan berbahaya. Biasanya seorang White Hat Hacker memiliki profesi sebagai konsultant keamanan dari suatu server atau website. Selain itu, hacker ini akan diam-diam saja, karena tidak ingin dianggap hacker gadungan.

2. Black Hat Hacker

Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

Black Hat Hacker

Selanjutnya jenis hacker yang ada di internet adalah Black Hat Hacker. Kalau yang ini kebalikan dari White Hat Hacker gaes, ia bisa masuk ke dalam sistem website atau server dan akan merusak keamanan dari sistem jaringan tersebut. Biasanya hal ini dilakukan untuk balas dendam dan mencari keuntungan.

Contohnya seperti mencuri identitas, menghapus file tertentu dan merusak sistem lainnya yang bisa menyebabkan kerugian bagi pemiliknya. Contohnya ia ingin hack akun Instagram orang lain yang diprivate untuk mengambil fotonya dan lain sebagainya. Nah, kalau hacker ini juga sering disebut Cracker.

3. Grey Hat Hacker

Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

Grey Hat Hacker

Jenis hacker yang harus kamu ketahui ketiga adalah Grey Hat Hacker. Berbeda dengan White Hat Hacker yang memiliki prinsip tidak ingin merusak, kalau Grey Hat Hacker ini biasanya tergantung situasi dan kondisi. Maksudnya dia bisa tiba-tiba menjadi White Hat Hacker atau Black Hat Hacker.

BACA
5 Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2018

Jadi, hacker ini tidak ketergantungan dengan etika dalam menembus sistem keamanan server atau website. Jadi, intinya dia bisa saja melakukan kejahatan untuk mendapatkan uang dan bisa saja menguji sistem, untuk memberitahu pemiliknya kalau keamanannya masih kurang aman.

Baca Juga: Cara Hack Facebook Orang Lain, Dijamin 100% Berhasil

4. Hacktivist Hacker

Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

Hacktivist Hacker

Berikutnya jenis hacker yang ada di internet adalah Hacktivist Hacker. Kalau hacker yang satu ini biasanya menembus sistem server atau website untuk memberikan pesan-pesan tertentu. Biasanya pesannya berisikan singgungan seperti perihal politik, sosial, agama bahkan layanan.

Kalau Hacktivist Hacker ini melakukan teknik deface pada pemilik websitenya untuk meretas. Sehingga ia bisa menampilkan pesan-pesan tersebut di dalam website sang pemilik, supaya pengguna yang lain dapat melihatnya. Sebagai contohnya di Indonesia, website Telkomsel dihack dan si hacker memberikan pesan kalau paket internet Telkomsel terlalu mahal.

5. Script Kiddie Hacker

Jenis Hacker dan Cara Kerjanya

Script Kiddie Hacker

Jenis hacker yang harus kamu ketahui terakhir adalah Script Kiddie Hacker. Nah, kalau hacker yang satu ini biasanya hacker pemula, maksudnya ia tidak terlalu jago mengenai ilmu tentang hacker dan masih perlu banyak belajar mengenai coding untuk meretas.

Bahkan saking pemulanya hacker ini bahkan tidak bisa meretas server atau website yang memiliki keamanan paling kuat. Selain itu, hacker ini hanya mengandal software atau aplikasi hack untuk bisa meretas. Padahal hacker sejati harusnya bisa membuat tools sendiri untuk bisa meretas.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih jenis-jenis hacker dan cara kerjanya. Nah, kamu jangan lupa untuk share artikel mengenai jenis hacker dan cara kerjanya ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih jenis-jenis hacker dan cara kerjanya. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai jenis hacker dan cara kerjanya ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top