Tips

10 Tanda Smartphone Kamu Terinfeksi Virus atau Malware

10 Tanda Smartphone Kamu Terinfeksi Virus atau Malware 7

Virus merupakan suatu penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan. Terlebih lagi jika virus yang terdapat pada barang elektronik seperti laptop maupun smartphone.

Biasanya terdapat tanda-tanda atau gelaja smartphone yang ada virus-nya. Nah, TipsPintar.com akan memberikan tanda-tanda apa saja yang ada di smartphone terkena virus.

BACA
10 Tips Penting Agar Smartphone Tidak Terinfeksi Virus

Ini Dia, Tanda Smartphone yang Terinfeksi Virus

Sebelum terkena alias menyebar pasti ada tanda-tandanya loh. Apa saja tanda-tandanya? Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Smartphone Menjadi Lambat atau Lemot

Smartphone Lemot

Smartphone Lemot

Tanda yang pertama adalah smartphone kamu menjadi lambat atau lemot. Jika smartphone kamu mengalami gejala seperti ini, dipastikan smartphone kamu terinfeksi virus.

Virus biasanya akan menyerang sistem smartphone kamu sehingga performa dari smartphone kamu menjadi lambat ketika digunakan seperti membuka aplikasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

2. Smartphone Suka Mati Sendiri

Smartphone Mati

Smartphone Mati

Tanda yang selanjutnya adalah smartphone suka mati sendiri. Jika smartphone kamu mati tiba-tiba, coba lihat dari persentase baterai smartphone kamu

Masih banyak tapi mati? Itu bisa menjadi tanda bahwa virus ada di dalam smartphone kamu. Virus bisa juga mematikan smartphone dengan tiba-tiba loh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Bootloop (100% Berhasil)

3. Baterai Cepat Habis

Baterai Cepat Habis

Baterai Cepat Habis

Tanda yang selanjutnya adalah baterai kamu cepat habis. Smartphone kini memiliki baterai removable yang dimana tidak bisa kamu copot alias ditanam dalam smartphone.

Ketika baterai penuh, namun tiba-tiba habis? Wah itu pertanda bahwa virus sudah merasuki dalam smartphone kamu loh.

Baca Juga: 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis, No. 7 Paling Sering Dilakukan

4. Kuota Internet Cepat Habis

Kuota Cepat Habis

Kuota Cepat Habis

Tanda yang selanjutnya adalah kuota internet kamu cepat habis. Walau kamu jarang menggunakan paket data internet, tapi tiba-tiba habis? Itu bisa menjadi pertanda loh.

Virus malware memang diciptakan untuk melakukan pencurian baik itu data maupun paket internet kamu loh. Wah parah sekali ya virus ini.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

5. Sering Menelpon atau SMS Sendiri

Menelpon Sendiri

Menelpon Sendiri

Tanda yang selanjutnya adalah sering atau terkadang suka menelpon maupun sms sendiri tanpa kamu gunakan. Ini bisa saja mungkin terlihat keren.

Namun, itu pertanda bahwa ada virus malware yang ada di dalam smartphone kamu. Jangan sampai terlena ya, walau terlihat keren bisa menelpon sendiri. Tapi itu pertanda loh.

Baca Juga: Cara Menghemat Paket Data dan Baterai Sekaligus (100% Ampuh)

6. Panggilan Telepon Terputus Sendiri

Panggilan Telepon Terputus

Panggilan Telepon Terputus

Tanda yang selanjutnya adalah panggilan telepon terkadang terputus sendiri. Ketika kamu sedang menelpon, lalu tiba-tiba terputus sendiri, itu bisa menjadi pertanda.

Pertanda bahwa smartphone kamu terkena virus. Wah ga enak kan, ketika kamu sedang menelpon tapi tiba-tiba terputus sendiri. Gawat banget ya, apalagi sedang menelpon gebetan.

Baca Juga: Cara Nelpon Gratis ke Semua Operator Menggunakan LINE Out

7. Sering Muncul Pop-Up

Muncul Pop-Up

Muncul Pop-Up

Tanda yang selanjutnya adalah sering muncul iklan maupun pop-up yang mencurigakan. Ketika kamu sedang melakukan browsing internet maupun bermain game.

Terkadang suka muncul iklah atau pop-up. Itu menjadi pertanda bahwa smartphone kamu sudah terinfeksi virus berbahaya loh.

Baca Juga: Cara Perbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware/Adware

8. Menyambung ke Situs Aneh

Situs Aneh

Situs Aneh

Tanda yang selanjtunya adalah suka menyambung ke situs aneh. Sedang melakukan browsing internet, tetapi suka menyambung ke situs aneh, padahal kamu tidak melakukan apa-apa.

Wah, itu gawat loh. Virus memang lebih rentang masuk melalui internet. Dengan internet, virus bisa masuk dengan mudah dan cepat. Kamu harus lebih berhati-hati.

Baca Juga: 10 Browser Android Paling Ringan dan Cepat

9. Waktu Booting Menjadi Lebih Lama

Booting Smartphone

Booting Smartphone

Tanda yang selanjutnya adalah ketika kamu me-restart smartphone, lalu ketika waktu booting sangat lama sekali. Itu menjadi pertanda adanya virus di smartphone kamu.

Biasanya ketika me-restart smartphone kamu cepat, tapi kini menjadi lama sekali. Itu bisa saja virus sudah mengambil alih dari sistem smartphone kamu.

Baca Juga: 6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

10. Banyak File Aneh di Penyimpanan Memori

File Aneh Tidak Bisa Dihapus

File Aneh Tidak Bisa Dihapus

Tanda yang terakhir adalah terdapat banyak file-file aneh yang ada di dalam memori smartphone kamu. Padahal kamu tidak men-transfer atau men-download apapun.

Walau kamu sudah menghapus, tapi suka muncul lagi. Itu pertanda jelas bahwa smartphone kamu sudah terinfeksi virus di dalamnya. Bahaya ya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kartu Memori yang Tidak Terbaca di Android

Solusi Menghilangkan Virus Malware di Smartphone

Walau sudah terinfeksi virus. Kamu jangan panik. Itu bisa kamu hilangkan dengan banyak berbagai cara. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Gunakan Antivirus Terbaik

Scan Virus

Scan Virus

Solusi yang pertama adalah gunakan antivirus yang terbaik. Dengan menggunakan antivirus, smartphone kamu aman dari serangan virus berbahaya.

Banyak antivirus yang dapat mengusir virus jahat ini. Namun kamu harus perhatikan, bahwa ada yang berbayar maupun tidak berbayar atau gratis dan semua itu ada di Playstore loh.

Berikut Daftar Antivirus Terbaik:

AntivirusGratis atau BerbayarUkuran FileLink
AMC SecurityGratis11MBDownload
AVGGratis18MBDownload
AvastGratis17MBDownload
BitdefenderGratis5,5MBDownload
MalwarebytesGratis30MBDownload

Baca Juga: 10 Antivirus Terbaik untuk Windows Tahun 2017

2. Facory Reset Smartphone

Factory Reset

Factory Reset

Solusi yang terakhir adalah melakukan factory reset smartphone kamu. Cara ini terbilang ekstrim, yang dimana seluruh data yang ada di smartphone kamu hilang semua.

Untuk itu, back-up terlebih dahulu seluruh data kamu agar tidak hilang begitu saja. Ga mau kan foto kenangan kamu sama mantan hilang begitu saja.

Baca Juga: Cara Hard Reset Semua Tipe Smartphone

Nah, itu dia 10 Tanda Smartphone Kamu Terinfeksi Virus atau Malware. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top