Kepo

5 Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis yang Jarang Diketahui

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis yang Jarang Diketahui

Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis

Seperti yang kita ketahui, jika seseorang terkena sindrom patah hati, pasti kita akan memberikan dukungan, motivasi serta pelukan. Ternyata pelukan ini bukan hanya bisa menenangkan perasaan orang aja loh gaes.

Manfaat lainnya bisa memberikan ketenangan. sama halnya dengan manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah, pasti kamu akan merasa tenang karena teman yang bisa membuat kamu lupa dengan yang kamu pikirkan.

Oh iya, berpelukan juga banyak manfaat lainnya jika kita sering berpelukan dengan orangtua, saudara, kerabat maupun kekasih. Nah, berikut ini manfaat dari berpelukan menurut medis.

Berikut Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis!

Jika kamu merasa berpelukan bisa membuat bahagia, mungkin karena kamu merasakan manfaatnya, seperti berikut ini!

1. Mengurangi Stres

Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis

Mengurangi Stres

Manfaat dari berpelukan menurut medis yang pertama adalah bisa mengurangi stres. Seperti yang kita ketahui, memang tidak mudah mengatasi stres berat, apalagi kalau permasalahan yang membuat stres tersebut sangat berat sekali.

Tapi, kamu bisa menguranginya dengan cara berpelukan dengan keluarga, orang terdekat maupun kekasih. Karena, menurut penelitian, berpelukan secara rutin bisa mengurangi stres yang berlebihan.

Bahkan kabarnya, berpelukan bisa membuat seseorang lebih siap menghadapi stres yang sedang dijalani dan juga siap mental karena mendapatkan dukungan emosional.

2. Meredakan Rasa Sakit

Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis

Meredakan Rasa Sakit

Manfaat dari pelukan menurut medis yang kedua adalah bisa meredakan rasa sakit. Seperti yang kita ketahui juga, penyakit datang bisa dari mana saja. Misalnya penyakit yang datang akibat keseringan main game atau terlalu sering duduk dan lain sebagainya.

Nah, menurut penelitian di New York, pelukan bisa membantu meredakan rasa sakit yang dialami seseorang. Apalagi sentuhan ini berkontribusi besar dalam mempengaruhi emosional seseorang.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari berpelukan menurut medis yang ketiga adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui, jika kita lebih sering kelelahan dalam bekerja, kurang olahraga maupun makan sembarangan, maka sistem kekebalan tubuh akan mudah menurun.

Nah, menurut studi mengatakan kalau orang yang sedang dalam lemah hanya butuh dipeluk saja. Karena dengan begitu perasaan tertekan atau terancam akan perlahan menurun. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

4. Mengurangi Kecemasan Sosial

Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis

Mengurangi Kecemasan Sosial

Manfaat dari pelukan menurut medis yang keempat adalah mengurangi kecemasan sosial. Perlu kamu ketahui nih gaes, kalau pelukan itu bisa merangsang tubuh untuk meningkatkan hormon oksitosin. Hormon tersebut bisa memberikan efek bahagia.

Gak cuma itu aja, Oksitosin bisa membantu kamu dalam melawan kecemasan sosial. Jadi, jika seseorang sedang merasa cemas atau tidak nyaman. Coba deh kamu berikan pelukan dengan begitu mereka akan lebih percaya diri dan mudah bergaul.

5. Membuat Anak Tumbuh dengan Sehat

Manfaat dari Berpelukan Menurut Medis

Membuat Anak Tumbuh dengan Sehat

Manfaat dari berpelukan menurut medis yang terakhir adalah membuat anak tumbuh dengan sehat. Siapa sih orang tua yang gak kepengen anaknya tubuh dengan sehat dan juga pintar? Pasti hampir semuanya ingin anaknya seperti itu.

Nah, menurut jurnal PNAS kehangatan orangtua yang memberikan sentuhan kepada si anak berupa pelukan akan memberikan efek seperti merasa dilindungi. Dengan begitu, anak akan tidak mudah terkena resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit yang mengerikan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih manfaat dari berpelukan menurut medis. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai manfaat dari berpelukan menurut medis ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih manfaat dari berpelukan menurut medis. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai manfaat dari berpelukan menurut medis ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top