Kepo

Mengerikan! Ini 5 Kelainan Akibat Keseringan Pegang Smartphone

Home / Kepo / Lifestyle / Mengerikan! Ini 5 Kelainan Akibat Keseringan Pegang Smartphone

Akibat Penggunaan Smartphone

Di zaman modern seperti saat ini, orang lebih memilih ketinggalan dompet dibandingkan smartphone. Tanpa smartphone, hidup akan terasa hampa.

Dengan smartphone, hidup akan dirasa lebih mudah. Kamu dapat bermain game, aktif media sosial, hingga berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak jauh sekalipun.

Airy Rooms

Namun, beberapa kelainan akibat smartphone ini pasti bakal membuat kamu berpikir 2x ketika menggunakan smartphone dalam waktu yang cukup lama.

Penasaran kelainan apa saja yang dapat diakibatkan karena keseringan memegang smartphone? Yuk, simak artikel berikut ini.

Jangan Keseringan Main HP Kalau Tidak Mau Kena Ini!

1. Smartphone Pinky

Smartphone Pinky

Smartphone Pinky

Smartphone Pinky adalah istilah yang sering disebutkan untuk kelainan jari-jari bengkok, terutama kelingking. Jari tersebut bengkok diakibatkan terlalu lama menopang beban smartphone.

Kondisi ini umumnya dialami oleh mereka yang menggunakan smartphone lebih dari 6 jam sehari, sehingga mempengaruhi jaringan lunak pada tangan yang membuat bentuknya berubah.

2. Text Claw

Text Claw

Text Claw

Suka mengalami nyeri pada jari-jari tangan? Mungkin kamu mengalami cedera Text Claw guys. Cedera ini diakibatkan karena terlalu banyak mengetik di smartphone, terlebih jika kamu mencengkeramnya dengan keras.

Biasanya gejala yang dialami oleh para penderita Text Claw adalah kram pada jari-jari tangan, pergelangan tangan, hingga lengan bawah tangan.

3. Trigger Finger

Trigger Finger

Trigger Finger

Kalau hanya menderita Text Claw sih tidak masalah, namun apa jadinya jika jari-jari kamu terkunci pada posisi menekuk?

Cedera itu dinamakan Trigger Finger guys. Penderita Trigger Finger akan mengalami kondisi dimana jarinya terkunci pada posisi tertentu, bisa itu lurus atau menekuk.

Gejala selanjutnya adalah kekakuan otot yang menjadi lebih parah, hingga benjolan pada pangkal jari yang sakit. Dalam kasus yang sangat parah, penderita kelainan ini harus melakukan operasi untuk membetulkan Tendon yang bergeser.

BACA
Tak Senonoh! Ucapan Young Lex Bikin Fans Blackpink Ngamuk!

Baca Juga: 10 Kelainan Mental Paling Aneh yang Ada Pada Manusia

4. Tech-Neck

Tech Neck

Tech Neck

Jika tadi berhubungan dengan jari-jari tangan, kelainan kali ini berhubungan dengan kepala guys. Kamu tau nggak sih kalau berat kepala kita itu sekitar 5 kg? Dan jika menunduk, berat tersebut akan bertambah 4x lipat?

Nah, karena hal itu, leher yang digunakan untuk menopang kepala kita menjadi korbannya. Kondisi ini dinamakan Tech-Neck, dan terjadi akibat seseorang terlalu lama menunduk ketika menggunakan smartphone.

Gejala yang dialami oleh si penderita adalah kaku dan pegal pada bagian leher dan bahu, namun lama-kelamaan bisa menyebabkan sakit kepala, kesemutan, hingga mati rasa.

5. Sleep Texting

Sleep Texting

Sleep Texting

Wah, kalau ini sih bahaya banget guys. Kelainan ini bisa terjadi kepada kamu yang sudah sangat maniak menggunakan smartphone.

Kondisi ini menyebabkan kamu dapat membalas pesan chat walaupun dalam posisi mata terpejam saat tidur. Umumnya Sleep Texting terjadi pada saat tidur atau 1 hingga 2,5 jam sebelum menuju tidur.

Nah, itulah beberapa kelainan yang dapat diakibatkan oleh penggunaan smartphone secara terus menerus. Oleh sebab itu ada baiknya kamu harus mengatur pola dalam menggunakan smartphone.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top